Tiga Unsur Utama Desa menurut R. Bintarto
3 Unsur Utama Desa menurut R. Bintarto

  Duniaawam.com - Unsur utama desa adalah elemen penting yang harus diketahui. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris berkembang, artinya penduduk Indonesia banyak yang tinggal di pedesaan dengan aktivitas sebagai petani, berkebun, bercocok tanam karena memiliki lahan yang luas serta tanah yang sangat subur.

Baca juga : Pengertian Pantun Berbalas Beserta Contoh

 Sementara itu kampung atau desa menurut R. Bintarto. merupakan perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dengan lingkungannya. Beliau bukan hanya berpendapat tentang pengertian desa tapi ada unsur-unsur desa menurut bintarto yaitu penduduk, wilayah dan kehidupan. Tapi sebelum kita membahas lebih dalam unsur-unsur desa lebih baik kita ketahui terlebih dahulu pengertian unsur desa.

Pengertian Unsur-unsur Desa


 Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa unsur-unsur desa adalah segala sesuatu yang harus ada dan terdapat di dalam sebuah desa atau kampung baik itu secara de facto maupun de jure. Tiga unsur utama pembentukan desa menurut r. bintarto adalah sebagai berikut.

1.Penduduk sebagai unsur utama pembentuk desa


 Unsur utama desa yang pertama dalah Penduduk, Dimana desa tentu sangat berkaitan erat dengan penduduk dan biasanya meliputi jumlah penduduk yang ada,kepadatan penduduk,
pertumbuhan penduduk di desa tersebut, tingkat kematian dan kelahiran, persebaran penduduk dan mata pencaharian umum untuk penduduk desa setempat.

 Pernahkah kalian berkungjung ke sebuah desa? Biasanya jumlah penduduk lebih sedikit dibandingkan dengan luas wilayah yang ada, artinya kepadatan penduduk di suatu desa terbilang kecil.

Baca juga : Cara Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA dengan mudah tanpa ribet!

 Hal ini biasanya terjadi karena akses ke suatu desa sangat sulit dan lapangan pekerjaan juga terbatas maka orang akan memilih kota sebagai tempat singgah karena akses jalan cukup mudah dan terdapat banyak mata pencaharian. Didalam sebuah desa biasanya penduduk memiliki ruang lingkup kecil dan dihuni oleh penduduk yang memiliki hubungan keluarga.

2.Daerah sebagai unsur utama pembentuk desa


 Unsur utama desa yang biasanya memiliki lokasi atau letak luas wilayah, batas-batas wilayah serta mempunyai lahan produktif maupun tidak produktif beserta dengan pemanfaatannya. Desa biasanya dipandang rendah karena terletak dipedalaman dan jauh dari perkotaan, selain itu sangat erat dengan tradisi yang ada. Wilayah desa umumnya masih memiliki udara yang sejuk karena banyak pepohonan dan jarang ada bangunan dan teknologi modern. 

3.Kehidupan dan norma sebagai unsur utama pembentuk desa


 Unsur utama desa yang mempunyai kaitan dengan kehidupan penduduk dan kelakukan adalah pola kemasyarakatan atau pergaulan di daerah setempat, adat isitiadat serta mempunyai ikatan kekeluargaan yang erat yang menyangkut kehidupan masyarakat setempat.

 Di desa hubungan kekeluargaan masih sangat erat sehingga masyarakat dapat saling mengenal dan berinteraksi antar sesama. Hal ini terlihat dari hidup bergotong royong yang mampu meningkatkan kerja sama dan kepentingan bersama dari pada prbadi. Hubungan erat seperti ini biasa kita kenal dengan istilah paguyuban atau gemeinschaft.

 Desa dan kota umumnya merupakan dua hal yang sama karena sama-sama merupakan tempat tinggal dan bekembangnya para penduduk. Namun karena perbedaan perkembangan yang sangat pesat membuat kota lebih maju dari pada desa. Hal ini tentunya tidak telepas dari keinginan dan kemampuan yang tinggal ditempat tersebut.

Baca juga : Cara Cepat dan Mudah Mengerjakan Soal Aljabar Fungsi

 Itulah unsur-unsur desa yang perlu kalian ketahui. Diatas telah admin jelaskan secara rinci unsur utama terbentuknya desa jadi jika ada yang bertanya tentang unsur utama desa biasa kalian jawab dengan mudah. Sekian yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini semoga bisa menambah ilmu dan jangan lupa share kepada semua orang, terimakasih.