Cara Menghemat Kuota Instagram yang Boros

 Duniaawam.com - Cara menghemat kuota instagram menjadi topik yang saat ini paling banyak dibahas media masa. Hal ini karena Instagram boros kuota sehingga meresahkan para pengguna saat menggunakan aplikasi instagram.

  Seperti yang kita ketahui bersama bahwa instagram adalah media soial yang berbagi layanan foto dan video yang saat ini banyak digunakan terutama oleh anak milleneal, penggunanya bahkan bisa sampai ribuan hingga jutaan orang di seluruh dunia.

 Dengan menggunakan IG kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berkomunikasi, promosi, jual beli, mencari hiburan atau untuk mencari ketenaran. Oleh karena itu manusia diperbudak oleh medsos ini dan kadang kala sampai lupa waktu hingga paket data menjadi boros.

Baca juga : Cara Hemat Kuota Saat Streaming di Joox

 Instagram memang menjadi jejaring sosial yang boros kuota,hal ini karena Instagram merupakan media sosial yang berbasis multimedia alias hanya terdapat foto dan video saja. Apakah kalian tahu yang menyebabkan instagram boros kuota?

Penyebab Instagram Boros Kuota

 Tidak jauh berbeda dengan Youtube, saat menggunakan instagram juga hampir demikian. Saat kita streaming di Youtube tentu akan menghabiskan banyak kuota bukan? Hal ini juga berlaku di Instagram, dimana saat kita menggunakannya maka foto atau video yang ada akan update secara otomatis dan hal ini yang menyebabkan paket data internet jadi boros.

 Sosmed lain yang memiliki jumlah pengguna yang hampir sama seperti Facebook, Twitter, WhatsApp atau Line bisa saya katakan tidak terlalu boros kuota dikarenakan tidak mengunduh foto dan video otomatis seperti yang terjadi pada Instagram. Paket data tidak akan tersedot sebelum kita membuka atau memutar video maupun foto yang ada.

 Selain mencari sesuatu atau meilhat beranda pada saat kita membuka fitur live story atau tayangan langsung ternyata juga dapat membuat Instagram semakin boros kuota, Saya juga pernah mengalami hal seperti ini.

Kronologi Paket Habis karena Instagram

 Kuota habis karena Instagram tentu sangat menjengkelkan, apalagi bagi kalian yang mempunyai kuota terbatas. Saya juga sempat mengalami hal seperti ini, dimana saat itu hanya ada kuota sedikit dan selang beberapa menit setelah saya membuka "IG" kuota langsung lenyap tanpa tersisa sedikitpun. Padahal cuma melihat beranda dan melihat update publik saja.

Baca juga : Cara mendapatkan centang biru di instagram untuk kebutuhan bisnis

 Untuk mengatasi masalah tersebut saya mencoba untuk mencari cara menghemat kuota instagram di dalam Google. Langkah demi langkah saya ikuti dan pada akhirnya kuota bisa tetap hemat saat menggunakan Instagram walau ada beberapa fitur yang dimatikan. Bagaimana cara hemat kuota internet saat buka Instagram?

 Cara menghemat kuota Instagram yang saya gunakan tidak terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan mudah. Cara ini tentu sudah saya praktikan sendiri dan berdasarkan pengalaman saya pribadi.

 Dalam internet banyak tips menghemat kuota instagram, dan kali ini admin duniaawam.com akan berbagai 2 cara untuk membatasi kuota Instagram agar kuota lebih hemat dan kamu juga akan nyaman saat menggunakan Instagram tanpa takut kehabisan kuota.

Tips Menghemat Kuota di Instagram Mudah dan Terbukti Ampuh

Menggunakan Fitur Hemat Data

 Cara ini paling ampuh menurut saya untuk mencegah boros data paket saat menggunakan Instagram,hanya saja kekurangannya adalah saat melihat foto atau video tidak akan begitu jelas.untuk menggunkaannya silahkan ikuti langkah berikut ini.

1.Pertama buka aplikasi Instagram, lalu pilih Opsi dan klik Pengaturan


2.Setelah itu pilih opsi Penggunaan Data Seluler


3.Kemudian pilih opsi Gunakan lebih sedikit data


4.Kita kembali lagi ke pengaturan, pilih kualitas unggahan dan kemudian pilih opsi dasar.


Kemudian Uncheck menu simpan foto asli dan simpan video setelah mengirim

Mematikan Notifikasi dari Instagram

 Notifikasi yang bekerja di latar belakang hanya akan membuat data seluler dan baterai cepat habis,untuk itu akan lebih baik jika kita mematikan pemberitahuan atau notifikasi Instagram dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1.Pergi ke profil IG
2.Pilih menu Options
3.Kemudian pilih Push Notification Setting
4.Selanjutnya matikan dengan memilih Off

 Demikianlah cara irit kuota saat menggunakan Instagram, Setelah saya memakai cara main instagram irit kuota diatas, ternyata data jauh lebih hemat dan tidak boros. Namun saat menggunakan beberapa cara tersebut nampak ada perbedaan yang mencolok. Biasanya, saat menggunakan instagram saya dapat melihat kualitas gambar yang lebih mantap namun setelah di matikan kualitas gambar jadi agak buram karena di compress.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Tidak bisa Masuk Google Play Store

 Jika ada kurang dipahami silahkan tanyakan dikolom komentar dan jangan lupa share karena berbagi itu indah dan berikan penilaian atau apresiasi kalian tentang artikel saya kali ini yang membahas Cara Hemat Kuota Instagram yang Boros. Jangan lupa baca juga cara mengirim file di Facebook Messenger dengan mudah.