Tidak bisa masuk Google Play Store menjadi masalah yang sering di alami oleh para pengguna android. Kebanyakan orang bingung dengan hal ini karena pada saat membuka aplikasi malah muncul error seperti Connection Time Out, No Connection, Check Your Connection dan masih banyak lagi masalah lain yang muncul saat ingin membuka Google Play Store.

 Banyak orang yang bertanya kenapa tidak bisa masuk Google Play Store? padahal saat di cek kuota internet banyak dan koneksi internet yang digunakan stabil bahkan saat memakai Youtube, Facebook, Instagram dan aktivitas online lainnya terhubung dengan lancar tanpa ada masalah seperti saat membuka Google Play Store.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Saat Streaming Joox

 Ada beberapa hal penyebab masalah tidak bisa masuk Google Play Store diantaranya adalah Cache yang menumpuk, versi Google Play Store usang atau sudah lama, aplikasi Google Play Store sedang error, tidak ada layanan Google Service, tanggal dan waktu tidak sesuai dan beberapa masalah lain yang menyebabkan Google Play Store tidak dapat di buka.

 Cara mengatasi tidak bisa Masuk Google Play Store yang akan admin duniaawam bagikan tidak harus melakukan proses root atau tidak memerlukan rooting agar bisa masuk Google Play Store. Ada beberapa langkah yang bisa kalian ikuti untuk mengatasi masalah tidak bisa masuk Google Play Store, silahkan simak yang berikut ini.

Bersihkan Cache Google Play Store yang Menumpuk

 Cara memperbaiki Google Play Store yang cukup ampuh agar masalah selesai adalah dengan menghapus cache dan data google play store, pengelola unduhan dan layanan Google Play atau Google Play Service.

Uninstall Update jika Versi Google Play Store tidak Cocok

 Google Play Store adalah aplikasi milik Google yang akan terus update untuk menunjang para pengguna layanan mereka, tetapi dengan melakukan update tidak selamanya bagus karena bisa juga aplikasi Google Play Store yang sudah di update tidak cocok dengan versi android yang digunakan. Untuk itu melakukan uninstall Google Play Store menjadi langkah bagus untuk memperbaiki masalah tersebut.

Google Play Store Mengalami Error

 Kasus yang biasa terjadi adalah Google Play Store sering mengalami error, untuk kalian yang mengalami masalah seperti ini alangkah baiknya muat ulang perangkat dan silahkan buka kembali aplikasi Google Play Store.

Install Layanan Google Play atau Google Services

 Biasanya masalah seperti ini terjadi ketika ruang perangkat penuh dan aplikasi yang di hilangkan adalah Google Play Service karena dianggap memberatkan dan memakan ruang. Namun hal ini justru malah berdampak buruk ketika akan menggunakan Google Play Store, karena untuk menggunakan Play Store harus ada Layanan Google atau Goole Service.

Atur Tanggal Dan Waktu Agar Sesuai

 Cara memperbaiki Google Play Store yang biasa digunakan adalah mengatur tanggal dan waktu agar sesuai dengan zona masing - masing. Lebih baik lagi jika Time Zone atau pengaturan waktu di Android di setting ke otomatis agar sesuai dengan zona dan tidak perlu setting waktu terus menerus jika ada masalah waktu saat membuka Google Play Store.

Hapus dan Tambahkan Kembali Alamat Email

 Menghapus dan menambahkan kembali email ke ponsel android merupakan salah satu cara memperbaiki Google Play Store yang mengalami masalah tidak bisa masuk. Untuk menghapus Gmail kalian bisa masuk ke pengaturan dan cari tab akun dan silahkan edit sesuai dengan akun yang kalian miliki, jika sudah di hapus masukan kembali akun tersebut dan buka kembali Google Play Store.

Baca Juga : Cara Mengatasi Instagram boros Kuota

 Itulah cara mengatasi masalah tidak bisa masuk Google Play Store yang bisa kalian gunakan jika terjadi error saat membuka Google Play Store. Cara memperbaiki Google Play Store cukup udah dan saya yakin kalian semua sudah mengerti tanpa harus di paparkan lebih dalam, kami hanya membantu panduan agar kalian bisa mengatasi masalah Google Play Store.