Cara Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA

 Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA - Jika anak ingin pindah sekolah tentu kalian sebagai orang tua mempertanyakan hal tersebut, benar bukan? Alasan anak untuk pindah sekolah itu beragam mulai dari kurang nyaman, biaya sekolah yang tinggi, anak di domisili dan masih banyak lagi alasan anak untuk pindah sekolah. Masalah bukan hanya datang dari anak saja, namun masalah seperti pekerjaan orang tua, letak sekolah yang terlalu jauh, dan penghasilan orang tua tentu akan mempengaruhi pendidikan anak kalian.
 Karena beberapa alasan tersebut anak harus pindah sekolah ke sekolah lain. Untuk pindah sekolah tentu orang tua harus mengurus surat pindah sekolah, dan hal ini sudah biasa dilakukan jika ada anak yang ingin pindah sekolah ke sekolah baru. Untuk pindah ke sekolah baru ternyata tidak semudah yang dipikirkan, harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi oleh anak dan orang tua agar buah hati dapat pindah sekolah ke sekolah baru.

Tips dan Trik supaya pindah sekolah dengan mudah akan saya berikan kepada kalian yang bingung bagaimana cara pindah sekolah baik itu SD, SMP dan SMA. Nah, Jika kalian penasaran silahkan baca artikel ini sampai selesai dan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

1.Alsan Kuat Kenapa Ingin Pindah Sekolah

 Hal pertama yang akan saya bahas adalah alasan pindah sekolah. Saat kalian ingin memindahkan anak ke sekolah lain tentu harus ada alasan yang kuat, benar bukan? Utarakan alasan pertama kali kepada sekolah awal secara detail dan jika sudah mendapat ijin dari sekolah awal silahkan kalian jelaskan juga alasan kenapa anak kalian ingin pindah ke sekolah baru secara rinci saat mengantarkan surat pindah sekolah.

2.Minta Surat Pengantar Pindah Sekolah

 Agar proses pindah sekolah anak berhasil, kalian harus meminta surat keterangan atau surat pengantar dari sekolah awal. Jika sudah mendapatkan surat pengantar dari sana, silahkan kalian langsung datang ke sekolah yang akan dituju. Jangan lupa untuk membawa raport karena biasanya akan di minta oleh sekolah baru.

3.Surat Penerimaan Dari Sekolah Baru

 Sebenarnya syarat terakhir ini tidak begitu penting aga siswa bisa pindah sekolah, kenapa? karena biasanya ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswa baru mereka memiliki surat penerimaan dan ada juga yang tidak. Alasannya karena yang terpenting sudah tercantum nama sekolah tujuan dari surat pindah yang telah di setujui oleh sekolah awal dan sudah di terima oleh sekolah baru.


 Untuk memasukan anak ke sekolah baru tentu tidak asal-asalan. Kalian juga harus memperhatikan beberapa hal penting agar sekolah baru yang akan di tempati anak kita bagus dan minimal memiliki standar kualitas yang memadai. Untuk itu silahkan simak yang berikut ini.
  • Kalian harus melakukan survey terlebih dahulu agar sekolah yang akan di tempati oleh sang buah hati.
  • Jangan lupa untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memasukan anak ke sekolah tersebut, pikirkan biaya yang akan dikeluarkan, jarak dari rumah ke sekolah, waktu dan prasarana yang ada.
  • Jangan malu bertanya sesat di jalan, kalian harus bertanya kepada guru atau orang tua siswa lainnya tentang sekolah baru yang akan di tempati oleh sang buah hati. 
  • Tanayakan kepada sang buah hati apakah bersedia belajar di sekolah tersebut atau tidak, dan jangan memaksa jika anak kalian tidak ingin disana.


 Cara pindah sekolah sebenarnya tidak jauh berbeda, namun untuk biaya biasanya berbeda tergantung dari sekolah yang akan dituju. Biasanya perbedaan menonjol adalah biaya gedung atau bangunan jika ingin pindah ke sekolah swasta. Namun jika kalian memasukan ke sekolah negri maka jumlah biaya yang dikeluarkan tidak akan jauh berbeda dengan sekolah sebelumnya.

 Selain memperhatikan biaya bangunan, kalian juga harus mengeluarkan biaya untuk membeli buku panduan belajar, pakaian batik, dan pakaian oleh raga karena biasanya setiap sekolah memiliki seragam masing-masing.

Baca juga : Duolingo, Aplikasi Keren Untuk Belajar Berbagai Bahasa Asing

 Demikian artikel tentang cara pindah sekolah SD, SMP dan SMA, semoga bisa membantu kalian untuk memindahkan anak ke sekolah baru. Jika ada tutur kata yang kurang enak di baca silahkan kalian tambahkan kritik dan saran di kolom komentar, sekian dan terimakasih.