1/19/2019

Cara menggunakan Google Maps Offline Tanpa Internet

Cara menggunakan Google Maps Offline Tanpa Internet

 Menggunakan Google Maps adalah salah satu langkah cerdas untuk mengetahui suatu arah atau lokasi tertentu. Aplikasi ini sangat berguna Jika kita ingin berkunjung ke suatu tempat.

 Menurut saya google Maps adalah aplikasi keren buatan Google, coba kalian ingat kembali Jika pada zaman dahulu kita harus membawa peta berbentuk kertas untuk menemukan suatu tempat, Namun di zaman yang serba modern ini kita hanya perlu membawa ponsel Android jika ingin menemukan lokasi tertentu.

Baca Juga : 6 Cara melacak hp android hilang, dicuri atau lupa naroh

 Kelebihannya adalah kita tidak usah takut tersesat karena sudah ada aplikasi penunjuk jalan. Google Maps pada Android tentu sangat membantu bukan? Untuk menggunakan fitur ini harus dalam keadaan online. Namun belakangan ini Google telah  mengumumkan bahwa para pengguna dapat menggunakan google maps secara offline.

 Dengan menggunakan google maps tanpa koneksi internet tentu ini sangat menguntungkan jika digunakan pada daerah pegunungan atau jika data paket internet habis. Bagaimana cara menggunakan google maps secara offline?

Cara menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet


 Jika ingin menggunakan google maps tanpa koneksi internet kalian harus melakukan download terlebih dahulu area lokasi pada peta yang akan di offline kan. 

 Selain itu untuk menikmati google maps secara offline kalian harus menggunakan versi terbaru karena untuk versi lama belum tersedia google maps tanpa koneksi internet jadi untuk itu silahkan upgrade terlebih dahulu di play store. Dan jika sudah, perhatikan langkah di bawah ini.

1.Pertama, buka aplikasi Google Maps

Cara Menggunakan Google Maps Offline

 Silahkan buka aplikasi google maps, informasi tambahan bahwa pengguna Android yang bisa menggunakan google maps tanpa internet.

Kedua, cari lokasi tujuan yang akan di gunakan secara offline

Cara Menggunakan Google Maps Offline

 Silahkan cari lokasi tujuan dan untuk menggunakan fitur ini kalian harus menggunakan internet terlebih dahulu.

Ketiga, silahkan download lokasi yang menjadi tujuan

Cara Menggunakan Google Maps Offline

 Google maps akan memperlihatkan informasi waktu untuk mencapai tujuan, selain itu akan ada informasi lainnya seperti perkiraan cuaca, foto-foto dan deskripsi mengenai tempat yang ingin dituju.

 Agar dapat menggunakan google maps secara offline kita harus mendownload terlebih dahulu lokasi yang diinginkan, caranya silahkan pilih opsi download dan tunggu hingga selesai.

 Kalian juga harus ingat bahwa semua informasi tersebut adalah bukan yang terbaru melainkan saat terakhir kali terkoneksi dengan internet. 

 Menggunakan fitur offline ini akan menghilangkan beberapa fitur utama seperti info lalu lintas, jalur alternatif dll. Batas penggunaan mode offline ini hanya berlangsung selama sebulan saja, jika lebih maka area yang telah di download akan otomatis terhapus.

 Alternatif yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan screenshoot, dengan begitu lokasi akan aman kecuali dihapus. 

Baca Juga : Aplikasi pencari judul lagu lewat suara di android

 Demikian tutorial menggunakan Google Maps secara offline, keunggulan aplikasi ini yaitu dapat menampilkan seluruh lokasi peta yang ada di dunia. Layanan google yang satu ini juga sangat pintar karena mampu mengetahui dan memprediksi jalur lalu lintas, tempat, waktu buka dan tutup, jadwal dan masih banyak lagi.


 Dengan menggunakan google maps secara offline atau tanpa koneksi internet data paket akan lebih hemat, selain itu tidak memerlukan proses berlebih sehingga baterai akan lebih hemat. Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan jika ada hal yang kurang dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar, terimkasih dan selamat beraktivitas.

Duniaawam.com merupakan Media Informasi terbaru, Tutorial android, Tips dan Trik, Teknologi terbaru, Informasi bisnis, Ide Usaha, Berita unik dan info wisata.