√ Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Android Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Android
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Android

 Tentu kalian tahu bahwa setiap smartphone pasti mempunyai penyimpanan pada android dan kita juga sering menemukan masalah seperti storage penyimpanan penuh pada ponsel yang digunakan.

  Namun kebanyakan android jaman selarang ini sudah dibekali dengan performa dan spek gahar yang mempunyai kapasitas hingga 64 GB. Meski dengan spek yang mempuni namun penyimpanan pada android tetap saja dapat penuh sehingga kita terpaksa untuk menghapus sebagian data agar ruang kapasitas lebih kosong.

 Penyimpanan internal hampir penuh biasanya disebabkan karena kalian memasukan file berukuran besar ke dalam android tersebut, oleh karena itu proses transfer file menjadi lemot sehingga perlu pembersihan untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel kalian.

 Biasanya file berukuran besar yang membuat penyimpanan internal penuh terutama untuk hp dengan merek Samsung yang kadang kala muncul notifikasi untuk menghapus sebagain besar file yang berukuran besar. File yang hampir menyenyuh angka Gigabyte hanya membuat ponsel menjadi lambat karena dibutuhkan waktu lebih lama agar proses sistem berjalan dengan baik.

 Jika performa android menurun, alangkah baiknya kalian harus segera mengatasi hal tersebut karena dikhawatirkan dapat merusak penyimpanan pada ponsel yang nantinya dapat mengakibatkan ponsel rusak sehingga merugikan kalian. Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Penyebab Memori Penyimpanan Cepat Penuh

 Sebelum saya membahas cara mengatasi penyimpanan cepat penuh, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu penyebab dan akibat jika memori penyimpanan pada android baik itu internal maupun eksternal penuh. 

1.Terlalu banyak file khususnya yang berukuran hingga Gigabyte.
2.Kurang Pembersihan Cache pada ponsel
3.Lupa bahwa Penyimpanan sudah penuh
4.Banyak Aplikasi yang terinstall nalun tidak digunakan.
5.Usia Ponsel sudah tidak mendukung untuk menyimpan file besar

 Biasa lima hal tersebut yang sering menyebabkan penyimpanan penuh pada ponsel android. Selain dari itu tentu masih banyak hal lain yang menjadi penyebab ponsel lag karena terlalu banyak berkas.

 Jika ponsel memiliki ruang berkapasitas besar kalian jangan terlalu santai dan berpikir bahwa internal tidak akan penuh. Ini pemikiran yang kurang tepat sebab ada kalanya dimana penyimpanan penuh seiring dengan aktifitas yang sering dilakukan menggunakan ponsel tersebut.

 Para Vendor ponsel android sudah berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan notifikasi jika penyimpanan hampir penuh. Kira-kira seperti ini bunyi pemberitahuan tersebut "Memori penuh, kapasitas pada penyimpanan sistem tidak cukup. Hapus instalan pada beberapa aplikasi atau data lalu coba lagi".

 Dengan munculnya notifikasi seperti diatas menandakan bahwa penyimpanan pada ponsel mulai penuh sehingga kalian harus mengecek pada pengaturan atau langsung saja melakukan pembersihan agar ruang kosong dan ponsel dapat berjalan secara optimal tanpa harus terbebani dengan adanya file atau aplikasi yang menumpuk.

 Jika pada ponsel terdapat kartu SD, maka jangan lupa untuk tidak membuatnya penuh karena itu juga akan berdampak pada performa android yang dapat menyebabkan lemot atau lag sehingga ponsel cepat panas dan mudah rusak.

  Perlu kalian ketahui bahwa memori internal merupakan komponen paling penting dalam berjalannya sistem operasi, jika penuh bagaimana bisa berjalan dengan optimal? Untuk itu segera bersihkan memori penyimpanan agar ponsel tetap stabil dalam bekerja.

Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android


 Untuk memperbaiki memori yang cepat penuh ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan diantaranya :

1.Bersihkan File tidak Penting


 Coba kalian pikir buat apa terlalu banyak file di dalam memori internal? Menurut saya tidak ada gunanya sebab memori ini harusnya digunakan untuk sistem operasi dan aplikasi saja, untuk penyimpanan berkas bisa menggunakan SD Card agar ponsel tidak terbebani sehingga lebih ringan.

 Karena tidak penting, silahkan hapus beberapa file terutama yang berukuran besar agar ruang penyimpanan lebih optimal. Tidak ada salahnya bukan menghapus file yang tidak digunakan?

2.Bersihkan Cache yang Menumpuk


 Selain berkas, Cache juga merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Cache merupakan tumpukan data yang kurang penting sehingga tidak akan berpengaruh apa-apa jika dihapus. Untuk menghapus cache kalian bisa menggunakan fitur di dalam smartphone atau bisa juga menggunakan aplikasi seperti Clean Master dan sebagainya.

3.Uninstall aplikasi yang tidak digunakan


 Untuk meringankan penyimpanan pada android, kalian bisa menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Pilih aplikasi apa yang diperlukan dan yang tidak diperlukan silahkan uninstall saja daripada membuat memori internal penuh, benar bukan?

4.Pindahkan File ke Peyimpanan Online


 Kalian tahu Google Drive? Tentu tahu bukan karena di dalam android sudah tersedia fitur ini. Kegunaanya untuk apa? Selain untuk mendownload layanan milik Google ini bisa dijadikan penyimpanan online yang gratis, dengan daftar gmail maka kalian akan mendapatkan kapasitas 15 GB tanpa bayar alias gratis. Jika masih kurang bisa upgrade ke versi Premium.

5.Pindahkan Data Kedalam Komputer


 Selain memindahkan data ke online dan kartu SD kalian bisa mencoba menyimpan data pada perangkat lain seperti komputer, laptop, flashdisk, dan harddisk. Menurut pengalaman saya cara tersebut sangat ampuh untuk mengatasi penyimpanan yang tiba-tiba penuh pada android.

6.Format data penyimpanan


  Langkah terakhir yang bisa digunakan ialah dengan melakukan format data pada penyimpanan. Namun hal ini lebih beresiko ketimbang lima langkah diatas. Dengan cara ini memori internal penuh akan kosong kembali dan nampak seperti baru karena semua file, cache, aplikasi telah dihapus secara keseluruhan.

Untuk mengoptimalkan peyimpanan pada andoid memang di butuhkan beberapa langkah agar dapat bekerja dengan optimal. Untuk itu kita harus rajin menggunakan cara agar memori internal tidak penuh lagi yang sudah saya jabarkan.

 Demikian tips untuk mengatasi memori cepat penuh, semoga dapat membantu dan jika ada hal yang tidak dimengerti tentang penyimpanan hampir penuh silahkan masukan di dalam kolom komentar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.