Cara Membuat Hotspot Wifi di Komputer - Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya wifi. Saat ini wifi banyak digunakan sebagai salah satu alternatif jika kita tidak mempunyai kuota untuk mengakses internet. Banyak orang menggunakan wifi sebagai media untuk mengakses internet karena selain cepat tentunya tidak memerlukan kuota jadi kita bisa hemat uang. Pada era seperti sekarang ini tentu koneksi wifi mudah ditemukan dimana saja.

 Tempat umum seperti Mall, Warung Kopi, Sekolah, Warnet, Minimarket, Restoran, Kampus, Taman Kota sudah menyediakan wifi umum untuk keperluan masyarakat. Wifi adalah jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel. Namun wifi hampir sama dengan menggunakan kabel LAN, Untuk menjadi sebuah wifi kabel tersebut diubah ke dalam jaringan radio yang dapat mengantarkan jaringan dengan cepat.

 Cakupan wifi diperkirakan dapat sampai pada radius 20-100 meter. Untuk dapat menggunakan wifi harus ada alat yang memancarkan sinyal Wifi dan untuk menggunakan wifi sudah tersedia di dalam laptop atau smartphone yang kalian gunakan. Tentu kalian sudah tidak asing dengan penjelasan tersebut. Tapi pernahkah terlintas dalam benak kalian bahwa penerima jaringan bisa memancarkan sinyal wifi?

 Bagi yang sering bergaul dengan internet tentu sudah tahu. Sebagai pengguna kita bisa kembali memancarkan sinyal yang telah diakses yang biasanya dinamakan hotspot wifi. Dengan menggunakan fitur ini kita dapat berbagai wifi ke perangkat lain dari wifi utama. Biasanya orang melakukan teknik ini ketika tersambung ke wifi umum seperti wifi.id karena cakupan sinyal yang luas dan kecepatan diatas rata-rata. Bagaimana cara menjadikan perangkat kita sebagai media untuk hotspot wifi?

Cara Membuat Hotspot Wifi di Komputer atau Laptop


 Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat hotspot wifi dari komputer ke perangkat lain. Media untuk memberikan sinyal koneksi ini hanya bisa digunakan lewat laptop dan untuk smartphone saya belum pernah mencobanya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan hotspot wifi di komputer salah satunya dengan menggunakan CMD (Commad Prompt) atau bisa juga dengan menggunakan software tambahan.

 Apa yang harus saya lakukan jika ingin membuat jaringan hotspot sendiri di komputer atau laptop? Untuk menjawab pertanyaan kalian saya akan memberikan cara membuat komputer/laptop menjadi hostpot wifi dengan mudah. Untuk menggunakan cara ini komputer harus terhubung terlebih dahulu dengan koneksi internet agar bisa berbagai dengan perangkat lainnya.

Cara Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi dengan Command Prompt

 Cara untuk bisa menjadikan komputer sebagai wifi adalah dengan menggunakan Commad Prompt. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membuat wifi terhubung dengan perangkat lain dengan mudah. Selain itu kalian juga tidak perlu repot untuk mendownload aplikasi seperti wifi hostspot, hotspot shield dan semacamnya

 Untuk lebih jelasnya saya akan memberitahu bagaimana cara menjadikan komputer sebagai wifi tanpa bantuan software apapun. Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa kamu coba untuk menjadikan koneksi wifi di komputer.

1.Silahkan buka Command Prompt dengan cara pilih Start kemudian cari CMD (Command Prompt)
2.Pastikan komputer kamu support atau tidak untuk melakukan cara ini,silahkan cek seperti yang berikut ini :
Ketik "netsh wlan show drivers" pada kotak Command Prompt


3.Bila support silahkan kamu setting nama yang akan di gunakan dan tentu saja password yang akan digunakan.
Ketik : "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namawifi key=passwordnya "


4.Nyalakan wifi yang sudah kamu setting dengan cara sebagai berikut :
ketik "netsh wlan start hostednetwork"


5.Selesai.

 Cara membuat koneksi wifi dengan cmd sudah dijelaskan secara rinci lengkap dengan gambar. Bila tidak berhasil kemungkinan besar dalam komputer belum di hidupkan fitur share yang ada di control panel. Caranya adalah sebagai berikut ini.

  • Buka Control Panel >Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter
  • Klik kanan pada nama koneksi hotspot yang telah kamu setting
  • Klik properties >Sharing > centang semuanya

Sebenarnya ada satu cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan fitur share yaitu dengan cara berikut ini :

  • Buka Notepad
  • Ketik " netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namawifi key=passwordnya"
  • dan "netsh wlan start hostednetwork "
  • Simpan dengan nama file : " host.bat "



 Jika kamu ingin mulai menggunakannya tinggal klik dua kali dan apabila kamu ingin menghentikannya tinggal buka Command Prompt dan ketikan kode berikut ini :
Ketik perintah : " netsh wlan stop hostednetwork "
Atau kalian juga bisa membuka notepad dan memasukkan kode berikut ini :
Ketik kode : " netsh wlan stop hostednetwork "
Save dengan format " .bat "

 Langkah diatas merupakan cara simple dan mudah untuk menghidupkan wifi hotspot di komputer, namun memang pengerjaannya harus dilakukan dengan manual dan bagi yang belum terbiasa pasti akan merasa terbebani dengan cara diatas. Namun semua bisa diatasi jika laptop atau komputer sudah menggunakan windows 10 karena kita tinggal mengatur saja seperti hal nya menghidupkan hotspot di smartphone.

Cara Menghidupkan Hotspot Wifi di Windows 10

 Windows 10 sudah banyak digunakan oleh masyarakat termasuk saya sendiri sudah menggunakan windows terbaru. Kebetulan sekali karena saya membutuhkan koneksi internet pada smartphone jadi menggunakan windows 10 untuk membuat hotspot wifi. Bagaimana cara untuk membagikan wifi di windows terbaru ini? silahkan simak.

1.Silahkan buka Pengaturan atau Setting pada windows 10.
2.Dalam kotak pencarian silahkan ketik "Hotspot" maka akan muncul menu ''Change Mobile Hotspot Settings''. Jika sudah muncul silahkan buka.
3.Setelah itu akan ada menu "Share my Internet Connection with Other Device", untuk membuat hostpot menyala silahkan klik On pada menu tersebut.
4.Sudah selesai.

 Untuk mengetahui apakah jaringan wifi kita sudah memakai password atau belum kita bisa lihat menu dibawahnya akan ada beserta Username wifi yang kita hidupkan. Untuk mengatur hotspot tersebut silahkan klik "Edit" dan jika sudah kembali saja dan cek wifi hotspot sudah hidup atau belum.

Membuat Hostpot Wifi dengan UC Browser

 Selain membuat wifi hotspot dengan cmd dan pengaturan pada windows 10 ternyata kita bisa memanfaatkan fitur yang diberikan oleh UC Browser. Dengan menggunakan browser ini kita bisa berbagi koneksi kepada perangkat lain tanpa ribet sambil berselancar di dunia internet. Untuk langkahnya silahkan simak.

1.Instal tersebih dahulu aplikasi UC Browser pada komputer jika belum punya. Bagi yang sudah ada silahkan buka.
2.Perhatikan pada pojok kanan atas ada gambar wifi, untuk menghidupkannya silahkan klik dan pilih ''On''.
3.Disana kalian juga bisa sambil mengganti Username dan Password hotspot wifi.

 Itulah cara membuat hotspot wifi di komputer dengan mudah dan tidak ribet. Dari berbagai cara yang bisa digunakan saya lebih memilih menghidupkan hotspot di windows 10 karena praktis dan mudah dalam mengatur Username dan Password. Semua cara tersebut sudah saya praktikan sendri dan hasinyalnya work perangkat lain dapat terhubung ke komputer dan mengakses internet.

 Kuat tidaknya suatu sinyal wifi tergantung dari spesifikasi dari komputer itu sendiri. Jadi kalian harus melakukan percobaan sampai mana sinyal wifi tersebut dapat dipancarkan karena jika tidak dalam cakupan maka perangkat tidak bisa terhubung dengan hotspot yang sudah kita buat. Jangan lupa juga untuk memberikan password pada wifi yang telah dihidupkan karena ditakutkan orang lain dapat menggunakan wifi tersebut secara bebas.

 Demikian artikel saya kali ini yang membahas cara membuat hotspot di PC atau laptop. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatur atau menghidupkan hotspot wifi agar bisa digunakan oleh berbagai perangkat lainnya. Jangan lupa share tutorial ini kepada banyak orang sehingga dapat bermanfaat, terimakasih.