Pengertian Pantun Berbalas - Banyak orang yang bertanya kepada saya mengenai pantun berbalas, mereka menanyakan arti pantun berbalas, pengertian pantun berbalas, apa pengertian pantun berbalas dan definisi pantun berbalas. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut saya akan sedikit berbagi ilmu untuk kalian.

 Pantun berbalas adalah salah satu jenis karya sastra yang digunakan untuk berkomunikasi berbentuk tanya-jawab dengan orang lain dengan menggunakan pantun yang di gabungkan dengan adat istiadat sebagai hiburan untuk masyarakat. Pantun berbalas biasanya digunakan oleh masyarakat Betawi untuk memeriahkan acara perkawinan agar lebih ramai dan tradisi ini sudah turun temurun di lakukan oleh masyarakat Betawi sebelum acara pernikahan di mulai atau setelah pengantin pria datang.

Baca juga : Tiga Unsur Pembentuk Desa Menurut R. Bintarto

 Kalian tentu pernah melihat orang betawi memakai pantun berbalas bukan? Televisi ternama di Indonesia sudah memakai tradisi menggunakan pantun berbalas pada acara-acara mereka, saya pernah melihat berbalas pantun di sinetron seperti FTV, Sinetron Ojek Pengkolan dan Sinetron lainnya. Karena pantun berbalas merupakan sarana hiburan, maka tidak heran banyak orang yang menyukai jenis pantun ini dari pada pantun lainnya. Selain sebagai hiburan pantun berbalas juga merupakan sarana komunikasi untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat.

Baca juga : Cara Mengerjakan Operasi Aljabar Fungsi Beserta Contoh Soal

 Untuk mempertahankan budaya yang semakin pudar, kita bisa kembali menggunakan pantun berbalas sebagai alat untuk memajukan tradisi bangsa yang sudah lama tidak digunakan terutama oleh anak remaja seperti saat ini. Untuk itu admin duniaawam.com mempunyai beberapa contoh pantun berbalas yang bisa digunakan untuk memajukan tradisi dan mempererat silaturahmi, silahkan simak yang berikut ini.

Contoh Pantun Berbalas


Ada kakek yang sudah tua
sedang berdiri di depan kali
wahai pemuda janganlah memakai narkoba
karena bisa merugikan diri sendiri

#Ada anak sedang membaca
sambil memakan pulut ketan
saya tak akan memakai narkoba
karena itu perbuatan setan

*Jalan-jalan ke tanah toraja
jangan lupa sama pacar
wahai kamu anak remaja
janganlah bertindak kasar

#Ada bunga rapi ditata
warna cantik berbelah-belah
wahai engkau kakak tecinta
maafkan daku yang telah bersalah

*Ada wanita separuh baya
punya sakit tapi ditahan
jangan meminta maaf kepada saya
minta aaflah kepada tuhan

#Gadis manis siapa yang punya
yang punya si jantung hati
terimakasih atas nasehatnya
akan kuingat sampai mati

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/6656031

Baca juga : Cara Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA

 Itulah pengertian pantun berbalas beserta contoh yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan sebagai sarana hiburan untuk memajukan kembali budaya bangsa. Silahkan gunakan contoh pantun berbalas diatas untuk tanya-jawab agar kalian makin akrab dan saya rasa tidak ada salahnya mencoba menggunakan pantun berbalas sesekali dengan teman karena sama sekali tidak merugikan.