6 Pola Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari

 Duniaawam.com - Pola hidup sehat adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan dapat beraktivitas. Mempunyai tubuh sehat akan membuat kita tetap positif dan menjalani segala aktivitas dengan semangat. Namun, dengan perkembangan jaman yang semakin pesat membuat kita lupa untuk menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan.

 Kesehatan adalah hal yang paling penting di dalam hidup manusia, pola hidup sehat merupakan kunci panjang umur dan bagia. Buat apa punya banyak uang jika kita tidak hidup sehat dan mengidap banyak penyakit. Dengan hidup sehat, kita bisa menjalani aktivitas atau keseharian kita dengan normal tanpa adanya keluhan.

 Menjaga kesehatan bukanlah hal yang mahal dan hanya bisa dibeli dengan uang, seperti pepatah mengatakan "kesehatan bukanlah sesuatu yang dapat kita beli, melainkan kesehatan bisa menjadi tabungan yang sangat berharga".

 Artinya, kesehatan merupakan hal yang sangat berharga. Bisa juga diartikan sebagai tabungan dari perilaku dan kebiasaan yang dilakukan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu pola hidup sehat sehari hari sangat penting untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur.

Pengertian pola hidup sehat dan faktor pendukungnya


 Pola hidup sehat adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukand dengan olahraga, makan teratur, dan tidur teratur. apakah hanya itu saja? tentu tidak, masih banyak untuk menjaga diri agar tetap sehat.

 Faktor pendukung pola hidup sehat adalah dengan kesadaran diri sendiri dan dapat menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Untuk mendukung hidup sehat memang susah biasanya orang lebih tertarik untuk :

1.Ngemil secara berlebihan


 Masalah yang sering dialami oleh manusia adalah sulit untuk berhenti ngemil. Ngemil sudah menjadi hoby khususnya bagi kaum perempuan, benar bukan. Makan terlalu berlebihan aakan menjadi bumerang untuk menjalani pola hidup sehat, bagaimana mau hidup sehat jika makan saja susah diatur?

2.Malas gerak


 Setelah makan banyak tentu kita akan malas gerak. Hal ini memang wajar tapi ingat ada dampak negatif yang akan kalian rasakan. Dengan minim gerak otot tubuh akan terasa kaku dan menyebabkan aliran darah tidak stabil. Daripada tidak ada aktivitas sama sekali mending olahraga, bersih-bersih rumah dan sebagainya untuk menjaga tubuh tetap sehat.

3.Begadang


 Ngaku siapa yang tidak suka begadang? Kebanyakan orang tentu sering begadang baik itu main game, menulis laporan, menulis artikel, dan sebagainya. Tapi apakah kalian mendapatkan manfaat dari begadang. Manfaat yang bisa di petik dari begadang memang ada mungkin hanya satu dua saja, apakah sebanding dengan dampak yang akan kalian rasakan?

 Tentu tidak. Ketika seusai gadang orang akan merasa pusing dan mata akan terasa berat dan berdampak pada kegiatan kita pada esok hari. Selain itu, penyakit akan mudah datang jika kalian terus saja begadang. apakah ini yang disebut pola hidup sehat?

4.Jarang Olahraga


 Olahraga merupakan hal penting yang harus di lakukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Dengan berolahraga tubuh akan terasa segar dan fress untuk menjalani berbagai aktivitas. Namun, karena malas karena terlalu banyak ngemil dan begadang orang malas untuk berolahraga. Padahal jika di telaah lebih dalam olahraga sangat penting untuk kehidupan.

Pola hidup sehat itu seperti apa?


 Pola hidup sehat yang baik adalah dilakukan setiap hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagia penyakit. Untuk menjalani kehidupan sehat sebenarnya tidak sulit dan sangat mudah jika di jalani daripada dipikirkan. Benar, selama ini yang membuat kita susah untuk mejalani hidup sehat itu adalah midset dan rasa malas terhadap hidup bersih dan sehat. Pola hidup sehat apa saja?

 Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan tubuh. Namun agar hidup sehat itu dibutuhkan komitmen agar menjadi hobi dan aktivitas dalam kehidupan. Tetap konsisten menjaga kebiasaan baik dan hal positif akan memberikan dampak bagus terhadap kesehatan. Lantas, bagaimana cara menjalni pola hidup sehat itu?

 Untuk memberikan arahan kepada kalian, admin akan memberikan beberapa tips pola hidup sehat sederhana untuk menjalani hidup sehat dan menjaga kesehatan tubuh.

Tips Pola Hidup Sehat Sederhana yang Alami agar awet muda


 Pola hidup sehat memang dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan vit untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk itu berikut ini adalah pola hidup sehat yang baik dan benar untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

1.Evaluasi Diri Kamu Terlebih Dahulu


 Kamu bisa memulai pola hidup sehat dengan evaluasi terhadap diri sendiri. Misalnya dengan mendata makanan, apakah makanan tersebut higenis dan sehat untuk dimakan atau tidak, Istirahat yang cukup dan melakukan aktivitas seperti nonton TV atau main komputer secukupnya dan jika dirasa kurang berolahraga maka silahkan olahraga minimal 2 kali dalam satu minggu.

 Masih banyak hal yang harus di evaluasi terlebih dahulu apa yang kurang dan harus di penuhi agar pola hidup sehat menyangkut aturan untuk mencapai kesehatan terjaga dengan baik.

2.Pintar Dalam memilah dan Memilih Makanan


 Pola hidup sehat dengan cara memilih makanan tepat akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit. Hal yang perlu di perhatikan adalah makanan sehari-hari yang kalian makan. Apakah makan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh atau hanya sebatas keinginan saja.

 Daripada ngemil berlebihan lebih baik utamakan terlebih dahulu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya sayuran dan daging yang mengadung protein untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan makanan 4 sehat 5 sempurna.

 Dimana makanan tersebut harus mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan disempurnakan dengan susu. Memakan makanan kecil diantara waktu makan juga sangat dianjurkan para ahli karena membantu proses metabolisme didalam tubuh.

3.Olahraga yang Cukup Minimal 75 Menit Dalam Seminggu


 Pola hidup sehat dengan olahraga akan meningkatkan kesehatan tubuh. Seperti yang tadi saya katakan bahwa olahraga minimal 2 kali dalam seminggu atau lebih tepatnya 75 menit dalam seminggu sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat.

 Dengan makanan yang sehat dan teratur disertai olahraga yang cukup merupakan salah satu pola hidup sehat jauh dari penyakit. Tidak perlu melakukan olahraga berat, Mulai dengan olahraga ringan secara perlahan dan mulai beranjak ke olahraga berat.

 Jika malas, usahakan olahraga jogging atau jalan santai. Bisa juga dengan memilih olahraga kesukaan, dengan bagitu peluang ingin berolahraga semakin besar dan akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

4.Perhatikan Asupan Mineral Dalam Tubuh Terpenuhi dengan Baik


 Pola hidup sehat dengan cara memperhatikan asupan air akan membuat tubuh menjadi sehat. Air merupakan komponen penting dalam tubuh. Karena hampir semua zat yang ada didalam tubuh kita adalah air.

 Untuk itu menurut dokter manusia perlu setidaknya meminum 7-10 gelas air per hari. Jangan lupa pilihlah air putih karena air ini sangat banyak manfaatnya salah satunya untuk menghilangkan kotoran didalam tubuh dan membantu pikiran kita tetap fokus.

5.Istirahat yang Cukup Agar Badan Terasa Fresh


 Pola hidup sehat menurut ilmu kesehatan adalah dengan istirahat yang cukup. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan karena jika tidak tubuh kita akan lemas, gagal fokus dan gampang terserang penyakit.

 Pastikan jam tidur terpenuhi dengan cara membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama.Karena orang Indonesia sering begadang usahakan mengurangi hal negatif ini terutama bagi kaum muda kurangi dan berikan istirahat pada otak serta tubuh agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan.

Baca juga : 5 Obat Apotik Nyeri Sendi yang terbukti Manjur dan Berkhasiat

 Tidak hanya dengan tidur, Mengistirahatkan tubuh tidak harus tidur lelap, dengan cara tidur-tiduran sambil mendengarkan musik itu juga sudah cukup untuk memberikan energi kepada tubuh agar tetap fress. Selain di dalam kamar, bisa juga istirahat ditempat-tempat yang tenang, udaranya sejuk dan membuat kita merasa rileks dan nyaman beristirahat.

6.Pola hidup sehat tanpa merokok


 Merokok merupakan hal sudah melekat pada tubuh dan susah untuk di pisahkan. Tanpa rokok biasanya manusia hambar serasa tanpa ada semangat dalam hidup. Sebenarnya jika kita tidak merokok akan terhindar dari penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan berbagai penyakit lain yang membahayakan tubuh.

 Daripada merokok, gunakan uang dengan seefesien mungkin semisal bisnis yang akan mendatangkan keuntungan, baca artikel berikut.

Baca juga : Peluang Usaha 

 Hal paling dasar jika ingin menjalankan pola hidup sehat adalah dengan kesadaran sendiri. Silahkan baca penjelasan diatas untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Buang rasa malas dan gunakan waktu dengan sebaik mungkin agar tubuh terjaga dan sehat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga kalian bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Daripada harus mengeluarkan dana besar dikemudian hari untuk mendapatkan sehat lebih baik dimulai dari sekarang. Dokter juga berpendpat bahwa pola hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan, sekian dan jika berkenan silahkan share postingan ini kepada banyak orang, terimakasih.