1/20/2019

5 Cara Menjinakkan Kucing Persia Liar Agar Tidak Nakal

5 Cara Menjinakkan Kucing Persia Liar Agar Tidak Nakal

 Cara menjinakkan kucing persia sudah banyak dibahas di berbagai situs, forum, website maupun sosial media. Mempunyai binatang peliharaan yang nurut dan patuh terhadap tuannya tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri dan merupakan impian setiap pecinta hewan, terutama para pecinta kucing.

 Cara menjinakkan kucing tentu saja menjadi masalah umum dan banyak orang yang mengeluh mengenai hal ini. Biasanya hal seperti ini banyak ditemukan jika kita masih baru dan belum tahu cara mengadopsi kucing peliharaan dengan baik.

 Tentu saja tidak semua kucing itu patuh, benar bukan? malahan kebanyakan dari mereka merupakan kucing liar yang suka nakal dan biasanya membuat kepala naik pitam. Cara menjinakkan kucing liar itu sedikit lebih rumit dibandingkan dengan menjinakkan kucing biasa. 

 Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang sangat populer dan banyak dipelihara karena mereka termasuk hewan yang imut, ramah dan mudah bersahabat sehingga banhak orang yang lebih memilih kucing untuk dipelihara daripada hewan lainnya.

 Salah satu kucing yang disenangi oleh kebanyakan orang adalah kucing Persia. Dari segi tampilan memang kucing jenis ini lebih lucu dan keren di bandingkan kucing pada umumnya, oleh karena itu harga yamg di patok untuk satu ekor kucing hias ini cukup mahal.

 Meskipun harga kucing hias ini sangat mahal, tapi tidak menurunkan minat orang-orang untuk mengadopsi kucing persia. Untuk perawatan kucing hias ini juga dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk itu kalian harus siap dengan segala kemungkinan yang ada jika mengadopsi jenis kucing ini.

 Meskipun dekat dengan kehidupan manusia, tetapi tetap saja kucing merupakan hewan liar yang ingin hidup di alam bebas, tetapi bukan berarti kucing tidak bisa dipelihara ataupun dijinakkan.

 Nurut atau tidaknya kucing tersebut itu tergantung dari kita sendiri apakah kita bisa sabar dan sanggup untuk melakukan pendekatan secara pelan dan rutin terhadap kucing persia atau kucing peliharaan tersebut agar menjadi hewan penurut terhadap manusia. Bagaimana jika kucing persia liar dan tidak bisa diatur?


Cara menjinakkan kucing persia liar


 Untuk menjinakkan kucing persia tidak usah susah payah karena dengan sendirinya dia akan nurut kepada kita, tapi ada beberapa cara menjinakkan kucing persia liar agar menjadi hewan penurut, silahkan simak yang berikut ini.


1.Kenali karakter kucing liar yang akan dipelihara


 Sebelum kucing galak menjadi jinak ada baiknya kita harus mampu mengenali karakter kucing yang akan kita pelihara. Ini langkah pertama yang harus dilakukan, tentu saja semua kucing harus diawali dengan ini.

 Cara untuk mengenali karakter kucing bisa kita lihat dengan membedakan jenis kucing yang gelisah, stress ataupun tipe yang suka menyerang. Misalnya kucing liar identik dengan kondisi badan yang sering merendah, mata melotot, kuping yang terlihat ditekuk kebelakang dan mengeram ketika ia didekati.


2.Berikan perlakukan lembut kepada kucing liar



 Jangan lupa untuk memperlakukan kucing seperti bayi yang butuh kelembutan. Jika kucing masih liar, usahakan untuk memberikan perhatian lebih kepadanya. Perlakuan lembut majikan kepada hewan peliharaannya merupakan salah satu senjata yang cukup ampuh dalam menjinakkan kucing hutan ataupun kucing liar karena lama kelamaan mereka akan menjadi jinak dan patuh serta nurut kepada kamu sebagai majikannya.

 Kalian tentu harus ingat jangan sekali-kali memperlakukan kucing dengan kasar karena kucing merupakan hewan yang membutuhkan kelembutan dan perhatian lebih dari manusia terutama kamu sebagai majikannya. Jika dikasari dia akan semakin liar dan tentu akan jauh dari kata jinak.


3.Kucing liar juga harus diberi makan dan minum secara teratur



 Selalu tepat memberikan makan dan minum terhadap kucing peliharaan selama 3 kali sehari akan membuat kucing persia yang liar akan menjadi jinak dan patuh kepadamu. Sebab mereka akan menyadari bahwa majikannya benar tulus dan ingin merawatnya dengan baik.

 Jangan menelantarkan kucing karena hanya akan membuat dia semakin liar yang nantinya dia akan terus melawan. Misalnya saja ada suatu kondisi dimana dia merasa lapar dan tentunya dia akan berusaha mencuri makanan yang ada tanpa sepengetahuan kamu. Itu merupakan dampak negatifnya.

 Untuk urusan minum juga jangan lupa diperhatikan, misalnya saja ketika dia selesai makan maka memberikan minum atau sediakan minum untuknya ditempat favorit yang telah di sediakan akan mempermudah menjinakkan kucing liar karena lama kelamaan si kucing akan terbiasa yang nantinya akan semakin jinak dan tidak mau makan atau minum ditempat sembarangan.


4.Mengenalkan Kondisi Lingkungan Sekitar



 Untuk tinggal di tempat baru tentunya harus ada yang namanya kebiasaan dan waktu yang cukup untuk mengenali kondisi lingkungan sekitar.

 Hal ini juga berlaku untuk kucing yang baru saja kamu adopsi. Dengan mengenalkan dia dengan kondisi lingkungan sekitar akan membuatnya semakin mudah untuk beradaptasi dan memulai hidup ditempat tinggal yang baru.

 Kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah agar si kucing terhindar dari stress dan takut. Memperkenalkan suara mesin cuci, penghisap debu, ataupun alat-alat yang mempunyai suara yang tidak biasa didengar oleh si kucing akan membuat dia terbiasa dengan kehidupan barunya. Ini langkah yang biasanya tidak begitu diperhatikan jadi tidak ada salahnya kamu coba.


5.Kucing liar sering membuang kotoran sembarangan



 Cara menjinakkan kucing liar terakhir adalah jangan lupa untuk mengurus saat kucing akan membuang kotoran. Cara ini sangat efektif loh, kamu bisa menyediakan tempat khusus untuk buang air besar untuk kucing peliharaan kamu.

 Usahakan jangan di tempat ramai dan sediakan tempat yang lumayan besar agar dia nyaman dan tentu tidak kesusahan. Kalian juga bisa membeli tempat kotoran kucing di toko terdekat.

 Pada umumnya kucing akan buang air besar selang beberapa menit setelah selesai makan. Jika masih baru diadopsi silahkan antar dia ke tempat yang sudah disediakan agar dia mengenal dan kemudian akan terbiasa untuk membuang kotoran disana. Cara ini juga efektif agar kucing tidak membuang kotoran di sembarang tempat.

Baca juga : 7 Manfaat memelihara kucing di rumah bagi manusia

 Demikian pembahasan mengenai cara menjinakkan kucing persia liar agar tidak nakal dan nurut kepada majikannya. Langkah pertama dan seterusnya sangat memudahkan saya dalam menjinakkan kucing, itulah sebabnya mengapa di share kepada kalian. Berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan tentu tidak akan memberatkan bukan?

 Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan cantumkan di kolom komentar, semoga kucing liar cepat jinak dan nurut kepada kalian. Selamat mencoba dan dapatkan artikel terbarulainnya. 

Duniaawam.com merupakan Media Informasi terbaru, Tutorial android, Tips dan Trik, Teknologi terbaru, Informasi bisnis, Ide Usaha, Berita unik dan info wisata.