√ Cara Menerapkan SEO Blog untuk meningkatkan Traffic Cara Menerapkan SEO Blog untuk meningkatkan Traffic
Cara Menerapkan SEO Pada Blog Untuk Meningkatkan Traffic

Apa Itu SEO?

 SEO adalah Singkatan dari Search Engine Optimization,yakni sebuah teknik sederhana yang di gunakan untuk memenuhi kualitas standar dari Mesin Pencari, agar blog dan artikel  bisa bersaing untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari dengan persaingan kata kunci tertentu.

Apa Itu Kata kunci?

 Kata Kunci adalah sebuah kata yang di cari orang di mesin pencari.kata kunci/keyword sering di gunakan oleh para blogger untuk mendapatkan ranking pertama di mesin pencari.

Kata Kunci juga menjadi salah satu faktor yang krusial untuk menentukan seberapa pantas artikel yang kita buat untuk berada di halaman pertama atau bahasa umumnya Page One.

Apa Itu Page One?

 Page One adalah halaman pertama yang ada di mesin pencari.seorang blogger tentunya sangat ter-obsesi agar artikel yang mereka buat bisa berada di halaman pertama.

 Semua artikel tentunya bisa berada di halaman pertama.namun,traffic yang di dapatkan tidak memuaskan,benar enggak?

 Lalu,bagaimanakah cara mendapatkan traffic yang memuaskan?


 Sebenarnya,banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan traffic yang tinggi.salah satunya adalah dengan teknik Search Engine Optimization.


 Setelah anda tahu bagaimana cara untuk meningkatkan traffic pada blog secara bertahap.saya akan jelaskan lebih detail cara meningkatkan traffic blog lewat teknik Search Engine Optimization.


 Untuk mendapatkan traffic yang tinggi bukanlah hal yang mudah,saya akui saya juga belum sempurna dalam hal seperti ini.tapi,saya mencoba belajar dari para Master seperti para Blogger terbaik di Indonesia.


 Karena mesin pencari hanya menyediakan 1-10 tempat saja pada halaman pertama.sedangkan blog yang membahas topik tersebut banyak sekali ratusan bahkan jutaan orang membahas topik tersebut.


 Jadi,perlu perlu saya beri tanda kutip bahwa kita bisa membuat sebuah blog atau website sendiri,bukan berarti kita bisa mendapatkan traffic tinggi dari mesin pencari google..


 Kenapa harus SEO?tidak teknik-teknik yang lain?


 Sudah saya sampaikan pada awal artikel ini bahwa :

SEO adalah sebuah teknik/kegiatan sederhana yang di gunakan untuk memenuhi kualitas standar dari Mesin Pencari,agar blog/artikel yang kita buat bisa bersaing untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari dengan persaingan kata kunci tertentu.
 Jadi,saya ambil definisi bahwa SEO adalah trik yang paling berpengaruh terhadap seberapa besar traffic yang kita dapatkan.

 Teknik SEO sebenarnya sangat beragam,daftar semua teknik SEO yang saya ketahui meliputi:

  • SEO On Page 
  • SEO Of Page
  • Kualitas konten 

 Saya akan share kepada anda 3 teknik SEO sederhana yang saya tahu dan mungkin dari 3 teknik ada diantara kamu yang sudah tahu,atau mungkin bisa juga sudah menerapkan salah satu teknik di atas tapi hasilnya belum maksimal...


 Oke,jika anda tidak tahu atau memang belum maksimal dalam menerapkan teknik SEO di blog,berikut ini saya akan share kepada anda tips sukses menjalankan teknik SEO dalam beberapa menit saja!

Cara Menerapkan SEO Pada Blog Untuk Meningkatkan Traffic Kurang Dari 1 Jam


 Banyak sekali teknik yang dipakai dalam meningkatkan pengunjung dengan SEO. Namun ada 2 yang biasa dipakai dan tentu diterapkan dalam blog ini yakni SEO on Page dan SEO off Page. Penjelasan lengkap akan di bahas pada artikel ini, silahkan simak sampai selesai.

1.SEO On Page


Cara Menerapkan SEO Pada Blog Untuk Meningkatkan Traffic

 SEO On Page adalah sebuah langkah yang menentukan teroptimasi atau tidaknya blog yang kita buat terhadap mesin pencari.

 SEO On Page banyak di gunakan oleh para Mastah supaya blog yang mereka bangun bisa di anggap blog yang memiliki kualitas dan kuantitas bagus di mata mesin pencari.

 Untuk melakukan SEO On Page pada blog,anda harus mempunyai konsep terlebih dahulu.apa saja konsep yang bisa saya pakai untuk melakukan SEO On Page?

 Konsep yang harus anda punya yaitu meliputi :

1.Kualitas Konten
2.Keyword Tepat Sasaran
3.Judul yang menarik
4.Meta Deskripsi yang membujuk
5.Internal Link
6.Dan masih banyak lagi...

1.Kualitas Konten

Ingat ! 
Konten di dalam blog di ibaratkan sebagai ratu,jadi konten adalah segala-galanya cara untuk bisa mendapatkan traffic blog yang tinggi serta akan membuka jalan untuk menuju SUKSES...

 Jadi,hal UTAMA yang harus anda perhatikan adalah kualitas konten yang anda buat.konten yang harus anda buat adalah konten yang menarik,banyak manfaatnya,kelengkapan konten,menyelesaikan masalah pengunjung.

 Jadi 4 aspek diatas sangat penting untuk bisa membuat konten yang SUPER BERKELAS.jadi,usahakan untuk membuat konten yang semenarik mungkin agar pengunjung anda bisa betah dan akan terus bertambah...

 Anda juga harus mengetahui konten apa saja yang tidak di sukai oleh Mesin Pencari.berikut ini ulasan singkat tentang konten yang di sukai oleh Mesin Pencari...

1.Artikel Copas

 Artikel yang kopas adalah salah satu bentuk pelanggaran yang membahayakan blog anda.jadi sebisa mungkin hindarilah copas pada blog anda.

2.Tidak Bermanfaat

 Konten yang tidak bernilai atau tidak ada manfaatnya untuk pengunjung malah akan memberikan citra blog menjadi buruk.jadi,usahakan membuat konten yang bermanfaat ya..

3.Tidak Berbobot

 Konten yang berbobot adalah konten yang paling di cari oleh mesin pencari.jadi dalam membuat konten jangan tanggung-tanggung,buatlah konten yang penuh dengan apa yang diinginkan oleh pengunjung.

 Nah,itulah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membuat sebuah konten!

2.Keyword Tepat Sasaran

 Keyword yang tepat sesuai sasaran akan memberikan dampak positif terhadap blog kita,jadi keyword adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

 Tidak dapat di pungkiri,bahwa keyword adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang blogger untuk bisa mendapatkan traffic yang tinggi dan bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

 Anda bisa menggunakan tools yang bernama Google Keyword Planner untuk bisa mendapatkan keyword yang berkualitas.

Selain itu,anda juga bisa menggunakan satu tools yang bernama Ubbersuggest.dengan menggunakan kedua tools tersebut,akan mempermudah kita menemukan keyword yang tepat sasaran.

3.Judul Yang Menarik

 Judul juga salah satu faktor penentu untuk dalam SEO On Page sekaligus membuka jalan untuk bisa mendapatkan traffic yang tinggi.

Apa yang seseorang lakukan ketika ingin memilih artikel yang akan di baca?

Tentunya judul dari artikel yang akan di baca bukan..

Jadi,Usahakan Membuat Judul yang dapat memikat para pengunjung untuk mau membaca artikel kita.

 Keyword yang baik di tambah dengan judul yang memikat seseorang akan bisa membuat peringkat artikel kita bisa terus naik.

 Dengan demikian peluang untuk masuk Page One akan semakin mudah.

4.Meta Deskripsi Membujuk

 Setelah judul,hal kedua yang akan di cari pengunjung yakni Meta Deskripsi.karena dengan membuat meta deskripsi yang membuat penasaran,pengunjung akan lebih tertarik di bandingkan dengan yang biasa-biasa saja.

 Meskipun deskripsi tidak mempengaruhi sebuah peringkat di mesin pencari.

Tapi,tidak ada salahnya untuk menggunakan meta deskripsi sebagai salah satu cara supaya orang mau membaca artikel kita.

 Dengan banyaknya orang yang mengklik judul kita maka peringkatnya akan semakin naik.meta deskripsi juga ambil bagian dalam hal ini.

Karena tidak semua orang menghiraukan meta deskripsi untuk memilih sebuah artikel.

5.Internal Link

 Internal Link adalah sebuah link di dalam artikel yang menuju artikel kita yang lain.

Jadi,Internal link akan memperbanyak Page View sekaligus menurunkan Bounce rate.

Apa itu Bounce rate?

 Bounce rate adalah seberapa lama orang berada di blog kita.

 Jadi,semakin lama orang berada di blog kita maka bounce rate yang di dapat akan semakin kecil.hal ini bagus untuk SEO


2.SEO Off Page

Cara Menerapkan SEO Pada Blog Untuk Meningkatkan Traffic



Selain teknik SEO On Page,SEO Off Page juga dapat menentukan peringkat sebuah blog.

Apa sebenarnya SEO Off  Page itu?

 SEO Off  Page adalah proses mengoptimalkan dari luar halaman situs anda dan mendapatkan link back ke situs anda.

 Dengan mendapatkan Link Back atau yang lebih di kenal Back Link maka akan semakin tinggi pula peringkat yang kita dapat.

Ada dua cara SEO Off Page yang saya ketahui untuk meningkatkan meningkatkan Traffic sebuah blog.

Cara tersebut Meliputi :
  • Backlink
  • Share
 Dengan melakukan kedua cara tersebut saya yakin,blog anda akan teroptimasi dengan baik dan akan mendapatkan traffic yang tinggi.

1.Backlink

 Para mastah mengatakan bahwa backlink adalah faktor terpenting untuk melakukan SEO.

Apa sebenarnya Backlink itu?

Backlink berasal dari dua kata yakni back yang artinya kembali dan link yang artinya alamat sebuah situs.

Jadi yang dimaksud backlink adalah tautan kembali ke situs kita dari blog orang lain.

Backlink yang tepat untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari adalah mencari backlink yang:

"Dari website yang memiliki reputasi yang bagus,masih dalam keadaan aktif dan tentunya ada ijin dari sang pemilik blog tersebut"

2.Share

 Di jaman yang serba modern tentunya banyak fasilitas-fasilitas yang bisa di gunakan untuk bisa mendapatkan banyak traffic ke blog.

 Salah satu untuk mendapatkan traffic yang tinggi adalah dengan men-share artikel yang telah di buat ke sosial media seperti :Facebook,Twitter,Google +,Situs Sosial Bookmarking dan masih banyak lagi.

 Setelah anda membuat sebuah artikel usahakan untuk share ke berbagai media sosial seperti contoh diatas.

 Usahakan anda harus akrab juga dengan teman-teman di sosial media agar terjalin hubungan yang erat supaya orang mau berkunjung ke blog kita.

 Jangan lupa untuk tidak men-share link saja tetapi usahakan dengan deskripsi dari artikel tersebut.

Atau usahakan judul dan link dari artikel supaya orang bisa tahu apa yang kita share.

Kesimpulan

 Inti atau isi dari artikel ini adalah bahwa SEO dapat di lakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang cukup lama.

 Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja,kita bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari.

 Sekian Artikel saya kali ini semoga bisa menjadi inspirasi dan bisa kamu dan selamat mencoba