1/17/2019

7 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah bagi Manusia

7 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah bagi Manusia


 Memelihara kucing menurut islam sangat dianjurkan sebab kucing merupakan hewan yang wajib dilindungi dan jika tidak diberi makan atau disiksa maka hukumannya neraka. Seperti yang sudah di ketahui bahwa kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang imut, lucu dan menggemaskan maka tak heran banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang kemudian mengurusnya hanya untuk dijadikan teman bermain.

 Cara memelihara kucing sangat mudah dibandingkan dengan hewan lain karena sejatinya kucing merupakan hewan yang bersih dan tidak kotor. Kucing adalah hewan penyayang dan sangat setia kepada majikannya. Pernahkah kamu membuang kucing ke tempat yang jauh?

 Jika pernah membuang kucing ke tempat yang jauh maka dengan sendirinya dia akan kembali ke tempatmu, ini menunjukan bahwa kucing adalah hewan yang sangat setia. Salah satu manfaat memelihara kucing adalah untuk berjaga di rumah karena memiliki insting dan ketangkasan dan sangat cocok untuk berburu tikus. Selain itu masih banyak sekali manfaat memelihara kucing bagi manusia yang belum kamu ketahui.

 Apa manfaat memelihara kucing? Tanpa kita sadari banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika memelihara kucing dengan baik, meski terkadang ada kucing yang nakal tetapi mereka juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat memelihara kucing di rumah.

1.Memiliki kucing di rumah dapat meningkatkan mental


 Manfaat memelihara kucing yang pertama adalah untuk meningkatkan mental seorang manusia. Dengan melihat tingkah laku seekor kucing ternyata mampu memberikan dampak positif terhadap kesehatan manusia. Hal ini telah terbukti pada sebuah survei yang dilakukan oleh Cats Protection, dimana ada sekitar 76% orang yang terlibat dalam survey tersebut dan menyatakan bahwa stress mereka dapat berkurang setelah berinteraksi dengan kucing.

2.Memelihara kucing dapat mencegah serangan jantung



 Selain menghilangkan stress, ternyata dengan memelihara kucing ternyata juga dapat mengurangi resiko serangan jantung. Pernyataan tersebut di dukung dengan adanya bukti bahwa resiko penyakit jantung dari 4.500 pemilik kucing yang berusia antara 30-75 tahun menurun hingga 40 persen.


3.Memiliki kucing dapat menurunkan alergi pada anak

 Selain manfaat memelihara kucing diatas, Jika kalian mempunyai anak kecil usahakan agar dia bermain dengan seekor kucing karena menurut pernyataan yang ada kucing dapat mencegah resiko alergi, tentu ini sangat cocok untuk diterapkan pada anak kecil sehingga daya tahan tubuh akan meningkat serta menurunkan resiko terkena alergi.

 Namun jangan lupa pastikan kucing tersebut tidak kumuh, alias kucing liar karena jika anak bermain dengan kucing tersebut yang akan terjadi mungkin adalah sebaliknya dan ini harus diwaspadai oleh orang tua.

4.Memelihara kucing dapat menghilangkan rasa kesepian

 Karena kucing adalah hewan yang imut dan lucu serta sering mengganggu majikannya, maka tak heran dapat menghilangkan rasa kesepian dalam diri seorang manusia. Sebuah penelitian dari Miami University menyebutkan bahwa seekor kucing dapat menghilangkan rasa kesepian seseorang.

 Selain itu, kucing dapat menghilangkan rasa galau karena dia dapat membuat tingkah lucu yang akan membuatmu tertawa sehingga masalah yang ada akan hilang seketika. Gimana nih sangat bermanfaat bukan?

5.Memelihara kucing dapat menghindarkan dari kejahatan


 Penjaga rumah biasanya diserahkan kepada satpam atau anjing peliharaan karena dianggap sangat cocok, Namun ternyata kalian bisa mengandalkan kucing meski tidak sekuat anjing tapi mereka dapat berguna sebagai alarm jika ada orang jahat masuk ke dalam rumah. Hal ini karena kucing tahu mana orang yang sering datang ke rumah dan orang yang tidak pernah kesana.

6.Memelihara Kucing dapat menghilangkan rasa sepi

 Kucing merupakan hewan setia maka saat majikan merasa sepi dia akan selalu menemani sampai  majikannya pulih dari kehampaan. Menurut beberapa sumber juga mengatakan demikian dimana orang yang memelihara kucing dapat menghilangkan rasa kesepian lebih cepat. 

7.Orang yang memelihara Kucing termasuk kedalam golongan Cerdas


 Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan ternyata juga dapat membuat seseorang menjadi cerdas, hal ini dibuktikan oleh penelitian University of Bristol pada tahun 2010 yang menyebutkan bahwa kabanyakan orang yang memelihara kucing memeliki sarjana dibandingkan dengan teman mereka yang memelihara anjing.

 Kemudian, pada tahun 2014 seorang peneliti yang berasal dari Wisconsin melakukan survei terhadap 600 orang mahasiswa dan mendapati bahwa orang yang memiliki kucing di rumah mereka lebih cerdas.

 Demikian manfaat memelihara kucing yang saya tahu, ternyata tanpa kita sadari banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Mungkin masih banyak lagi hal positif yang bisa kita dapatkan jika memiliki kucing dirumah yang tidak diketahui, namun kalian bisa menambahkan beberapa manfaat lain saat memelihara kucing dirumah di dalam kolom komentar, pastikan benar adanya dan berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Duniaawam.com merupakan Media Informasi terbaru, Tutorial android, Tips dan Trik, Teknologi terbaru, Informasi bisnis, Ide Usaha, Berita unik dan info wisata.