4 Cara Mengatasi Flashdisk yang minta Format terus saat dicolok

 Flashdisk minta format - Flashdisk adalah media penyimpanan yang paling ringan dan mudah di bawa kemana-mana. Dengan  menggunakan Flashdisk kita bisa memindahkan berbagai file karena sudah dibekali kapasitas hingga 256 GB. Dengan flashdisk kita dengan bebas memindahkan file dari komputer satu ke komputer lain tanpa ribet harus mencabut harddisk komputer tersebut.

 Dengan begitu kita tidak usah menggunakan media penyimpanan seperti Harddisk, Kartu SD dan sebagainya untuk menyimpan berbagai file. Namun, kadang kala ada beberapa kendala yang membuat flashdisk tidak dapat dibuka, seperti flashdisk minta format terus menerus saat di colok ke dalam komputer.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected tidak bisa di Format

 Flashdisk dicolok langsung minta format tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan padahal kita sangat butuh Flashdisk tersebut untuk memindahkan file dari komputer. Pernahkan kalian mengalami flashdisk tidak bisa dibuka dan minta format? Admin rasa pernah dan itu merupakan permasalahan yang akan di bahas pada artikel ini jadi perhatikan dengan seksama.

Penyebab flashdisk selalu minta format


 Kenapa flashdisk selalu minta format, Ada beberapa alasan mengapa flashdisk minta format. Dan berikut ini beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca sehingga tidak bisa di buka :

1.Flashdisk error minta format karena sering di colok


 Alasan flashdisk selalu minta format adalah karena sering di colok ke dalam berbagai perangkat sehingga terinfeksi virus yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca di komputer. Biasanya virus akan dengan mudah masuk ke dalam sehingga komponen flashdisk rusak.


2.Flashdisk minta format sendiri karena Bad Sector


 Sama halnya dengan harddisk, Flashdisk juga dapat mengalami Bad Sector. Hal ini terjadi karena pengguna tidak melakukan eject terlebih dahulu sehingga sistem tidak kaget saat flashdisk di cabut dari komputer. Ini juga dapat mengakibatkan flashdisk write protected.


3.Terdapat kerusakan Hardware


 Flashdisk yang mengalami kerusakan hardware tidak akan terbaca dan tidak dapat melakukan pemindahan data. Biasanya ada bagian hardware flashdisk yang copot, retak atau terkena air sehingga tidak dapat dipakai kembali. Ini merupakan kerusakan parah sehingga harus mengganti flashdisk lama dengan yang baru.

4.Kerusakan Fisik


 Umur juga menjadi penyebab flashdisk tidak bisa dibuka, perlu di ketahui bahwa setiap barang elektronik pasti memiliki batas usia masing-masing, meski kita sudah merawat flashdisk dengan baik dan benar jika sudah waktunya rusak maka akan rusak dengan sendirinya. 

Cara ampuh mengatasi flashdisk minta format


 Jika flashdisk selalu minta format ada baiknya harus segera diperbaiki karena bisa saja flashdisk tersebut mengalami cacat permanen sehingga tidak dapat digunakan. Untuk itu silahkan perhatikan cara mengatasi flashdisk minta format dengan beberapa langkah berikut ini.

1.Atasi flashdisk minta format dengan low Level Format


1.Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan hal berikut ini.
2.Buka run dengan cara menekan tombol Windows + R
3.kemudian ketikan compmgmt.msc dan klik ok
4.Cari drive flashdisk kamu (biasanya F:,G: atau H: )
5.Lakukan format dengan tipe FAT32
6.Tunggu hingga prosesnya selesai

2.Memperbaiki flashdisk yang minta format dengan cmd


 Selain dengan menggunakan low level format, kalian bisa menggunakan cmd untuk format flashdisk yang selalu minta format. Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa melakukan cara kedua yaitu:

1.Ketik cmd pada run
2.Lalu ketika "Format [nama drive flashdisk]"
3.Contohnya "Format F:"
4.Tunggu hingga prosesnya selesai

3.Memperbaiki flashdisk yang minta format dengan cmd [Part 2]


Jika cara mengatasi flashdisk yang minta format dengan cmd pertama tidak berhasil maka gunakan cara kedua. Masih sama dengan menggunakan cmd namun perintah yang diberikan tentu berbeda, silahkan simak.

1.Buka cmd
2.lalu ketik perintah "CHDSK [nama drive flashdisk] /R "
4.Contohnya "CHDSK F:/R"

4 Cara Mengatasi Flashdisk yang minta Format terus saat dicolok

5.Tunggu hingga prosesnya selesai

4.Hilangkan flashdisk yang minta format dengan software repair Flashsdisk MSB


 Jika flashdisk minta format tapi tidak bisa di format dengan menggunakan 3 cara sebelumnya maka bisa menggunakan cara ke empat yaitu dengan menggunaakan software repair flashdisk MSB. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan download melalui google dan untuk langkah menggunakan Flashdisk MSB bisa mengikuti panduan berikut ini.

1.Download terlebih dahulu software Repair Flashdisk di google.
2.Extrack file yang telah di download dan masukkan flashdisk yang bermasalah
3.Install dan buka aplikasi yang telah kamu extrack

Note :
 Jika aplikasi ini tidak bisa dibuka maka tidak ada flashdisk yang bermasalah. Aplikasi ini akan terbuka apabila ada flashdisk yang bermasalah saja. jadi tidak usah bingung jika aplikasi ini tidak dapat di buka.

4.Jika terbuka maka pilih partisi yang akan di format
5.Ubah tipe flashdisk menjadi FAT32, kemudian pilih format
6.Setelah selesai, kemudian reconect flashdisk ke komputer
7.Kemudian lakukan format dengan cara klik kanan dan pilih format pada drive flashdisk
8.Kemudian reconect lagi flashdisk ke komputer
9.Cek apakah langkah ini berhasil atau tidak

 Itulah cara mengatasi Flashdisk minta format yang sudah dibagikan secara gratis agar flashdisk kembali normal. Tapi jika flashdisk tidak bisa di format dengan menggunakan cara diatas maka ada kemungkinan tipe flashdisk tersebut bukan FAT32 atau NTFS. Artinya flashdisk tersebut bertipe RAW jadi perlu mengganti format flashdisk terlebih dahulu kemudian format dengan menggunakan cara diatas. Namun, jika tidak berhasil sama sekali ada kemungkinan kalian harus membeli flashdisk baru.


 Demikian artikel kali ini yang membahas materi dan pandua kepada orang yang mengalami flashdisk minta format, semoga ilmu yang sudah di sampaikan bisa bermanfaat dan jika ada hal-hal yang tidak kamu mengerti atau ada langkah lain maka bisa kamu tuliskan di komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada banyak orang supaya mereka tahu dan bisa mengatasi flashdisk minta format terus menerus.