Info Pencairan Dana Bidikmisi 2019

 Duniaawam.com - Pencairan dana bidikmisi menjadi hal yang paling ditunggu oleh setiap mahasiswa yang berhak mendapatkannya. Perubahan regulasi baik itu dari pemerintah pusat atau Universitas menjadi alasan kuat mengapa sering terjadi keterlambatan pencairan dana bidikmisi. Bagi sebagian mahasiswa tentu ini sangat merugikan mengingat dana tersebut digunakan untuk kehidupan sehari hari.

 Terus terjadinya perubahan sistem dalam mencairkan bidikmisi membuat kita pusing tujuh keliling. Jika sistem dulu pencairan diadakan setiap tiga bulan sekali atau 2 kali dalam satu semester, berbanding terbalik dengan sekrang ini yakni hanya sekali dalam satu semester. Membingungkan bukan?

 Hingga kini kapan pencairan dana bidikmisi masih menjadi misteri seperti mahluk halus tidak nampak sama sekali. Padahal seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat kebutuhan hidup semakin sulit terpenuhi. Tagihan Uang Kos, Uang Semester, Biaya Buku, Print Materi kuliah, Fotocopy Mata Pelajaran membuat kita harus terus memutar otak agar semua kebutuhan tercukupi tanpa terlalu mengandalkan pencairan bidikmisi.

Baca juga : Syarat untuk mendapatkan dana bantuan bidikmisi

 Berbagai usaha telah dilakukan salah satunya mencari info perkembangan proses pencairan dengan mengandalkan Google. Selain menggunakan mesin pencari kita juga bisa mengecek atm dan berharap ada keajaiban. Melihat kondisi seperti ini tentu sangat ironis karena saya juga sering merasakan demikian. Bahkan diantara teman saya ada yang menayakan berapa lama proses pencairan dana bidikmisi karena sudah pusing dan membutuhkan dana.

  Sebelum saya membahas pencairan dana beasiswa bidikmisi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sistem pencairan dana bidikmisi supaya mendapatkan info lebih lanjut dalam mendapatkan dana bantuan ini. Infromasi ini saya dapatkan dari Web Resmi Bidkmisi tentang penerimaan dana sehingga sudah akurat dengan kenyataan yang ada. Dalam artikel lainnya juga sudah dibahas mengenai hal ini silahkan simak.

1.PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
2.Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
3.KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kementerian keuangan)
4.Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Baca juga : Kapan dana bidikmisi 2019/2020 cair? Silahkan baca ya

 Selain dengan mengandalkan informasi tersebut ternya kita juga bisa mendapatkan info perkembangan pencairan dana dengan menggunakan sipbesar ristekdikti. Mungkin diantara kalian da yang tahu apa itu sipbesar ? dan apa itu sipbesar ristekdikti ?

 Sipbesar merupakan sebuah sistem pencairan yang telah disempurnakan oleh pemerintah dengan mengandalkan proses online yang dapat diakses oleh semua mahasiswa berhak menerima dana pencairan bidikmisi : http://sipbesar.ristekdikti.go.id/ 

 Untuk memudahkan kalian berikut ini saya berikan cara melihat pencairan bidikmisi terbaru dengan mudah.Syarat untuk menggunakan cara ini adalah adanya beberapa informasi yang bisa digunakan untuk mengakses info di dalamnya.

1.Silahkan cari terlebih dahulu universitas kamu di kolom yang tersedia.

Cara melihat pencairan dana Bidikmisi dengan mudah

2.Setelah mengisi nama Universitas silahkan isi Nomor Induk Mahasiswa beserta dengan No Rekening Bidikmisi.

Cara melihat pencairan dana Bidikmisi dengan mudah

3.Tinggal klik tombol "Lihat Perkembangan Pencairan".

 Cara melihat pencairan dana bidikmisi diatas adalah yang biasa saya gunakan guna mendapatkan perkembangan dana dari pemerintah ini. Langkah diatas sebenarnya cukup mudah dilakukan dan kalian tinggal menyiapkan beberapa informasi saja. Masih ada cara lain untuk mendapatkan info pencairan namun saya rasa ini juga sudah cukup untuk melihat info pencairan dana bidikmisi.

Baca juga : Cara melihat perkembangan pencairan dana bidikmisi dengan mudah

 Demikian info pencairan dana bidikmisi 2019 yang bisa saya sampaikan kepada rekan semua. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan karena saya masih belajar, jangan lupa juga share artikel ini kepada banyak orang sehingga mereka juga tahu akan adanya informasi jadwal pencairan dana bidikmisi, terimakasih.