Aplikasi edit video banyak digunakan oleh orang untuk berbagai macam keperluan editing video seperti membuat dan mengedit video agar lebih keren, memotong video, menambah efek atau animasi pada video, menambahkan audio dan mengganti fomat video sesuai keinginan dan tentu masih banyak lagi keunggulan lainnya. Pada umumnya video dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengabadikan momen baik bersama keluarga, teman atau kekasih agar dapat kita simpan sebagai sebuah kenangan.

Baca juga : Cara download video Youtube tanpa software

 Dengan menggunakan aplikasi edit video, momen yang ada akan terlihat semakin keren dan terkesan luar biasa bagi orang yang menonton video tersebut. Untuk mewujudkan hal itu tentu tidak mudah karena harus melalui berbagai proses editing video terlebih dahulu. Melakukan edit video tentu bisa dilakukan oleh siapa saja dengan hasil memuaskan asal ada aplikasi tepat untuk melakukan proses editing video, namun semua itu tergantung dari skill atau kemampuan editor dalam mengembangkan sebuah video menjadi lebih menarik dan enak untuk ditonton.

 Perkembangan teknologi semakin pesat juga mempengaruhi saat melakukan editing video, bukan dari teknik namun dari versi aplikasi tentu akan sangat berbeda. Saat membuka aplikasi edit video terbaru mungkin kalian akan kebingungan karena berbeda versi dengan aplikasi yang lama, namun biasanya menu yang ada tidak akan jauh berbeda dengan aplikasi lama yang sudah biasa digunakan.

 Saat membuka aplikasi edit video terbaru, kalian akan menemukan menu-menu dan tools dengan berbagai fungi seperti timeline, framerate, Audio Effect, transition, spliting, timing dan masih banyak lagi. Agar tidak bingung saat menggunakan aplikasi terbaru, kalian bisa belajar terlebih dahulu agar tidak kaku dan biasanya banyak disediakan panduan bagi pemula yang baru belajar video editing.

 Untuk mendapatkan aplikasi edit video terbaik kalian hanya perlu mencari di internet, disana banyak sekali website yang menyediakan beragam aplikasi edit video gratis yang bisa kalian install dengan mudah di komputer. Saya sarankan untuk mendownload aplikasi langsung dari website resmi mereka karena selain gratis kalian tidak perlu khawatir aplikasi tersebut mengandung virus karena sudah terjamin aman dan terpercaya.

 Selain menggunakan aplikasi edit video gratis, kalian juga bisa melakukan upgrade ke versi premium. Keunggulan yang kalian dapat jika menggunakan aplikasi gratis dan premium tentu berbeda terutama dari segi fitur yang ditawarkan. Biasanya para developer aplikasi sengaja membuat aplikasi gratis untuk DEMO dari produk yang mereka buat agar orang tertarik upgrade ke versi premium.

 Tapi sebenarnya versi gratis juga sudah cukup bagi kalian yang masih pemula, kalian bisa belajar menggunakan aplikasi edit video ringan terlebih dahulu agar paham fitur apa saja yang ada dan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut agar mendapatkan hasil yang bagus.

 Aplikasi edit video terbaik saat ini menurut saya adalah Sony Vegas Pro, Aplikasi ini mudah digunakan serta terdapat banyak sekali fitur keren di dalamnya yang bisa kalian pakai untuk kegiatan editing video. Selain mengunakan aplikasi tersebut saya biasanya menggunakan aplikasi ringan seperti Camtasia, Adobe Premiere Pro dan Corel Studio.

 Masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa di coba, dan untuk membantu kalian saya akan memberikan rekomendasi atau daftar aplikasi edit video untuk membuat video berkualitas dan lebih keren, silahkan simak yang berikut ini.

1.Sony Vegas Pro


 Sony vegas Pro merupakan aplikasi editing video yang banyak digunakan oleh para editor. Seperti namanya aplikasi ini buatan perusahaan terkenal ''Sony'' tentu kalian yang mengerti sudah tidak asing dengan perusahaan tersebut.

 Bergerak di bidang teknologi, perusahaan tersebut mampu membantu mengembangkan jaman dengan produk berkualitas. Sony sudah terpercaya sejak dulu dan kini mereka merambat ke dunia hiburan teknologi khususnya aplikasi edit video. Di dalam aplikasi Sony Vegas, kalian bisa menemukan berbagai fitur menarik yang siap digunakan untuk kegiatan edit video.

2.AVS Video Editor


 Salah satu aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu coba adalah AVS Video Edior, aplikasi ini memiliki tampilan simple dan mudah saat digunakan.  Aplikasi ini layak masuk kedalam daftar karena tidak memiliki ukuran terlalu besar sehingga tidak akan memakan RAM terlalu banyak.

 Meski ukuran aplikasi ini terbilang kecil, namun fitur yang dihadirkan aplikasi ini cukup lengkap. Jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin fokus dalam proses edit video. Selain itu aplikasi ini tidak mudah lag jadi aman bagi komputer dengan RAM minimum.

3.Corel Video Studio


 Corel Video Studio merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Corel. Nama tersebut tentu sudah tidak asing di telinga kita, benar bukan? Aplikasi paling terkenal tentu adalah Corel Draw, sebuah aplikasi berbasis gambar.

 Selain Corel Draw perusahaan mereka juga membuat aplikasi Corel Video Studio, jika kalian lihat tampilan aplikasi ini sangat elegan, memiliki fitur lengkap serta mudah digunakan dan sangat direkomendasikan untuk pemula.

4.Adobe Premiere Pro


 Adobe Premiere Pro adalah software yang sudah terkenal dikalangan para editing video. Sama halnya dengan Corel, aplikasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan terkenal namun beda nama yakni '''Adobe''. Aplikasi edit video ini sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin membuat film, lihat saja fitur yang ada di dalam aplikasi ini ternyata sangat lengkap sehingga memudahkan para pengguna saat melakukan proses editing video.

 Aplikasi ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena banyak fitur dan alat yang pasti tidak akan kalian mengerti dengan mudah, tapi kalian bisa belajar lewat Youtube atau cari panduan menggunakan aplikasi Adobe Premiere. Namun bagi yang sudah biasa edit video, lebih baik menggunakan aplikasi ini karena lebih lengkap dan hasil lebih memuaskan dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

5.Camtasia


 Bagi kalian para pemula lebih baik menggunakan aplikasi Camtasia, menu dan navigasi yang mudah tentu sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar video editing. Salah satu keunggulan aplikasi ini daripada aplikasi edit video lain adalah adanya fitur rekam layar komputer (seperti Bandicam) namun sedikit berbeda karena setelah merekam layar kita bisa langsung edit video tersebut di Camtasia.

 Berbeda jauh dengan Adobe Premiere, Camtasia lebih di rekomendasikan karena selain mudah aplikasi ini sangat ringan dan bisa digunakan di komputer dengan spesifikasi minimum. Camtasia memang tidak terlalu lengkap namun saya rasa aplikasi ini cocok untuk kegiatan editing video sederhana.

Baca juga : Cara meningkatkan kualitas audio pc dengan mudah 

 Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai daftar aplikasi edit video yang bisa menjadi reverensi untuk mendapatkan aplikasi terbaik. Namun semua itu tergantung dari penilian kalian karena tidak semua berpendapat demikian, ada yang setuju dan ada yang tidak. Jika ada aplikasi lain silahkan sertakan di kolom komentar atau hubungi saya agar langsung di update, selamat berkatifitas kembali dan semoga berhasil mengedit video menjadi lebih keren.