12/24/2018

Jadwal Menulis di Blog bagi Pelajar Agar Tetap Konsisten

Tags

Jadwal Menulis di Blog bagi Pelajar Agar Tetap Konsisten

 Bagaimana keadaan kalian para Blooger di seluruh Indonesia? Tentu saya berharap kalian sehat selalu karena kesehatan itu merupakan dasar penting untuk melakukan segala aktvitas di setiap hari yang kita jalani. Selain sehat, pikiran juga harus jernih dan tenang serta tetap konsisten terutama kita sebagai seorang blogger yang dituntut untuk membuat ide baru dalam membuah sebuah tulisan.

 Biasanya, para Blogger lebih identik dengan aktifitas malam agar lebih tenang untuk mendapatkan IDE, namun apakah hal tersebut sangat baik untuk kesehatan? Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat malam hari kita mendapatkan ketenangan untuk menulis artikel namun rutinitas seperti ini sangat mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh. Mungkin tidak kalian sadari bahwa rutinitas tersebut sangat berpengaruh terhadap konsistensi kita dalam menulis serta berkativitas di dunia nyata.

 Hal tersebut sudah saya rasakan sendiri bagaimana dampak menulis pada malam hari. Pada saat itu saya masih mengelola sebuah blog tutorialku10.blogspot.com karena masih semangat ngeblog bahkan saya menulis artikel dari malam hari hingga larut tengah malam. Apa dampak yang saya rasakan?

 Karena tidur malam, saya jadi bangun siang biasanya pada pukul 06.30 WIB atau Pukul 07.00 WIB, alhasil karena saya masih pelajar jadi telat ke sekolah, dimarahi ibu dan badan saya terasa pegal-pegal dan timbul rasa malas untuk sekolah dan jika ke sekolah saya gunakan untuk tidur siang. Tentu jika diperhatikan aktivitas ini cukup mempengaruhi aktivitas dan kesehatan jika terus seperti itu dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Baca juga : 7 Cara agar hari Senin terasa lebih menyenangkan

 Semakin kesini, Saya mulai berpikir dan memperdulikan kesehatan saya karena mengatur waktu sangat penting bagi seorang Blogger karena aktivitas itu bukan hanya untuk Blog saja. Untuk itu saya mencoba untuk mengubah aktivitas tersebut agar bisa tetap konsisten dalam membuat Tulisan Blog dengan mengatur waktu menulisnya. Dengan kinerja manusia yang terbatas, saya rasa kalian tidak usah memaksakan menulis berlebihan karena memiliki dampak yang buruk bagi aktivitas dan kesehatan kalian.

 Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa membuat jadwal menulis agar lebih nyaman dan mudah dalam mendapatkan ide menulis di Blog, selain itu manfaat lainnya adalah kalian bisa tetap konsisten karena kegiatan Bloging sudah terjadwal dengan baik. Setelah berpikiran seperti itu, saya mencoba untuk membuat jadwal dengan bantuan beberapa teman dan saran dari keluarga.

 Untuk menambah semangat, saya mencoba untuk searhing dengan kata kunci ''Jadwal menulis di Blog Agar tetap konsisten", dan saya menemukan beberapa artikel yang membuat saya berpikir untuk membuat konten yang terjdwal dengan baik. Dari sana saya mulai nyaman dalam membuat karya tulis dan kelebihan yang saya dapatkan adalah kesehatan tetap terjaga karena tidak lagi gadang dalam menulis artikel Blog.

 Selain manfaat diatas, saya mendapatkan manfaat lain seperti keteraturan Postingan Blog tetap terjaga. Kini, saya punya jadwal sendiri dan tidak menulis asal-asalan, jika biasanya saya menulis hingga 4-6 artikel sehari dengan rentan waktu dari menjelang malam sampai dengan larut malam, dengan hasil visitor berdatangan namun tulisan saya dinilai kurang rapi oleh sebagian orang karena memang saya menulis asal-asalan.

 Namun, jika dibandingkan dengan sekarang sepertinya lebih nyaman menulis artikel dengan menggunakan jadwal karena walau visitor tidak seramai saat itu tapi kesehatan serta tulisan bisa terus saya rapikan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Untuk saat ini, saya biasa menulis artikel Blog 3 kali dalam sehari dalam kurun waktu pagi, siang dan sore/malam, khusus jam 19.00 WIB saya melihat berbagai aktivitas yang dilakukan di Group Blogger sambil promosi konten barang kali ada orang yang penasaran dan melihat konten yang kita buat.

 Bagaimana cara saya membuat jadwal agar postingan tetap teratur dan semakin konsisten dalam Blogging? Saya hanya menggunakan cara sederhana dan yaitu dengan memperkirakan berbagai kamungkinan dan aktivitas apa saja yang akan saya lakukan pada hari tersebut. Untuk lebih detailnya silahkan simak yang berikut ini.

Jadwal Menulis di Blog bagi Pelajar versi Duniaawam


 Bagi kalian yang masih pelajar dan tidak Full-Time Blogger, alangkah baiknya bisa membaca rutinitas menulis di blog setiap hari yang saya lakukan agar tetap konsisten dan tidak menggangu kegiatan belajar, silahkan simak dengan benar.

Waktu Pagi : Untuk langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah menganalisa kegiatan apa yang akan dilakukan saat pagi, siang dan sore hari. Jika biasanya bangun pada pukul 06.30 atau jam 07.00 usahakan untuk bangun lebih awal dari itu terutama bagi kalian umat islam yang WAJIB melaksanakan sholat Subuh. Usahakan bangun jam 04.30 dan langsung sholat subuh di tambah dengan berdoa, setelah itu langsung buka gadget, laptop atau komputer untuk memulai menulis artikel.

Waktu Siang : Karena waktu seorang pelajar itu terbatas, kita harus bisa mengatur waktu untuk menulis artikel. Gunakan waktu istirahat kalian untuk menulis artikel, sambil nongkrong atau makan juga bisa. Cukup diam di kelas bawa laptop atau gadget lalu tulis artikel sambil ngemil jangan lupa alangkah baiknya kalian duduk di dekat pentilasi udara agar otak tetap segar dan mendapatkan berbagai ide untuk dituangkan ke dalam postingan.

Waktu Sore : Setelah pulang sekolah tentu kalian merasa lelah bukan? jam segini biasanya orang malas untuk menulis artikel karena tidak mendapatkan IDE menulis. Saya juga sering mengalami hal tersebut namun untuk mengatasinya kalian bisa istirahat sejenak selama satu jam untuk makan dan mandi. Setelah itu, kalian bisa menulis artikel dengan santai sampai batas magrib dan laksanakan sholat magrib.

Waktu Malam : Jika artikel tidak kunjung selesai, kalian bisa melanjutkan pada malam hari tapi tidak menggangu aktivitas belajar. Sedikit tips, malam hari biasanya orang paling banyak online ketimbang waktu lainnya. Oleh karena itu jangan lupa promosikan konten secukupnya saja agar orang juga mengenal situs kita.

 Itulah beberapa tips membuat artikel dengan membuat jadwal menulis agar tetap konsisten dalam membuat konten. Saya rasa cara diatas sangat wajar mengingat kita masih pelajar dan jangan lupa untuk menyisihkan waktu dengan belajar sehingga setiap hari kita mendapatkan banyak ilmu baik itu dari sekolah maupun dari aktivitas Bloging.

 Ingat! seorang blogger itu sebenarnya tidak terikat oleh waktu, karena sebuah website di ibaratkan adalah perusahaan milik kita sendiri, jadi kita sebenarnya bebas mengelola apa yang menjadi milik kita sesuka hati. Tapi, paling tidak kita belajar untuk mengatur waktu dan belajar untuk konsisten agar hidup kita tidak seenaknya namun teratur dengan baik.

Duniaawam.com merupakan Media Informasi terbaru, Tutorial android, Tips dan Trik, Teknologi terbaru, Informasi bisnis, Ide Usaha, Berita unik dan info wisata.