√ Cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di Komputer Cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di Komputer
Cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di Komputer

 Duniaawam.com - Sedang mengalami masalah Flashdisk tidak terbaca di komputer? saya rasa kalian sangat cocok membaca postingan ini karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai flashdisk tidak terbaca, penyebab flashdisk tidak terbaca, dan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali di komputer. Sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Baca juga : Cara memberi password pada Flashdisk agar aman

 Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan data yang banyak digunakan. Dengan menggunakan media ini kita tidak perlu membawa laptop kemana-mana karena punya bentuk yang simple sehingga mudah dibawa kemana saja. Dengan bentuk yang kecil tidak menghalangi media ini untuk menyimpan file dalam ukuran besar karena kapasitas peyimpanan flashdisk bisa sampai terabyte.

 Flashdisk memiliki fungsi dan kelebihan daripada media peyimpanan lainnya. Mau tau kelebihan flashdisk daripada peyimpanan lainnya? Dengan membaca artikel tersebut kalian tentu sudah tahu bukan? Namun, ada satu masalah yang sering dialami ketika menggunakan media ini yakni kadang-kadang flashdisk tidak terbaca di komputer, mungkin ini yang sedang kalian alami.

 Penyebab flashdisk tidak terbaca tentu sangat beragam, mulai dari error sistem, Port USB flashdisk bermasalah, Masalah driver, flashdisk abal-abal atau memang flashdisk yang kalian gunakan sudah rusak, biasanya masalah seperti ini yang sering menghinggapi para pengguna, kalian tentu tidak perlu panik karena kita masih bisa mengatasi problem tersebut.

Kronologi Flashdisk tidak terbaca


 Saya dulu pernah di beri sebuah flashdisk oleh pihak sekolah, dengan adanya alat tersebut sangat membantu untuk mengerjakan tugas dan tentu menghemat biaya pengeluaran. Untuk mengetahui flashdisk berfungsi atau tidak saya menancapkan alat tersebut ke dalam komputer dan seperti biasa alat ini masih bekerja dengan baik.

  Selang beberapa minggu, ternyata flashdisk tidak terbaca dan beranggapan bahwa alat tersebut sudah rusak. Awalnya memang panik, tapi setelah itu saya mencoba cek apa penyebab alat ini tidak terbaca dan alhamdulillah flashdisk yang digunakan masih bisa terbaca dan hingga saat ini masih saya gunakan.

 Dari kejadian tersebut ternyata penggunaan juga mempengaruhi, pencabutan perangkat yang tidak sesuai prosedur yang ada membuat Flashdisk rusak tidak terbaca yang nantinya sangat berdampak terhadap komponen tertentu. Eject merupakan hal yang harus di perhatikan saat hendak mencabut flashdisk, karena jika tidak dapat merusak chip yang ada di dalamnya, Selain itu juga dapat menyebabkan flashdisk write protected.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected tidak bisa di Format

 Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pergunakan flashdisk dengan baik dan jika sudah terlanjut jangan panik karena masih bisa diatasi. Untuk memulihkan Flashdisk tidak perlu repot, hanya dengan beberapa langkah saja sudah beres,

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Mudah


 Sebelum saya menjelaskan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu cara mudah agar flashdisk terbaca di komputer :

1.Flashdisk sering di cabut tanpa melakukan proses eject terlebih dahulu, hal seperti ini hanya akan menyebabkan flashdisk yang sedang melakukan proses tiba-tiba terhenti sehingga terjadi crash.
2.flashdisk tidak terbaca karena virus sehingga tidak ada notifikasi masuk di komputer/laptop.
3.Flashdisk tidak di simpan dengan baik sehingga bisa saja terkena air yang membuat alat ini tidak terbaca.
4.Pencabutan flashdisk yang terlalu keras juga dapat membuat port USB bermasalah.

 Empat hal tersebut biasanya yang menyebabkan flashdisk error atau flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka. Biasanya yang sering terjadi adalah nomor satu, dan sudah saya buktikan sendiri. Setelah melakukan hal tersebut berulang kali ternyata flashdisk tidak terbaca sama sekali atau mengalami rusak permanen yang biasa di sebut write protected.

Cek Port USB Flashdisk


 Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca adalah dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan untuk memastikan apakah flashdisk rusak atau memang terjadi error sistem pada perangkat kita, untuk itu coba colokan FD pada perangkat lain. jika terdeteksi pada perangkat lain berarti ada yang salah dengan driver komputer kalian.

Periksa Drive yang ada di Komputer 


 Jika memang flashdisk tidak bermasalah, ada kemungkinan komputer tersebut yang bermasalah. Periksa bagian drive pada control panel karena biasanya komputer kadang kala tidak bisa melakukan scan otomatis terhadap perangkat baru yang disambungkan. Untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca silahkan ikuti langkah berikut ini.

1.Pasangkan FD pada perangkat komputer atau laptop
2.Selanjutnya buka menu Start dan ketik Control Panel, setelah terbuka silahkan cari add hardware/add device.


3.Setelah melakukan langkah tersebut, komputer akan menampilkan sebuah kotak dialog dan klik next saja.
4.Jika sudah biasa ada dua pilihan ‘Yes, I have already connected the hardware‘ dan ‘No, I have not added the hardware yet‘. Untuk melanjutkan langkah silahkan pilih ‘Yes, I have already connected the hardware‘.
5.Jika sudah maka secara otomatis komputer akan melakukan scan untuk mengetahui apakah ada perangkat baru atau tidak. Jika ada silahkan klik add saja agar flashdisk terbaca oleh komputer.

Mengatasi Flashdisk tidak terbaca dengan CMD


 Jika flasdisk tidak terbaca dan terdeteksi, kalian bisa menggunakan CMD untuk melakukan format terhadap FD tersebut, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca isinya dan berikut ini langkahnya.

1.Silahkan masukan FD ke dalam computer atau laptop
2.Selanjutnya buka program CMD lewat start windows atau dengan cara tekan tombol windows + R dan ketik cmd.
3.Jika sudah silahkan ketika FORMAT F: /FS:FAT dan kemudian enter, F merupakan lokasi flashdisk dan jangan lupa untuk menyesuaikanya sesuai tempat FD tersebut.
4.Silahkan tunggu proses pemformatan apakah berhasil atau tidak, jika berhasil maka FD akan terbaca.

Lakukan Format Flashdisk


 Jika flashdisk tidak mau terbaca setelah melakukan format dengan CMD, kalian bisa menggunakan windows expoler sebagai media performatan, silahkan simak langkah berikut ini.

1.Buka Windows Explorer
2.Klik kanan pada disk FD dan pilih format, maka akan muncul setting untuk melakukan format
3.Jika sudah maka kik opsi start untuk melanjutkan proses dan akan ada jendela peringatan, silahkan klik OK untuk melanjutkan proses sekaligus memulai proses formating Flashdisk.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Terus Menerus Dengan mudah

 Demikian cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di komputer, sekaligus pengalaman dan cara supaya mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Ternyata untuk mengatasi Flashdisk error dan corrpt sehingga tidak terdeteksi di komputer sangat mudah, namun jika ada hal yang ingin di tanyakan silahkan sertakan pertanyaan tersebut di komentar.