2/04/2019

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Terus Menerus

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Terus Menerus

Tags

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Terus Menerus

 Kira-kira komputer sering mati sendiri kenapa ya? Banyak sekali pengguna komputer yang sering mengalami masalah komputer auto restart. Tentu hal ini sangat me Jika komputer mendadak restart sendiri tentu sangat menyebalkan dan kita tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik, malahan kita harus mengulang kembali apa yang sudah kita kerjakan dan kadang kala jika menggunakan flashdisk harus di copot terlebih dahulu kemudian di colokan kembali.

Baca juga : Cara mengatasi Flahsdisk tidak terbaca di komputer

 Dulu admin pernah mengalami komputer mati sendiri dan hidup lagi, pada waktu itu sedang mengerjakan tugas Visual Basic, karena masih awam dan susah untuk mengulang kembali karena komputer reboot otomatis admin kecewa sekali dengan keadaan komputer pada waktu itu. kenapa komputer restart terus menerus? Pertanyaan dalam kepala yang saat itu belum terjawab.

 Bagi kalian yang mengalami hal yang sama, jangan panik dan langkah baik cari tahu apa penyebab komputer restart sendiri dan bagaimana cara mengatasinya. Silahkan simak baik-baik.

Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya


 Banyak sekali sumber yang mengatakan bahwa gejala komputer sering restart sendiri merupakan hal biasa dan tidak usah di khawatirkan. Namun, setelah di teliti lebih lanjut komputer bisa restart sendiri itu bukan hal biasa dan bisa menjadi masalah yang serius.

 Jika komputer kadang restart sendiri sekali atau dua kali mungkin itu adalah hal biasa, tapi bagaimana jika pc restart sendiri berualng ulang? Ini gawat dan harus segera diatasi, Tapi sebelum itu DA akan membahas terlebih dahulu penyebabnya.

1.Penyebab komputer restart sendiri karena processor kepanasan


 Seperti yang kalian ketahui bahwa processor adalah inti atau otak dari komputer. Bayangkan saja bagaimana jika otak kalian penat dan pusing, pasti ingin segera tidur bukan. Hal ini juga berlaku terhadap komputer dimana jika mereka sudah lelah jangan dipaksakan untuk terus bekerja. Untuk itu istirahatkan komputer, dan silahkan baca cara mengetahui komputer overheat berikut ini.

  • Pertama, silahkan cek keadaan temperature komputer melalui menu Hardware Monitor yang ada pada BIOS.
  • Kedua, coba pakai program monitoring temperatur, contohnya CPUID Hardware Monitor untuk mengecek suhu komputer.
  • Ketiga, kalian bisa langsung cek dengan membuka casing CPU dan lihat bagian Pendingin (Cooler) Processor.

2.Penyebab komputer restart sendiri karena VGA rusak


 Selain Processor, salah satu bagian penting yang harus di jaga adalah VGA. komponen ini berfungi untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Jika VGA rusak otomatis tampilan gambar pada layar monitor akan terganggu dan dapat menyebabkan komputer lebih memilih untuk merestart sistem agar pengguna dapat memeriksa VGA.

 Biasanya, jika VGA rusak adalah karena kipas (fan) diatasnya rusak atau penuh dengan debu yang menghambat kinerja VGA. Untuk itu kalian harus rajin cek bagian ini agar selalu bersih dan komputer dapat bekerja dengan optimal.

3.Penyebab komputer restart sendiri karena RAM rusak


Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Terus Menerus

Selain Processor dan VGA masih ada satu komponen penting yang harus diperhatikan, RAM. Random access memory yang kotor dan banyak debu dapat menyebabkan komputer mati sendiri. Hal ini mungkin yang paling sering terjadi karena RAM tidak punya penjaga seperti processor dan VGA oleh karena itu komponen ini harus lebih diperhatikan dan di bersihkan dengan benar.

Itu merupakan penyebab kenapa komputer berulang kali restart sendiri dan untuk mencegah kerusakan kalian juga harus tahu cara menangani komputer restart sendiri, dan berikut ini langkah yang harus diperhatikan.

Cara mengatasi komputer yang restart sendiri


 Jika ingin mengatasi komputer dan laptop yang restart sendiri, usahakan kalian sudah paham apa penyebab diatas, dan lanjut baca untuk mengatasi masalah tersebut.

 Faktor komputer sering restart memang banyak, tapi admin akan bawa satu contoh saja, misalnya karena processor kepanasan. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa cek apakah pasta pendingin pada processor masih ada atau tidak, jika sudah habis karena suhu panas silahkan ganti di toko komputer terdekat. Pasta pada bagian atas processor sangat penting sebab merupakan pendingin jika processor mulai panas.

 Selain itu jika komputer overheat dan minta restart, bisa juga dengan membeli kipas khusus yang ada di toko komputer. Kipas akan membantu mendinginkan suhu processor dan jangan lupa untuk tidak menjalankan aplikasi secara berlebihan karena akan menghambat kinerja dan ditakutkan terjadi error sistem.

 Jika semua cara telah dilakukan dan komputer masih mengalami kendala tersebut ada baiknya cek ke ahli komputer atau tempat service komputer terdekat yang ada di wilayahmu untuk mengatasi komputer restart sendiri. Tapi, masih ada satu hal lagi yang harus diperhatikan.

Cara mengatasi komputer restart sendiri karena virus


 Selain karena komponen hardware, komputer yang sering mengalami hal seperti ini bisa terjadi karena faktor dalam salah satunya virus. Seperti yang kalian ketahui bahwa sekarang ini banyak kejahatan dari dunia maya, Dengan berbagai kejadian sudah terbukti bahwa virus dapat menyebabkan komputer rusak.

 Virus penyebab komputer restart sendiri adalah Trojan berbahaya yang dapat membuat komputer mati. untuk mengatasi virus yang bikin komputer restart sendiri adalah dengan memasang antivirus terbaik dan scan secara berkala agar virus tidak bisa masuk ke dalam komputer.

Itulah berbagai cara yang dapat dilakukan jika komputer restart sendiri, Bersihkan dan rawat dengan baik agar komputer tidak restart sendiri. Perawatan yang dilakukan secara berkala akan membuat komputer awet dan tahan lama.

Baca juga : 7 Tips Merawat Komputer dengan baik dan benar

 Demikian cara mengatasi komputer yang restart terus semoga apa yang admin sampaikan dapat bermanfaat dan jangan lupa share kepada keluarga, kerabat, kawan dan pacar kalian agar mereka tahu cara mengatasi komputer ngerestart sendiri, jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar, terimakasih.

Seorang pemula yang senang menulis dalam dunia Bloging. Mari bangun bangsa ini dengan penuh informasi berkualitas!