5 Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

 Limited access wifi adalah masalah yang sering dialami oleh para pengguna wifi. Kenapa wifi selalu limited access padahal koneksi internet lancar jaya? Pada postingan ini akan dijelaskan secara lengkap cara mengatasi wifi limited access di laptop atau komputer agar dapat terhubung ke jaringan internet. Wifi kok limited access?

 Mengapa wifi limited access. Problem seperti ini biasanya terjadi karena wifi tersebut sudah di setting ke mode personal atau jika menggunakan wifi umum terkena bandwith (batas pemakaian pengguna). Jaringan wifi limited access tidak bisa digunakan untuk kegiatan online seperti menggunakan sosial media, browsing, streaming dan aktivitas lain yang berhubungan dengan internet. 

 Dulu, pada waktu smp kelas 7 saya punya merk laptop Asus, karena belum terlalu mahir alhasil saya bingung kenapa wifi bisa limited access dan tidak bisa koneksi ke jaringan wifi. Padahal, waktu itu hanya saya seorang yang ingin menggunakan wifi tersebut. Mencoba untuk melihat bandwith yang tersedia ternyata masih banyak. asus laptop wifi limited access ini menjadi misteri dan tidak tahu apa-apa waktu itu. Pikiran kacau dan kebanyakan mengatah kepada bagaimana cara mengatasi tidak bisa connect wifi limited access?

Cara mengatasi jaringan wifi limited access


 Bagaimana jika wifi limited access? tentu kalian terpaksa menggunkan mode offline, dan jika bisa gunakan smartphone android untuk mencari berbagai tutorial mengenai cara connect wifi limited access. Sebenarnya, tidak perlu terlalu jauh karena DA sudah menyiapkan cara membuka wifi kena limited access.

5 Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

 Penyebab koneksi wifi limited access. Jika ada tulisan unidentified network maka wifi biasanya terkena limited access dan ditandai dengan tanda seru (!) pada bagian jaringan. lihat contoh gambar diatas. Artinya laptop belum terkoneksi internet karena error atau ip adress dari wifi tidak dapat ditemukan oleh laptop atau komputer. Bagaimana cara fix wifi limited access?

1.Untuk mengatasi wifi limited access silahkan restart laptop


 Cara pertama yang bisa dilakukan jika kalian mengalami wifi bermasalah adalah dengan melakukan restart sistem kemudian coba hubungkan kembali apakah wifi dapat tersambung atau tidak. Pada umumnya, cara ini work dan sering digunakan tapi kadang kala ada juga laptop yang masih susah untuk terhubung ke jaringan wifi oleh karena itu ikuti panduan berikutnya.

2.Connect wifi limited access dengan melakukan setting Ip Adress



 Kedua, untuk menghilangkan wifi limited access terus, kalian bisa mengubah ip adress di laptop. Tujuannya adalah agar komputer tahu ip adress jaringan wifi. Dengan begitu mereka akan mendeteksi alamat sesungguhnya dari wifi tersebut. Cara mengubah ip adress sebenarnya sangat mudah, yaitu:

1.Klik ikon wifi di sebelah pojok kanan
2.Pilih open Network and Sharing Center lalu pilih Change Adapter Setting.
3.Kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection dan pilih Properties.
4.Setelah itu,pilih Internet Connection Version 4 (TCP/IP4).
5.Pada tab general,silahkan pilih Obtain and IP Address Automatically dan Obtain and DNS Server Automatically
6.Klik Ok.

 Jika sudah melakukan pengaturan diatas, silahkan restart laptop seperti pada langkah pertama.

3.Cara mengatasi wifi limited access windows 10


5 Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

 Umumnya permasalahan wifi limited access bukan hanya terjadi pada windows 7 dan 8 saja, tapi sudah merambat ke windows 10. Namun karena sekarang ini kebanyakan menggunakan versi terbaru maka silahkan lihat langkah berikut ini.

1.Pertama silahkan bukan Control Panel, masuk ke menu All Control Panel Items, dan buka System. 2.Selanjutnya pilih Device Manager.
3.Setelah terbuka pilih Network Adapters dan pilih nama koneksi wifi yang digunakan. 
4.Klik kanan dan pilih Update Driver Software dan pilih menu ''Browse my computer for driver software''.
5.Langkah selanjutnya adalah dengan memilih tulisan ''Let me pick from a list of device drivers on my computer'' dan klik browse dan pilih Have Disk, coba semua list yang tersedia disana.

4.Wifi router limited access


 Masalah wifi tidak dapat tersambung karena limited bisa disebabkan karena router pada setting laptop. Langkah ini lumayan work dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana.

1.Silakan masuk ke Control Panel
2.Kemudian Pilih Network and Internet
3.Setelah itu klik Network and Sharing Center dan pilih Change Adapter Setting
4.Setelah melakukan langkah tersebut, akan muncul beberapa adapter, kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection
5.Pilih Disable dan silahkan tunggu beberapa menit
6.Setelah berhasil di disable, maka klik kanan lagi dan pilih Enable agar hidup kembali
7.Terakhir coba hubungkan kembali dengan wifi yang limited access

5.Atasi masalah limited acces dengan restart router/wifi


 Cara paling mudah selain melakukan restart komputer adalah dengan melakukan restart router. Router disini adalah wifi yang kalian gunakan. Gunakan cara ini jika menemukan kendala jaringan internet. Coba diamkan beberapa saat sebelum di hidupkan kembali, tujuannya agar wifi kembali normal dan dapat bekerja dengan normal.

 Itulah cara mengatasi wifi limited access di laptop agar dapat terhubung ke jaringan internet. Kasus yang sering terjadi biasanya karena laptop atau wifi tersebut mengalami error sehingga perlu tindakan agar kembali berjalan dengan normal. Mengatasi limited wifi access diatas tergolong mudah dan yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan restart laptop agar bisa terhubung ke jaringan.

 Demikian pambahasan mengenai masalah Limited Wi-Fi Access dari DA, semoga apa yang sudah disampaikan dapat diikuti dengan baik agar bisa memulihkan wifi yang sebelumya tidak dapat terhubung ke jaringan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada keluarga, teman, sahabat dan pacar kalian agar mereka tidak kesusahaan saat menghadapi masalah koneksi wifi di laptop.