Sedang dalam perjalanan tapi Hp android hilang? Bingung bagaimana melacak hp android yang hilang? Baca artikel ini sampai selesai siapa tahu dapat membantu kalian untuk menemukan hp yang hilang.

 Di dalam hp tentu banyak sekali data penting yang tidak boleh hilang, seperti file dokumen, nomor kontak, foto, video atau data lainnya. Namun secara tidak sengaja hp android hilang entah itu jatuh atau di curi sehingga tidak dapat di temukan. Hal ini tentu sangat berbahaya dan menjengkelkan bukan? Tentu saja karena kita takut karena tidak tahu lokasi pasti dimana hp hilang dan berfikir bahwa ponsel kita tidak dapat ditemukan.

  Beruntung jika smartphone kalian apple yang mempunyai fitur "Find my Phone" karena bisa digunakan untuk melacak hp yang hilang. Bagaimana dengan merek hp lain seperti Samsung, Xiomi, Huawei, Smartfren apakah bisa dilacak? 

 Di dalam smartphone android juga terdapat fitur yang dapat membantu melacak keberadaan hp namun jarang diketahui oleh orang. Fitur ini bernama "Find my Device" yang bisa ditemukan pada Android Device Manager, pada tahun 2019 fitur ini sudah diperbaharui sehingga memudahkan pengguna untuk mencari hp android hilang dengan mudah dan tentunya lebih tepat.

 Untuk melacak keberadaan hp android dengan Find my Device, ponsel yang hilang harus tekoneksi dengan internet. Selain untuk lacak hp android, fitur ini bisa digunakan untuk mencari keberadaan smartphone yang terselip atau lupa naroh. Sangat berguna bukan? Tentu saja sangat berguna tapi untuk melacak keberadaan hp android harus selalu terhubung dengan internet.

 Untuk melacak keberadaan hp android ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Hal ini ditujukan agar kita dapat mengetahui lokasi hp tersebut, karena rawan kejadian seperti diatas kalian harus menyiapkan smartphone agar mudah untuk ditemukan, Silahkan pastikan beberapa hal berikut ini.

1.Hp Android harus sudah ada akun Gmail
2.Data Handphone harus selalu aktif untuk mengantisipasi hp hilang dan hal yang tidak diinginkan
3.Smartphone sudah mengijinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh
4.Lokasi dari Hp harus selalu aktif agar besar kemungkinan ditemukan

 Itu beberapa syarat yang harus terpenuhi agar kita dapat melacak hp adroid yang hilang. Jika tidak, kecil kemungkinan ponsel tersebut dapat di temukan kecuali dengan cara mencari manual seperti menelusuri kembali jalan yang telah dilewati untuk menemukan hp tersebut. Namun jika hal tersebut sudah dipenuhi maka kalian dapat mengetahui keberadaan hp android yang hilang dengan beberapa langkah.

Melacak HP hilang dengan no HP


 Langkah pertama yang biasa dilakukan untuk menemukan hp adalah dengan menelpon nomor pada hp tersebut. Dengan begitu kalian dapat tahu dimana lokasi keberadaan hp jika lupa naroh dan jika hilang masih ada kemungkinan telpon di jawab oleh orang yang menemukan hp tersebut. Namun dijaman sekarang ini jarang orang yang mau mengembalikan hp yang mereka temukan, lebih baik mereka pakai saja daripada dikembalikan. Untuk itu, memang kecil kemungkinan tapi kita masih bisa berusaha untuk melacak hp tersebut menggunakan langkah lain.

Melacak HP Android menggunakan Komputer


 Meski sekarang komputer jarang digunakan namun masih sangat serbaguna salah satunya untuk melacak keberadaan ponsel android. Komputer atau Laptop yang digunakan harus terhubung dengan internet dan silahkan log in ke dalam akun google di smartphone yang hilang. Setelah masuk, kalian ketik saja di kotak pencarian "Where is My Phone", selang beberapa menit maka secara otomatis Google akan menampilkan letak ponsel terakhir kali terhubung dengan internet.

Melacak HP Android dengan Email


 Selain menggunakan Google Penelusuran, kita bisa menggunakan Email untuk melacak hp android yang hilang.

1.Silahkan masuk ke Akun Google yang sudah terpasang diperangkat
2.Masuk ke halaman Akun Saya dan pilih Aktivitas & Peristiwa Keamanan Perangkat 
3.Pilih Tinjau Perangkat kemudian pilih merek hp android yang hilang
4.Setelah terpilih kalian bisa klik tautan Kehilangan perangkat ini? dan pilih Temukan (dibutuhkan beberapa verifikasi password)
5.Kalian dapat melihat data lengkap tentang hp yang hilang, memutar suara akan jauh lebih efektif untuk menemukan dimana keberadaan hp tersebut.

Baca juga : Cara melacak hp hilang dengan email

Melacak Hp Android menggunakan Browser


 Selain mengandalkan layanan Google, ternyata kita juga bisa menggunakan browser untuk melacak hp android hilang. Gunakan browser pada komputer atau perangkat lain dan ikuti langkah berikut ini.

1.Buka halaman ini https://www.google.com/android/devicemanager
2.Masuk atau log in menggunakan akun Google yang ada di hp yang hilang.
3.Disini, kita akan menggunakan fitur yang sudah saya sebutkan yakni "Find my Phone", Setelah masuk kalian dapat mengetahui informasi detail mengenai hp tersebut. Ada beberapa menu yang bisa di gunakan yaitu Menu Ring (untuk membunyikan Hp) dan Menu Enable Lock & Erase (untuk mengunci hp android yang hilang).

Baca juga : Aplikasi Pencari Judul Lagu dengan Suara di Android

Melacak Hp Android yang Hilang dengan Aplikasi


 Untuk menemukan hp yang hilang dibutuhkan beberapa cara agar tidak salah posisi, jika langkah diatas kurang efektif kalian bisa menggunakan aplikasi pada perangkat lain untuk melacak hp android yang hilang. Kita bisa install aplikasi "Android Device Manager", hampir sama dengan cara sebelumnya begini mengoperasikannya :

1.Silahkan kalian install terlebih dahulu aplikasi Android Device Manager dari Playstore
2.Buka aplikasi tersebut dan pilih Log in sebagai tamu pada menu pertama
3.Masukan alamat email dan password dari hp yang hilang
4.Jika sudah secara otomatis aplikasi ini akan mencari keberadaan perangkat kalian

Melacak Hp Android Hilang menggunakan Imei


 Apa pengertian Imei? International Mobile Equipment identity atau Imei adalah sebuah nomor identitas di dalam hp yang dapat menyimpan berbagai macam data penting melui sim card. Biasanya Sim satu yang akan dipakai sebagai indentitas resmi, karena penting alangkah baiknya kita menjaga nomor Imei dengan baik.

 Setiap hp pasti mempunyai nomor Imei yang biasanya terdiri dari 15-16 digit, Setiap ponsel memiliki nomor yang berbeda-beda. Selain untuk melacak hp hilang, nomor unik ini biasanya digunakan oleh operator untuk mengidentifikasi hp yang terhubung ke dalam jaringan mereka. Lalu bagaimana cara melacak hp android hilang menggunakan Imei?

1.Masuk ke dalam Pengaturan kemudian cari menu Tentang Ponsel (biasanya ada dipaling bawah)
2.Kemudian pilih Opsi Status dan akan ada beberapa pilihan
3.Silahkan pilih Informasi IMEI dan tulis nomor tersebut di sebuah kertas agar tidak lupa
4.Silahkan datang ke gerai operator seluler untuk melacak hp atau memblokir nomor pada hp tersebut.

 Untuk melacak keberadaan hp android yang hilang bukan perkara mudah sebab banyak kemungkinan terjadi misal hp tidak ditemukan oleh orang, hp tersebut di non-aktifkan oleh orang lain, data pada hp tida nyala, tidak ada sinyal atau besar kemungkinan hp sudah di flash oleh orang lain. Jadi, sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi agar hp dapat ditemukan.

 Namun cara melacak hp android hilang yang sudah saya jabarkan bisa saja membantu dan sudah saya coba sendiri pada ponsel milik sendiri. Bagaimana hasilnya? Alhamdulillah berhasil karena data pada ponsel saya terus menyala sehingga tidak sulit ditemukan. Silahkan coba dan semoga membantu untuk melacak posisi hp android kalian. Jika ada hal yang tidak dimengerti atau ingin menanyakan sesuatu silahkan sertakan di kolom komentar.