√ Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020 Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020
Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020

  Duniaawam.com - Pendaftaran bidikmisi biasa dilakukan oleh seorang calon mahasiswa, tujuannya untuk meringankan beban atau pembiayaan orang tua semasa kuliah. Karena biaya kuliah itu mahal jadi mendaftar bidikmisi merupakan langkah cerdas dan tepat karena uang dari dana pemerintah ini cukup lumayan jadi usahakan kalian harus mendapatkan program pemerintah ini.

 Sebelum masuk ke persyaratan pendaftaran bidikmisi, kalian harus tahu dulu bahwa Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan program ini secara resmi dari tahun 2010 untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik. Jadi, buat kalian yang berprestasi di bidang akademik alangkah baiknya mencoba program ini dan bagi kalian yang kurang berprestasi juga jangan berkecil hati coba saja siapa tahu dapat diterima sebagai siswa yang mendapatkan bantuan bidikmisi.

Baca juga : Kapan dana Bidikmisi tahun ini bisa cair?

 Program bidikmisi disalurkan oleh pemerintah melalui DIKTI dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan ekonomi dari seorang mahasiswa. Bidikmisi biasanya diberikan kepada mahasiswa untuk menempuh pendidikan dengan normal di seluruh perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Untuk satu mahasiswa biasanya bidikmisi diberikan selama 4 tahun untuk Sarjana (S1) dan 3 tahun untuk Diploma III (D3). Sangat membantu bukan? 
 Karena kalian sudah tahu tentang sistem bidikmisi, alangkah baiknya tahu juga persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana bantuan bidikmisi. Untuk memperjelas pembahasan kali ini admin duniaawam.com akan memberikan persiapan untuk mendapatkan bidikmisi. Syarat pendaftaran bidikmisi itu apa saja sih?

Syarat Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019


 Untuk mendapatkan dana bantuan bidikmisi dari pemerintah ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. seperti apa? langsung saja simak syarat pendaftaran bidikmisi berikut ini.

1.Merupakan siswa siswi SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019.
2.Lulusan siswa siswi tahun 2018 yang tadinya bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada saat menerima mahasiswa baru di setiap Perguruan Tinggi.
3.Usia maksimal untuk melakukan pendaftaran adalah 21 tahun.
4.Pendapatan kotor atau pendapatan gabungan dari para orangtua/wali (suami dan istri) dengan jumlah maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan. Atau bisa juga pendapatan kotor tersebut (gabungan orangtua/wali) dibagi dengan anggota keluarga yang ada sehingga jumlah maksimalnya Rp 750.000,00 setiap bulannya.
5.Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
6.Memiliki potensi akademik yang baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah.
7.Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
  • PTN dengan pilihan seleksi masuk : 
  1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 
  3. Seleksi Mandiri PTN 
  • Politeknik, UT, dan ISI 
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk
 Itulah syarat pendaftaran bidikmisi 2019/2020 yang harus kalian penuhi untuk menjadi peserta dana bidikmisi. Kalian dapat menggunakan informasi tersebut untuk mendapatkan bantuan pemerintah ini agar dapat meringankan beban kedua orang tua. Selain itu pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis, jadi kalian harus bisa memanfaatkan hal ini sebaik mungkin.

Baca juga : Info pencairan BIDIKMISI terbaru tahun ini

 Saya rasa syarat untuk mendapatkan bidikmisi tidak terlalu sulit, dan jika kalian sudah mendapatkan bidikmisi gunakan untuk keperluan pendidikan di perguruan tinggi dan kebutuhan hidup kalian saat masih kuliah. Semoga kalian segera mendapatkan program bidikmisi dan mudah-mudahan dapat membantu untuk melakukan proses pendaftaran bidikmisi secara online.