Duniaawam.com - Flashdisk Write Protected menjadi salah satu masalah yang sangat menggangu para pengguna komputer. Kalian tentu sudah tahu bahwa Flashdisk adalah alat penting untuk orang yang bekerja menggunakan komputer. Dengan adanya alat mungil ini kita bisa memindahkan berbagai file dengan mudah dalam berbagai format dan ukuran.

 Selain masalah Write Protected, Flashdisk tidak terbaca juga merupakan masalah umum yang sering menyerang pada pengguna FD, namun masih mudah diatasi dibandingkan dengan Flashdisk terkunci secara total. sudah mengerti apa itu Write Protected?

 Jadi Write Protected adalah suatu keadaan dimana sebuah Flashdisk terkunci, kita tidak bisa melakukan tindakan karena pengguna tidak bisa menambah data, menghapus data bahkan melakukan format sekalipun, dengan begitu pengguna tidak dapat melakukan apapun kecuali mengganti dengan yang baru. Mengapa bisa terjadi write protected pada Flashdisk?

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format terus menerus dengan mudah

 Penyebab Flashdisk Write Protected biasanya terjadi karena kesalahan pengguna yang sering asal mencabut Flashdisk dari komputer tanpa melakukan eject terlebih dahulu, Saat flashdisk sedang melakukan write data maka otomatis dibutuhkan waktu agar proses tersebut selesai, namun pengguna tidak memperhatikan hal tersebut dan malah mencabut flashdisk secara mendadak tanpa melakukan eject terlebih dahulu yang nantinya akan menyebabkan write protected. Apa fungi Eject di Flashdisk?

Baca juga : Perlu Ejectkah Eject saat Mengeluarkan USB dari Komputer?

 Jika sudah terkunci apa yang bisa kita lakukan? Solusi Flashdisk Write Protected akan membantu kita untuk memecahkan masalah ini, para pengguna bisa menggunakan CMD (Command Prompt), Regedit atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Dengan beberapa langkah tersebut biasanya Flashdisk write protected unlock atau terbuka sehingga sudah normal kembali.

Cara mengatasi Flashdisk Write Protected tidak bisa di format


 Metode yang biasa saya gunakan untuk membuka Flashdisk Write Protected adalah dengan menggunakan CMD karena lebih aman dibandingkan dengan melakukan edit registry dan menggunakan software. Caranya juga cukup mudah, simak saja yang berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk tidak terbaca di Komputer

Cara Format Flashdisk Write Protected lewat CMD


1.Silahkan masukan Flashdisk ke dalam komputer.
2.Cari CMD ( Command Prompt) di start windows dan klik kanan lalu pilih administrator.
3.Jika sudah terbuka ketik perintah diskpart, dan enter.
4.Ketikan perintah listdisk untuk menampilkan drive. Perhatikan urutan disk, Jika USB Flashdisk berada dalam urutan disk 1 maka tulis perintah Select disk 1 (jangan lupa sesuaikan)
5.Untuk melanjutkan langkah ini silahkan tulis perintah attributes disk clear readonly dan klik enter, setelah itu masukan perintah clean dan enter.
6.Setelah itu ketik perintah format fs=fat32 atau bisa juga format fs=ntfs (sesuaikan dengan keinginan)
7.Selesai, tinggal exit cmd.

 Cara ini yang paling aman untuk menyelesaikan permasalahan Flashdisk terkunci dan tidak bisa diformat karena Write Protected. Namun, jika kalian gagal bisa mencoba langkah berikutnya.

Cara Format Flashdisk Write Protected lewat Registry Editor


 Jika cara pertama menggunakan Command Prompt tidak berhasil, kalian bisa menggunakan cara kedua untuk mengatasi Flashdisk Write Protected lewat Registry Editor dan format seperti biasa. Untuk lebih jelasnya silahkan simak yang berikut ini.

1.Silahkan buka Regedit lewat Windows + R dan ketikan Regedit dan tekan Enter
2.Jika sudah masuk silahkan buka bagian HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian SYSTEM dan CurrentControlSet silahkan cari Control dan masuk ke StorageDevicePolicies
3.Setelah itu cari opsi WriteProtect, kemudian klik kanan dan pilih Modify
4.Silahkan ubah value data ke angka 0, jika sudah maka klik OK
5.Setelah selesai maka cabut flashdisk, lakukan restart komputer, kemudian masukan kembali flashdisk untuk difomat.

Mengatasi Write Protected lewat Aplikasi Format Flashdisk


 Jika dua cara diatas gagal, kalian masih punya opsi lain untuk menghilangkan Write Protected yakni dengan menggunakan aplikasi format flashdisk. Menggunakan software sebenarnya cukup berbahaya tapi jika ingin mencoba aplikasi format flashdisk write protected untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format menggunakan cara tadi, silahkan simak saja sampai akhir postingan ini.

 Kalian bisa menggunakan beberapa software format flashdisk yang bisa dicoba, semisal Fat32 Format Tool GUI, mUsbFixer, Apacer USB3.0 Repair Tool, USB Flash Driver Format Tool dan Kingston Format Utility untuk melakukan format write protected flashdisk secara total.

 Dulu, saya pernah menggunakan  Fat32 Format Tool GUI untuk melakukan format flashdisk write protected, hasil yang di dapat lumayan bagus dan FD kambali normal saat digunakan untuk memindahkan file. Tapi, jika kalian gagal dan flashdisk masih tidak bisa di format karena write protected maka gunakan saja software lain semoga kalian berhasil.

Baca juga : Cara memberi Password pada Flashdisk agar aman

 Demikian beberapa cara format flashdisk write protected yang bisa kalian gunakan untuk melakukan unclock atau membuka flashdisk yang terkunci dan tidak bisa di format. Jika kalian ada saran atau tips lain, silahkan kontak saya atau bagikan di kolom komentar barang kali berguna untuk orang yang ingin mencari cara memperbaiki flashdisk tidak bisa di format, semoga bermanfaat dan jika kalian masih mencoba cara diatas, semoga flashdisk write protected hilang dan kembali seperti semula.