4 Cara Merawat Solder Agar Awet dan Tahan Lama

 Duniaawam.com - Cara merawat solder sudah menjadi hal umum jika ingin solder agar awet dan tahan lama. Banyak sekali permasalahan yang sering dihadapi oleh para teknisi seperti mata solder hitam dan kotor, mata solder terhalangi plastik, kelebihan energi pada solder dan masalah lain yang sagat menggangu. Untuk mengatasi hal tersebut maka admin Duniaawam akan membahas cara merawat solder dengan baik agar hasil saat menyolder alat elektronik bisa maksimal. 

 Masalah yang sering dihadapi oleh para teknisi biasanya berada pada bagian mata solder, bagian ini cukup sensitif sehingga harus mengetaui terlebih dahulu cara menggunakan dan merawat solder agar awet dengan baik dan benar. Karena permasalahan ini cukup penting silahkan simak artikel ini sampai selesai.


 Bukan hanya hitam dan kotor, masalah lain yang sering dihadapi oleh para teknisi karena kurangnya perawatan pada solder adalah timah tidak mau menempel karena panas dari mata solder tidak merata yang menyebabkan solder tidak dapat berkerja dengan optimal. 

 Cara mudah mengatasi solder hitam adalah dengan membeli mata solder yang baru, tapi bagaimana jika solder bermasalah ketika sangat dibutuhkan dan sedang dalam keadaan darurat? Tentu sangat merugikan. Hal ini juga akan menghambat pekerjaan dan sebaiknya kalian mengetahui cara menjaga mata solder. 

Baca juga : Cara Mengatasi Warna TV yang Dominan Hijau dengan Mudah!

 Untuk itu cara merawat solder agar awet sangat penting untuk diketahui ,bila mana kita sedang dalam keadaan darurat ,solder bisa digunakan. Akan tetapi para teknisi jaman sekarang biasa mengabaikan tips merawat solder karena kebanyakan dari mereka malas untuk membersihkan mata solder dan merawat solder yang digunakan, padahal ini sangat penting untuk menunjang segala pekerjaan yang mereka lakukan dalam dunia elektronik.

Cara merawat solder agar tidak berkarat


 Mata solder adalah salah satu bagian solder yang digunakan untuk mengantarkan panas dengan baik. Mata solder terbuat dari timah yang dilapisi dengan lapisan tipis dari besi untuk menjaga mata solder dari gangguan. Mata solder bermasalah umunya tidak bisa mengantarkan panas secara merata dan tidak akan bekerja optimal jika digunakan untuk menyolder alat elektronik. Untuk itu kalian harus pintar merawat mata solder.

 Merawat solder memang tidak semudah yang dibayangkan, Study kasus yang biasa ditemukan adalah jika kita terjebak dalam keadaan terdesak harus menggunakan solder, masih untung jika kita punya stok solder dan bisa melanjutkan pekerjaan tanpa hambatan apapun, jika tidak ada sama sekali bakal repot sendiri dan bingung untuk melanjutkan pekerjaan karena solder rusak tidak dirawat, bagaimana cara merawat solder yang baik dan benar? Silahkan perhatikan rangkaian tips agar solder awet berikut ini. 

Jangan membersihkan mata solder dengan bahan yang keras 


 Solder berkualitas biasanya terdapat lapisan pelindung mengkilap yang melapisi bagian mata solder, lapsisan ini berguna sebagai pelindung dan membuat mata solder lebih awet. Cara membersihkan mata solder yang benar dibutuhkan perhatian lebih karena tidak boleh menggunakan pembersih berbahan keras seperti pisau, besi ataupun gunting untuk membersihkan mata solder kotor karena jika menggunakan benda seperti itu lapisan ini akan menipis kemudian menghilangkan lapisan pelindung dari mata solder yang nantinya membuat mata solder cepat rusak . 

Jangan gunakan solder untuk mencongkel 


 Cara merawat solder yang benar adalah dengan tidak menggunakan solder sebagai alat untuk mencongkel. Kesalahan seperti ini biasa digunakan oleh para teknisi awam yang belum paham tentang dunia elektronik. Kebiasaan menggunakan mata solder untuk mencongkel sesuatu yang agak susah diangkat ketika menyolder, sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan karena memiliki resiko yang cukup tinggi yang nantinya solder rusak dan harus ganti yang baru. 

Jangan gunakan solder pada bahan plastik 


 Selain itu ada juga kasus dimana para teknisi sering menggunakan solder untuk melubangi benda yang terbuat dari plastik, memang memudahkan tetapi hal ini hanya akan membuat mata solder menjadi tertutup oleh lelehan plastik dan akan terus menempel yang nantinya akan menyebabkan panas pada mata solder tidak merata sehingga solder tidak dapat digunakan. 

Jangan gunakan solder sampai terlalu panas 


 Tips cara merawat solder terakhir adalah dengan tidak menggunakan solder sampai terlalu panas, karena hanya akan membuat solder menjadi tidak stabil dan akan membuat mata solder hitam dan kotor. Sebaiknya jangan sampai seperti itu, tapi jika sudah terlanjur terjadi maka coba beli pasta solder agar mata solder tidak kotor, atau jika ingin menghemat biaya bisa menggunakan kain katun yang dibasahi dengan air untuk membersihkan mata solder yang kotor. 

 Itulah cara merawat solder dengan baik dan benar agar awet dan tidak mudah berkarat. Banyak masalah yang ditimbulkan oleh solder seperti yang sudah disebutkan dalam pembahasan diatas, tapi dengan cara mewarat mata solder kalian bisa hemat waktu, tenaga dan biaya karena tidak perlu membeli perlengkapan lain untuk melindungi solder atau membeli solder baru.

Baca juga : Cara Merawat Mata Soder agar Awet

 Penutup, cara merawat solder agar awet dan tahan lama sangat mudah, tapi tergantung dari cara pemakaian dan perawatan mesin penghantar listrik ini, jika mampu merawat solder dengan baik maka bisa tahan karatan dan awet. Jadi kalian tidak usah menggantinya dengan yang baru dan gunakan tips merawat solder diatas supaya solder tetap awet dan tahan lama, selamat mencoba.