--> Skip to main content
Cara Memberi Password Untuk Mengunci Flashdisk di Windows 10

Cara Memberi Password Untuk Mengunci Flashdisk di Windows 10

--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Konten [Tampil]
Cara Memberi Password Untuk Mengunci Flashdisk di Windows 10

Flashdisk merupakan sebuah perangkat komputer yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data bahkan juga bisa digunakan untuk meyimpan data penting.

Flashdisk biasa digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan bos sekalipun sering menggunakannya. Mereka menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang ada.

Misalnya bagi para pelajar flashdisk biasanya digunakan untuk data tugas, file penting, foto, dan dokumen lainnya.

Selain fungsi flashdisk diatas, alat pemindah data ini juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis dan usaha.

Tentu jika dilihat dari segi fungsi flashdisk merupakan salah satu komponen penting untuk melakukan berbagai kegiatan.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, banyak merek flashdisk dengan berbagai kualitas dan kuantitas yang ditawarkan.

Kapasitas menjadi salah satu elemen penting jika ingin membeli flashdisk di pasaran.

Kalian bebas memilih kapasitas dan merek flashdisk yang di inginkan, tentu hal tersebut di sesuaikan dengan budget yang ada.

Jika ingin membeli flashdisk di pasaran usahakan memilih flashdisk yang berkualitas dan asli.

Maksud asli disini kalian bisa membeli flashdisk yang sudah mempunyai merek terkenal seperti Samsung, HP, Kingstone dan masih banyak lagi merek lainnya.

Selain memilih merek, memperhatikan keamanan flashdisk juga sangat penting mengingat di jaman seperti ini sangat rentan kejahatan.

Untuk melindungi flashdisk dari berbagai ancaman, kalian dapat memasang password atau kata sandi pada flashdisk agar orang tidak dapat melihat data yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Dengan demikian data yang terdapat pada flashdisk akan terlindungi dan aman dari gangguan orang jahat yang ingin menghapus atau menyalin file yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Selain dua hal diatas, pemberian password pada flashdisk juga sangat penting untuk melindungi flashdisk dari ancaman virus.

Biasanya flashdisk sangat rentan terserang virus, karena virus bisa merangsek masuk ke dalam flashdisk setelah pengguna melakukan penyalinan file dari komputer yang sudah terserang virus.

Oleh karena itu cara ini dapat memberikan perlindungan dan mengantisipasi flashdisk terjangkit virus. Bagaimana cara memberi password pada flashdisk?

Untuk memberi password pada flashdisk sangat mudah, kita bisa menggunakan Control Panel sebagai media untuk mengunci flashdisk.

Jika kalian sering menggunakan komputer, tentu tidak akan asing dengan istilah Control Panel.

Biasanya media ini akan membantu pengguna dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai setting pada komputer.

Mengunci flashdisk dengan memberi password setidaknya akan memberikan rasa aman, untuk itu saya akan memberikan panduan buat kalian yang masih belum mengerti tentang cara pasang password pada flashdisk agar aman menggunakan Control Panel. Silahkan simak yang berikut ini.

Cara Mengunci Flashdisk Tanpa Software

Memberi kata sandi atau password flashdisk akan membantu menjaga keamanan data dari berbagai ancaman.

Untuk itu memberi password pada flashdisk cukup penting, dan untuk itu saya sudah siapkan dalam panduan berikut ini.

1. Langkah pertama adalah memasukkan flashdisk ke komputer atau laptop.
2. Buka control panel dengan cara Klik start, kemudian cari Control Panel atau Tekan windows + R dan ketikan kata Control.
3. Jika sudah masuk ke dalam menu Control Panel, silahkan pilih "System and Security".


4.Setelah membuka menu tersebut maka kalian akan menemukan menu "Bitlocker Drive Encryption" silahkan buka menu tersebut.



5.Jika sudah silahkan tentukan nama flashdisk yang akan di beri password, dan pilih "Turn on Bitlocker".


6.Maka setelah Bitlocker aktif, silahkan masukan password sesuai keinginan dan jika sudah silahkan kik Next dan akan ada menu perintah selanjutnya.


7.Untuk mengatasi lupa passwod silahkan simpan password dengan memilih "Save the recovery key to a file" dan silahkan klik Next untuk melanjutkan langkah berikutnya.
8.Jika sudah melakukan langkah diatas, selanjutnya silahkan pilih "Encrypt entire drive" kemudian klik Next.
9.Lahkah terakhir silahkan klik "'start encypt" dan tunggu hingga proses selesai.

Demikian artikel kali ini yang membahas cara memberi password pada Flashdisk agar aman yang bisa kalian gunakan untuk melindungi flashdisk dari berbagai ancaman.

Selain kualitas dan merek flashdisk, harga juga menjadi salah satu penentu flashdisk asli atau tidak. Jika ingin membeli flashdisk jangan yang bekas, usahakan memilih yang masih gress atau baru agar aman karena belum terkena infeksi virus.