--> Skip to main content

Destinasi Wisata Pulau Biawak Indramayu Yang Keren & Instagramable


Wisata pulau biawak Indramayu adalah sebuah wisata pantai yang menghadirkan keindahan alam sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, banyaknya komodo yang ada disana membuat masyarakat kepincut untuk melihat tingkah mereka.

Pulau biawak Indramayu memang masih terdengar asing di telinga kita, namun siapa sangka objek wisata ini cukup menyita perhatian baru-baru ini.

Mendengar namanya saja sudah penasaran. Emang gimana sih tempat wisata pulau biawak ini? Kita akan bahas bersama.

Objek Wisata Pulau Biawak Indramayu


Pulau biawak Indramayu merupakan sebuah pulau yang memiliki luas kurang lebih 120 hektar dimana 80 hektarnya adalah hutan mangrove dan sisanya merupakan pantai indah. Bagi yang hobi kepantai, ini bisa jadi rekomendasi wisata yang bagus loh.

Pulau Biawak atau Pulau Rakit adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pulau Biawak terletak di sebelah utara semenanjung Inrdamayu sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu, dan secara administratif termasuk ke dalam wilayah kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu.

Sejarah Singkat

Pulau biawak memiliki beberapa kisah mistis yang menarik untuk dibahas.

Objek wisata pulau biawak ini sering disebut juga dengan pulau Rakit, Pulau Bompyis atau Pulau Menyawak. Disana banyak sekali biawak yang hidup, layaknya pulau komodo.

Disana diceritakan ada sebuah biawak yang dulunya asuhan nyona belanda yang menghubi pulau biawak tersebut. Meski berbagai kalangan menyebut cerita tersebut nyata tetapi ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa biawak tersebut mistis.

Selain itu, disana juga dinyatakan terdapat makam Ulama Syeh Syarif Hasan yang merupakan penyebar agama Islam asal Cirebon.

Ada mitos lain tentang hewan lautnya. Disana diceritakan ada sebuah kepiting yang berukurang sekitar 30 cm yang jarang muncul.

Konon katanya ketika kita bertemu dengan kepiting tersebut rejeki akan mengalir. Tetapi, kepiting tersebut dilarang untuk ditangkap karena bisa mendatangkan malapetaka.

Masih banyak sejarah dan mitos tentang pulau ini. Namun, untuk lebih jelasnya silahkan cari berbagai referensi seperti Wikipedia atau Youtube.

Beberapa yang bisa kita nikmati dari Pulau Biawak Indramayu

1. Backpaker

Bagi kalian yang tidak ingin ribet dengan membawa barang-barang ke tempat wisata, jangan khawatir karena tempat ini sangat cocok sekali.

Tetapi ini tidak gratis tentunya, ada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan biasanya antara 5-6 jt untuk 13-15 orang.

2. Snorkeling


Hamparan laut yang indah dan pasir yang masih bersih membuat kamu bakal ketagihan untuk berlama-lama disana.

Tidak lupa juga dibawah lautnya ada terumbu karang indah, ikan hias lucu serta biota laut lainnya yang akan menyegarkan mata. Untuk kamu yang suka snorkeling tempat ini benar-benar cocok dan sangat direkomendasikan.

3. Ketenangan


Karena pantai ini cukup jauh dari perkotaan dan pemukiman kalian bisa menikmati ketenangan. udara sejuk dan hamparan pasir putih sangat cocok sekali untuk bersantai dan ngobrol bareng keluarga.

Selain itu, kamu bisa menenangkan diri di terumbu karang sambil melihat ikan serta beberapa hewan laut unik yang ada disana.

4. Hutan Mangrove


Selain mempunyai keindahan dibagian pantai, disana kalian juga sekaligus bisa menikmati hutang mangrove yang indah. Bukan hanya mangrove, tetapi disana ada juga beberapa pohon pinus yang siap menyejukan mata.

Sambil menyusuri taman mangrove, disana juga ada biawak yang berjalan dan mencari makanan. Tapi tenang saja, karena tempatnya aman dan sudah didesain seunik mungkin oleh pengelola sehingga para pengungjung tidak usah khawatir.

5. Mercusuar


Selain dikenal karena banyaknya populasi biawak yang hidup disana, ternyata ada ikon menarik dan sudah menjadi sejarah yakni terdapat mercusuar yang dibangun oleh pihak belanda pada tahun 1872 dan memiliki ketinggian kurang lebih 65 meter yang terdiri dari 16 tingkat anak tangga.

Sampai saat ini mercusuar ini masih aktif dan menjadi petunjuk arah bagi para perahu-perahu yang datang ke pulau ini.Hebatnya,pengunjung juga diperbolehkan untuk naik keatas mercusuar untuk menikmati sensasi keindahan alam sekitar pulau biawak ini.

6. Diving


Yang namanya menyelam tentu menjadi sasaran utama para wisatawan laut. Kamu bisa berenang sesuka hati diperairan dangkal sambil menikmati pasir putih yang bersih dan indah.

7. Memancing


Nah, buat yang suka mancing tempat ini cocok banget. Selain berenang, ternyata kamu bisa berburu ikan seperti tempat wisata lainnya. Keren bukan?

8. Sunrise


Saat bangun bagi tentu melihat pemandangan luas menjadi hal yang dinantikan oleh setiap orang. Alam asri dan segar membuat kamu pasti semakin bersemangat ketika ingin melakukan aktivitas. Ya, disana kamu akan dimanjakan dengan sunrise dipagi hari yang siap menyambutmu.

9. Sunset


Berwisata ke laut tanpa sebuah sunset tentunya tidak menyenangkan. Disana kamu bisa melihat sunset dengan warna orange ke emasan yang cerah.

10. Biawak


Namanya juga pulau biawak tentu dong kalian akan menikmati serunya melihat para biawak yang sedang bersantai atau mencari makan disekitar pantai.

Keunikan ini menjadi daya tarik tersendri loh, apalagi buat kamu yang belum pernah melihat biawak secara langsung. Komplit banget kan?

Lokasi

Sebagai negara kepualauan Indonesia memang banyak menyimpan ribuan keindahan alam. Berdasarkan data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 disebutkan bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau yang tersebar dari sabang sampai marauke.



Dengan Inspratuktur dan tempatnya yang indah membuat para wisatawan kepincut untuk datang kesana. Lokasi pulau biawak berada di laut utara pulau jawa tepatnya di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Pulau rakit merupakan nama asli dari pulau biawak ini, disebut begitu karena banyaknya biawak-biawak yang hidup disekitar pantai tersebut.

Cara Menuju Lokasi

Untuk menuju pantai yang eksotis ini kamu bisa menyewa perahu yang tersedia di pelabuhan Karangsong dan untuk sampai ke pulau biawak akan memakan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Rute lain yang bisa digunakan adalah melalui Pantai Tirtamaya dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1-2 jam perjalanan dengna menggunakan Kapal.

Kalian juga bisa menikmati pemangangan laut langsung dengan menaiki perahu motor yang bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Pantai Tirtamaya.

Harga Tiket 

Paket wisata pulau biawak Indramayu cukup terjangkau sob, kalian hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp.400.000 itu pun tergantung dari agen wisatanya. Untuk sewa kapal beda lagi, kalian harus merogoh kocek hingga 1.000.000 - 3.000.000 untuk 12 orang atau menyewa perahu motor dengan tarif 2.000.000/10 orang.

Jika sudah sampai dilokasi, maka kamu akan disambut oleh gerbang yang bertuliskan KKLD (Kawasan Konservasi Laut Daerah) Pulau biawak.

Agen Wisata

Nah, bagi kamu yang memang tidak mau pusing dengan urusan transfortasi, akomodasi hingga penginapan bisa menggunakan jasa agen wisata disana.

Jika di lihat di Google, banyak sekali beragam paket wisata pulau biawak indramayu yang menyediakan open trip dengan fasilitas yang sesuai budget tentunya ya.

Saya review salah satunya menyediakan paket :
  • Snorkeling dengan tarif Rp.600.000, minimal 10 orang.
  • Diving dive licence dengan tarif Rp.600.000, minimal 8 orang.
  • Diving try dive dengan tarif Rp1.800.000, per orang.
  • Paket reguler Rp480.000, per orang.
Dengan semua paket tersebut kamu akan mendapatkan acara BBQ 1 kali, Coffe Break, Transfortasi selama 3-4 Jam perjalanan hingga penginapan sedehana tanpa AC. Untuk paket yang dipilih nantinya akan disediakan snorkeling, diving atau berfoto di underwater.

Baca juga :


Kesimpulan

Dengan fasilitas yang disediakan tentu kita bisa menikmati keindahan dan keasrian dari pulau biawak ini.

Dengan rute yang tidak terlalu sulit, kamu tentu bisa kesana tanpa hambatan. Jika ingin berekreasi kesana usahakan untuk membawa beberapa perbekalan seperti makanan dan minuman.

Jika tidak, kalian bisa menyewa agen wisata untuk mengurusi segala keperluanmu.

Karena menurut informasi yang didapatkan pulau ini masih dalam tahap pembenahan Pemkab Indramayu. Sehingga kamu patut berjaga-jaga apabila ada barang atau sejenisnya tidak ada disana.

Jangan lupa untuk mencari infomasi selengkap-lengkapnya terlebih dahulu, kemudian estimasikan berapa budget yang diperlukan serta perbekalan apa saja yang dibutuhkan.