11/24/2018

7 Ide Olahan Singkong Untuk Bisnis Paling Menguntungkan

7 Ide Olahan Singkong Untuk Bisnis Paling Menguntungkan

Tags


 Singkong merupakan Ubi Kayu atau Ketela Pohon yang mudah tumbuh dimana saja dan cara menanamnya mudah karena hanya memanfaatkan batangnya saja.Selain singkong banyak sekali manfaatnya ternyata daun singkong juga banyak khasiatnya salah satunya sebagai penambah darah.Selain memiliki banyak manfaat singkong beserta daunnya dijadikan berbagai olahan yang lezat.Selain menjadi bahan konsumsi ternyata dengan olahan kreatif singkong bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

 Pak Hardadi adalah salah satu tokoh yang berhasil menginspirasi banyak orang karena berhasil menjadi pengusaha singkong keju yang sukses.Pada tahun lalu dia diundang oleh salah satu stasiun TV ternama di Indonesia Trans 7.Dia merupakan seorang mantan tahanan yang berhasil membuka usaha singkong keju berkat dukungan dari istri dan keluarganya.Dia menceritakan bahwa manusia itu bisa berubah asalkan ada kemauan dan pada akhinya dia bisa membuat usaha singkong keju hingga maju sampai saat ini.

Baca Juga : Peluang Usaha Daun Singkong

 Masyarakat Indonesia khususnya di perkampungan biasanya membuat olahan singkong dengan cara direbus atau digoreng sampai matang.Sederhana namun nikmat itulah kenapa olahan singkong banyak digemari oleh masyarakat.

 Artikel "Ide olahan Singkong untuk bisnis paling menguntungkan" yang ditulis oleh admin duniaawam.com bisa menjadi reverensi untuk melihat seberapa besar peluang usaha dari olahan ini.Jika kalian perhatikan di kantin sekolah banyak sekali makanan dengan bahan singkong yang banyak diminati oleh para siswanya seperti keripik singkong,singkong goreng,gorengan daun singkong,dan tentunya masih banyak lagi.

 Keripik singkong merupakan makan yang paling banyak di olah oleh para pengusaha tengok saja perusahan-perusahaan besar seperti Indofood yang memiliki produk keripik Qtela mereka menggunakan singkong sebagai bahan pokok pembuatan makanannya.Untuk membuatnya sangat mudah tapi kenapa masih diperjual belikan?

 Hal ini karena peluang usaha makanan dari bahan dasar singkong sangat menguntungkan sekali.Bagi kamu yang inging memulai bisnis seperti mereka duniaawam.com telah mengumpulkan berbagai jenis olahan simgkong yang bisa menjadi inspirasi bisnis yang akan kamu jalani.

 Sebelum menentukan olahan singkong ada baiknya juga kalian harus memperhatikan bagaimana cara membedakan singkong yang baik dan bagus untuk bahan pengolahan makanan.Untuk membedakannya dapat dilihat dari terkstur singkong jika terlihat putih bening dan empuk maka dapat dipastikan singkong tersebut masih segar dan sebaliknya jika singkong tersebut keras dan terdapat lingkaran hitam atau ada bolong-bolong dibagian singkongnya maka singkong tersebut sudah tua dan tidak akan enak saat dimakan.

 Untuk mendapatkan keuntungan tentunya harus diiringi dengan kualitas dari makanan yang dijual karena hal tersebut akan berdampak besar terhadap pelanggan yang membeli dan mereka akan menilai makanan yang kalian jual.

1.Singkong goreng atau Singkong Rebus


  Singkong goreng atau singkong rebus merupakan olahan singkong yang paling sederhana dari pada berbagai jenis olahan singkong lainnya.Kalau di daerah saya tinggal menggorengnya sampai matang dan agak renyah maka kanan ini sudah terasa istimewa karena gurih dan renyah.

 Pemilihan singkong yang tepat untuk dijadikan makanan singkong goreng atau rebus akan terlihat merekah dan empuk saat singkong yang dimasak sudah matang.Pada umumnya olahan ini biasa dijumpai di warung gorengan yang di capur dengan olahan lainnya seperti tempe goreng,Cireng,Bakwa goreng atau makanan lainnya.

2.Keripik Singkong



 Keripik Singkong merupakan olahan ketela pohon yang sudah lumrah di masyarakat dan memiliki beragam jenis mulai dari keripik singkong biasa,keripik singkong balado,keripik singkong pedas,keripik singkong balado pedas,keripik singkong keju,keripik singkong rasa bawang,keripik singkong manis,keripik singkong asin manis dan berbagai jenis keripik singkong lainnya.

 Beragam jenis olahan keripik singkong bisa dijadikan ladang penghasilan yang menguntungkan karena saat ini banyak sekali konsumen yang memilih jenis keripik singkong untuk mereka konsumsi sendiri atau mereka jual kembali di warung atau di tempat-tempat stategis untuk menjual olahan keripik singkong tersebut.

3.Cenil Singkong


  Cenil singkong merupakan olahan sederhana yang dibungkus dengan daun singkong kemudian ditaburi dengan kelapa parut gurih yang membuat makanan ini nikmat ketika di cicipi.Cendil singkong banyak ditemukan di pasar tradisional atau pasar malam dan ada juga ibu-ibu Pedagang keliling yang membawa dagangan cenil singkong yang di campur dengan makan lainnya seperti kupat tahu atau gorengan.

 Bisnis cendil singkong bisa kalian tekuni karena bisa menjadi peluang bagus untuk mendapatkan keuntungan.Kalian bisa mencoba membuat cendil singkong dan menitipkannya ke warung-warung,berjualan dipasar,mensupplay ke minimarket atau jualan online sambil ditambah dengan ide dan kreasi kalian sendiri.

4.Kolak Singkong


 Kolak singkong adalah makanan rumahan yang sudah tidak asing dan biasa kita jumpai.Proses pembuatan kolak singkong yang mudah dan tidak tahan lama membuat makanan ini jarang kita temui di warung atau pasar.Oleh karena itu kolak simgkong enak bisa menjadi peluang usaha yang bagus asalkan kalian pintar dalam promosi atau menjual olahan ini karena mudah basi.

 Kolak singkong hasil kreasi kalian sendiri dengan ditambah dengan bumbu khusus atau topping bisa menambah daya tarik pembeli sehingga mereka mau membeli jajanan sederhana ini.Misalnya kalian tidak menghilangkan ciri khas kolak singkong dan menambah jenisnya seperti kolak simgkong labu,kolak singkong kacang ijo atau kolak singkong yang di campur dengan pisang.

 5.Getuk Singkong


  Getuk Singkong sebenarnya hampir sama dengan olahan singkong lainnya terutama Cenil Singkong makanan ini memiliki tekstur empuk kenyal kenyal dan gurih.Getuk singkong bisa dijual bersamaan dengan Singkong Goreng,Singkong Rebus atau Cenil Singkong.

  Makanan yang satu ini juga memiliki berbagai macam jenis seperti Getuk Singkong Goreng,Getuk Singkong Gula Putih,Getuk singkong Gula Merah dan masih banyak lagi jenis Getuk Singkong lainnya.Bisnis jualannya saya sarankan sama dengan Cenil Singkong karena olahan ini bisa dijual bersamaan dan akan meningkatkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

6.Comro


 Makanan sederhana lainnya yang dapat diolah dari singkong adalah comro.Bagi kalian orang sunda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan comro karena banyak ditemukan di warung warung dan sangat enak dimakan ketika masih hangat.

 Karena jaman sudah berbeda makanan khas Bandung ini sudah mulai terlupakan dan hal ini harus kalian manfaatkan dan menjual comro dengan di tambah kreasi unik milik kalian bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.

7.Donat Singkong


  Donat merupakan makanan yang sering di konsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan lezat.Donat terbuat dari adonan tepung terigu,telur,gula dan mentega yang bisa juga ditambah dengan berbagai macam isi seperti selai cokelat,stroberi,kacang,bluberry dan masih banyak lagi.

 Jika pada umunya donat menggunakan adonan tepung maka tidaka ada salahnya kalian mencoba untuk menggantinya dengan singkong.Olahan unik ini bisa menjadi usaha yang cukup menguntungkan jika diolah dengan resep dan cara yang benar.

 Ide olahan singkong untuk bisnis paling menguntungkan bukan hanya itu saja karena masih banyak olahan singkong lainnya yang enak dan diminati banyak konsumen.Ide olahan singkong yang sudah saya paparkan hanya sedikit dari sekian banyaknya resep olahan singkong yang bisa kalian buat sendiri.Memperhatikan peluang usaha yang cocok dengan daerah masing-masing juga faktor penting untuk membuat usaha yang maju.

 Jika makanan yang dijual secara langsung masih kurang laku maka bisa memaksimalkan teknologi dan sosial media untuk mempromosikan bisnis jualan online yang banyak diminati orang-orang jaman sekarang karena mudah dan tidak ribet.

 Facebook,Whatsapp,Twitter dan Instagram meeupakan sosial media yang tepat untuk mempromosikan jualan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.Peluang usaha atau bisnis dari bahan dasar singkong merupakan hal yang patut dicoba karena bahannya mudah didapat dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Seorang pemula yang senang menulis dalam dunia Bloging. Mari bangun bangsa ini dengan penuh informasi berkualitas!

3 komentar

Betul sekali, karena sekarang ini kita harus bisa bersaing dan membuat olahan se kreatif mungkin sehingga orang lebih tertarik untuk membeli produk yang kita buat walaupun bahannya singkong.

Donat singkong menurut saya yang paling berpeluang karena orang lebih tertarik dengan cemilan seperti donat dibandingkan dengan olahan singkong lainnya

Saat saya kecil sering bikin olahan yang kayak di foto pertama, yang isinya pisang. Saya yang marutin singkongnya dan juga kelapa yang untuk taburannya