Cara Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau

 Duniaawam.com - Bagaimana cara mengatasi tv mesin wcom warna dominan hijau? Kerusakan warna TV dominan hijau biasanya sering terjadi pada penikmat acara televisi. Biasanya kejadian seperti ini disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian televisi yang berhubungan dengan warna. Kerusakan seperti ini memang sudah umum dan kalian tidak perlu panik jika menemukan semua layar tv menjadi hijau.

Baca juga : Cara Memilih AC Bekas yang bagus dan berkualitas

 Untuk membantu kalian dalam memperbaiki tv yang dominan hijau ada beberapa komponen yang wajib di cek dan biasanya terjadi di bagian Mesin RGB, Tabung Televisi dan IC Roma, 3 bagian tersebut biasanya yang menjadi penyebab kerusakan warna TV. Jika sudah di cek dan ada komponen yang ternyata menjadi masalah utama maka wajib mengatasinya.

Cara Memperbaiki TV Berwarna Hijau


 Langkah yang bisa diambil adalah dengan melakukan penyolderan pada komponen yang bermasalah. Melakukan penyolderan ulang pada IC roma dan Mesin RGB disertai dengan pengukuran pada katoda dan mengukur komponen satu persatu pada bagian ini adalah langkah mudah untuk memperbaiki warna tv yang bermasalah.

Menyolder Ulang Pada IC Roma dan Mesin RGB

 Pertama kalian bisa melakukan solder ulang pada komponen IC Roma dan RGB dengan tujuan agar gambar pada tv tidak blank. Saya sendiri pernah melihat penyolderan yang tidak sempurna sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut. Panasaran dengan hal tersebut akhirnya saya terpacu untuk memperbaiki TV rusak dengan menyolder ulang bagian RGB dan hasilnya televisi berjalan dengan normal tanpa ada gangguan warna.

Baca juga : 5 Tips Memilih Solder Berkualitas Tinggi!

Mengukur Tegangan yang ada pada Setiap Katoda

 Langkah kedua yang bisa dilakukan jika menyolder ulang bagian RGB dan IC Roma TV kurang work adalah dengan mengukur tegangan yang ada pada setiap Katoda. Lakukan pengecekan dan ukur setiap tegangan pada Katoda R, G dan B.

 Pada saat sedang mengukur tegangan yang ada dan menemukan ada salah satu bagian katoda yang kurang dari 125 v misalnya 75 v silahkan ukur satu persatu komponen yang ada pada mesin RGB. Pengukuran biasanya silakukan dibagian resistor yang mempunyai jalur sama dengan katoda yang bermasalah. Biasanya pada bagian ini rawan terjadi kerusakan yang mengakibatkan TV rusak dominan hijau.

Mengukur Tegangan pada Bagian IC Roma

 Selanjutnya jika cara diatas masih belum memberikan pertanda tv kembali normal atau warna tv belum kembali normal kalian bisa ukur pin IC Roma atau kaki basis transistor penguat. Normalnya tegangan yang ada pada IC Roma adalah sebesar 4VDC yang nantinya akan memberikan penguat pada transistor yang ada pada Mesin RGB.

 Jika tegangan tidak muncul pada pin IC Roma tersebut maka biasanya ada IC Roma tersebut sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Namun jika masih terdapat tegangan silahkan ukur tegangan IC Roma tersebut apakah sudah sampai ke kaki basis transistor penguat atau belum. Jika ternyata belum sampai kemungkinan besar adalah IC tersebut sudah rusak.

Baca juga : Cara mudah Membuat Solder dan Mata Solder tetap Awet

 Untuk memastikan apakah rusak atau tidak lakukan pengukuran di sekitar komponen IC Roma dan Komponen Transistor Penguat yang terdapat di Mesin RGB secara berulang jadi tidak satu kali cek. Karena biasanya yang menyebabkan warna TV rusak terdapat pada bagian Transistor Penguat.

Menggunakan Alat Tembak Tabung

 Semua langkah diatas sudah dilakukan namun tv tidak kembali normal? Ada kalanya bisa disebabkan karena tabung TV sudah rusak. Untuk memperbaikinya bisa menggunakan alat tembak tabung, dengan menggunakan alat ini bisanya tabung bisa saja kembali normal dan warna tv tidak hijau dan kembali normal.

 Alat Tembak Tabung ini bisa kalian dapatkan di toko elektonik terdekat atau bisa pesan di medsos atau di toko online. Namun untuk menghindari adanya kualitas barang yang tidak sesuai lebih baik beli di toko yang sudah ada dan terpercaya meski beda harga dengan toko online.

Baca juga : 4 Cara Merawat Solder agar awet dan tahan lama

 Itulah ulasan mengenai cara mengatasi warna tv dominan hijau yang sudah saya bagikan dan semoga bisa memperbaiki tv yang rusak. Selain itu kalian juga bisa membaca tips memilih ac bekas agar tidak tertipu saat membeli barang tersebut.

 Beberapa langkah diatas saya rasa sudah cukup untuk mengembalikan warna tv agar normal kembali. Namun jika tidak berhasil kalian bisa menanyakan kepada yang lebih ahli untuk menngatasi warna tv blank hijau, disini saya hanya memberikan informasi saja dan reverensi buat kalian, terimakasih.