--> Skip to main content

Cara Merawat Velg Motor Agar Tetap Hitam dan Tidak Usang

Cara Merawat Velg Motor Agar Tetap Hitam dan Tidak Usang

Cara Merawat Velg Motor Tetap Hitam dan tidak usang banyak dilakukan orang untuk menjaga kendaraan mereka tetap bagus dan tidak berkarat. Namun, banyak orang yang  tidak mengerti bagaimana cara merawat velg agar tetap kinclong.

Memiliki kendaraan bersih dan indah memang menjadi salah satu mimpi para pengendara bermotor. Salah satu komponen yang paling mencolok dibandingkan dengan yang lain adalah Velg motor.

Velg motor yang terlihat bersih akan meningkatkan mood saat berkendara. Terlebih rasa percaya diri akan meningkat apabila velg motor kinclong dan tidak terlihat usang atau sudah tua.

Para pecinta motor tentu sering memperhatikan dan merawat velg agar hitam, bersih dan nampak seperti baru.

Berbanding terbalik dengan mereka yang kurang menyukai dunia otomotif, mereka cenderung malas dan tidak mau membersihkan motor. Padahal jika tidak dijaga dengan baik dapat mengakibatkan komponen seperti velg menjadi usang dan terlihat karatan.

Inilah beberapa akibat jika tidak bisa merawat velg dengan baik dan benar :
  • Velg menjadi karatan
  • Velg akan cepat rusak
  • Akan terlihat kusam dan berbekas
Untuk itu merawat velg sangat penting untuk dilakukan. Tidak perlu sering, cukup satu minggu sekali saja atau setelah mendapati air hujan.

Cara Merawat Velg Motor

Penyebab velg motor usang itu beragam, bisa dari musim atau kondisi jalanan di Indonesia yang kurang bagus. Kondisi tersebut memungkinkan para pengendara melewati genangan air hujan sehingga velg akan mudah karatan.

Jika terus-menerus terkena air hujan maka velg hitam akan berubah menjadi usang dan karatan jika di biarkan terlalu lama tanpa melakukan pencegahan.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian harus tahu cara mewarat velg motor agar tetap hitam dan tidak usang supaya motor terlihat baru dan tetap elegan walau sudah berumur.

Untuk menghitamkan kembali velg motor usang tidak terlalu sulit karena kami sudah menyiapkan cara jitu untuk memecahkan masalah velg kusam. Silahkan simak ya.

1. Cuci Velg Motor dengan menggunakan Sabun Motor

Mencuci velg dengan sabun motor hingga bersih merupakan cara mudah merawat velg motor agar tetap hitam dan tidak usang. Jika menggunakan motor dalam keadaan hujan usahakan untuk segera mencuci motor terutama di bagian velg agar tetap hitam dan awet.

Jangan lupa gunakan sabun pembersih motor yang cocok dengan jenis velg motor, karena jika menggunakan sabun sembarangan hanya akan menghilangkan warna asli dari velg tersebut. Misalnya kalian menggunakan sabun deterjen untuk membersihkan velg, hal ini hanya akan membuat warna hitam dari velg menjadi pudar.

2. Gunakan Lap bersih untuk mengeringkan Velg

Cara merawat velg motor agar tetap hitam yang kedua adalah dengan memastikan terlebih dahulu velg motor tercuci dengan bersih lalu setelah itu lap velg yang sudah di cuci menggunakan kain lembut dan bersih agar cat pada permukaan velg motor tidak pudar.

Jangan biarkan velg terlalu lama basah karena hal ini dapat memicu terjadinya karat pada velg. Jika velg basah karena air hujan atau terkena genangan air alangkah baiknya cepat dibersihkan dan jangan dibiarkan karena dapat menimbulkan karat dan hanya akan membuat warna velg menjadi usang.

3. Lapisi velg dengan menggunakan Poolis Velg

Pastikan velg yang sudah dibersihkan dan di lap menggunakan kain lembut sudah dalam keadaan kering. Kita bisa merawat velg motor dengan menjaga keaslian warnanya gunakan poolis velg yang bisa ditemukan di toko-toko terdekat.

Menyemir velg dengan menggunakan poolis dapat membuat velg terlihat hitam bersinar dan enak untuk dipandang mata. ingat, jangan menggunakan poolis jika keadaan velg motor masih basah karena dapat menyebabkan warna velg hitam menjadi kusam dan jelek.

4. Menggunakan metode Wrapping

Menggunakan metode Wrapping merupakan salah satu langkah mewarat velg motor agar tetap hitam karena metode ini bisa menutupi bagian velg dengan menggunakan stiker khusus berwarna hitam atau bisa juga dengan menggunakan secholite.

Namun metode ini tidak akan bertahan lama karena mudah sobek dan jika terus menerus terkena air hujan akan hilang. Cara merawat velg agar tetap hitam dan awet bisa melakukan cat ulang atau yang biasa dikenal dengan air brush.

5. Melakukan cat ulang atau Air Brush

Langkah terakhir cara merawat velg motor agar tetap hitam adalah dengan melakukan cat ulang atau air brush namun cara ini akan memakan sedikit biaya. Menurut saya melakukan cat ulang pada velg adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan agar velg motor yang kusam tetap hitam bersinar dan tampak baru lagi.

Untuk melakukan pengecatan ulang bisa meminta bantuan jasa pengecatan air brush terdekat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jika budget kurang memadai bisa dilakukan sendiri yaitu dengan membeli beberapa kaleng cat semprot beserta ampelas yang sudah tersedia di toko terdekat.

Jika bahan sudah tersedia silahkan lakukan ampelas pada velg motor hingga lapisan cat pada permukaannya hilang dan bersihkan dengan air. Kemudian lap dengan menggunakan kain lembut, jika sudah kering silahkan cat dengan menggunakan cat semprot yang sudah dibeli.

Baca juga :
Itulah sedikit pembahasan mengenai cara mewarat velg motor agar tetap hitam dan tidak usang yang bisa kalian gunakan jika ingin velg motor seperti baru dan tetap awet. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal harus melakukan perawatan secara rutin dari pengguna kendaraan tersebut agar velg tetap hitam.