√ 7 Tips Merawat Komputer dengan Baik dan Benar 7 Tips Merawat Komputer dengan Baik dan Benar
7 Tips Merawat Komputer dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet

 Tips merawat komputer dengan baik merupakan salah satu langkah untuk menjaga komputer agar tetap awet dan tahan lama.Perawatan dan pemeliharaan komputer dengan baik akan akan meningkatkan ketahanan komputer agar dapat digunakan dengan optimal tanpa ada masalah.


 Bayangkan saja bagaimana jika tubuh tidak dipelihara dengan baik, tentu kita tidak akan sehat dan mudah terserang penyakit.Hal ini juga berlaku untuk komputer dimana ketika kita tidak merawat komputer dengan baik dan benar maka akan mudah terserang masalah seperti terkena serangan malware,infeksi virus dan bahaya lain yang dapat membuat komputer lemot dan tidak akan bekerja dengan optimal.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Kuliatas Audio PC

 Hal umum yang sering menyerang komputer adalah virus,malware dan adware.Dimana mereka akan menyerang komputer disaat lengah dan jangan lupa untuk melakukan perawatan komputer secara hardware untuk menjaga komponen tetap baik agar komputer dapat bekerja dengan optimal.Untuk komputer yang lemot, kamu harus melakukan perawatan komputer secara berkala dan mengetahui cara merawat komputer yang baik dan benar.Bagaimana tips dan trik merawat komputer yang baik? 


 Perawatan dan pemeliharaan komputer harus dilakukan secara berkala dan harus dilakukan dengan baik agar komputer tetap berjalan dengan normal tanpa ada masalah apapun.Pada kesempatan kali ini admin duniaawam.xyz akan memberikan materi perawatan komputer yang bisa digunakan dalam menjaga komputer agar tetap optimal.


 Jika kita melakukan perawatan terhadap hardware dan software serta konsisten merawat komputer agak tidak lemot dapat mencegah komputer mengalami kerusakan.Alat elektronik seperti komputer memang tidak akan bertahan selamanya tapi tidak ada salahnya kita mengetahui penyebab komputer bermasalah dan cara mengatasi komputer yang bermasalah seperti berikut ini.


Cara Merawat Komputer dengan Baik dan Benar

1.Matikan Program yang Tidak Perlu


 Merawat komputer yang baik salah satunya adalah dengan tidak memaksa komputer bekerja terlalu berat karena komputer juga memiliki batasan layaknya manusia.Menggunakan komputer secara efektif seperti menjalankan aplikasi seperlunya merupakan salah satu cara agar komputer tetap bekerja optimal dan awet.


 Cara untuk mematikan program atau aplikasi yang tidak diperlukan adalah dengan menggunakan Task manager.Langkah untuk membuka Task Manager adalah sebagai berikut.



  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan
  • Setelah keluar menu run,silahkan ketikan "Taskmgr"
  • Silahkan matikan aplikasi yang tidak kamu pakai

2.Hapus File yang Tidak Perlu


 Menyimpan file yang tidak dibutuhkan hanya akan membuat komputer lemot yang akhirnya harddisk merasa terbebani dan mudah mati.Jadi usahakan untuk memilih file penting saja dari pada file yang memberatkan dan hanya akan membuat komputer tidak tahan lama.


 Untuk itu,silahkan buka Recycle Bin kemudian klik kanan dan pilih "Empty recycle bin".


3.Bersihkan Hardware


 Perawatan komputer secara hardware akan memberikan dampak baik bagi komputer.Menjaga kebersihan dan rutin membersihkan komponen hardware komputer dari debu secara berkala dapat mengembalikan performa komputer.Bersihkan perangkat 
seperti Power Supply,Heatsink,Cool Pan,RAM dan lain-lain.


4.Defrag Komputer


 Tips dan trik merawat komputer berikutnya adalah dengan melakukan proses defragmen secara berkala.Dengan melakukan defragmen, file di dalam harddisk akan tertata rapih dan tidak menyebabkan sector haddisk bad atau ada error pada harddisk.
Cara untuk melakukan defrag adalah :

  • Buka file explorer dan pilih salah satu harddisk penyimpanan yang akan di defrag.
  • setelah itu,klik kanan dan pilih properties.
7 Tips Merawat Komputer dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet
  • jika sudah,silahkan pergi ke tab tools kemudian pilih opsi optimize pada menu "optimize and defragment dive".
7 Tips Merawat Komputer dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet
  • Setelah itu pilih analyze dan setelah selesai tinggal pilih optimize. 

5.Jangan Memakai Dua Antivirus


 Menggunakan antivirus lebih dari satu hanya akan memberatkan RAM yang menyebabkan komputer lemot dan mudah rusak.Untuk itu memilih satu antivirus yang baik dan tidak terlalu memakan RAM akan membuat komputer lebih ringan dan nyaman saat digunakan.


6.Matikan Komputer Sesuai Aturan


  Mematikan komputer dengan mengikuti aturan yang telah di tetapkan akan memperpanjang usia komputer karena penggunaannya yang teratur.Untuk itu kamu harus membaca buku panduan penggunaan komputer agar komputer tetap aman dan tentunya awet jangka panjang.


7.Gunakan CCleaner


 Tips dan trik merawat komputer yang terakhir adalah dengan menggunakan software pihak ke tiga bernama CCleaner.Dengan menggunakan aplikasi 
CCleaner kalian bisa menghapus cache dan Cookies yang menumpuk di komputer.


Baca Juga : Cara Mengirim File di Messenger Android

 Itulah tips merawat komputer dengan baik dan benar yang bisa digunakan untuk menjaga komputer agar tetap awet dan tahan lama.melakukan perawatan dan pemeliharaan komputer harus dilakukan secara berkala dan jangan biarkan komputer tergeletak dan tidak di urus.


 Jika memang sudah tidak di pakai alangkah baiknya untuk menjual komputer tersebut dari pada harus menumpukannya di gudang, hal tersebut tidak akan merugikan malahan akan membuat uang di dompet kalian bertambah.