Perbedaan Softsub dan Hardsub

 Duniaawam.com - Bagusan softsub atau hardsub? Bagi yang belum mengetahui perbedaan softsub dan hardsub tentu tidak tahu mana yang bagus dan mana yang jelek. Softsub hardsub sudah sering ditemukan ketika kita menonton anime dan film dalam komputer atau smartphone android. Kedua format video ini sering membingungkan dan banyak orang yang tertukar dalam mengartikannya.

Apa itu softsub dan hardsub?

 Hardsub dan softsub adalah dua tipe subtitle yang biasa digunakan dalam sebuah film yang biasa kita tonton. Subtitle merupakan media bantu berupa tulisan dan bisa kita baca saat menonton film bahasa asing atau bahasan yang tidak kita kenali sehingga membantu dalam memahami suatu percakapan dalam film yang sedang ditonton.

 Perlu diketahui juga bahwa softsub hardsub beda karena kedua tipe subtitle ini saling bertentangan. untuk mengetahui apa perbedaan softsub dan hardsub saya akan memberikan cara membedakan softsub dan hardsub supaya kalian lebih memahami perbedaan softsub dengan hardsub. 

 Sebelum kita mengetahui perbedaan dua tipe subtitle ini ada baiknya membaca terlebih dahulu apa yang dimaksud softsub dan hardsub. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel ini sampai selesai beserta penjelasan lain mengenai kedua format subtitle ini.

Pengertian Softsub dan Hardsub

1.Softsub

 Softsub adalah subtitle berupa teks yang terpisah dari frame video atau terpisah dari bagian video sehingga untuk menggunakan subtitle ini kita harus memasukannya ke dalam video. Jenis softsub sangat terkenal karena mudah dalam proses pembuatan dan jika di edit juga tidak susah. Jika mendownload film plus dengan subtitle pasti kalian akan menemukan .srt atau .ass, itu adalah format yang digunakan oleh softsub.

 Internal Sub

 Internal sub adalah file subtitle yang sudah menjadi satu dengan file video namun masih bisa di edit kembali jika ada kesalahan sub. Sebenarnya ini hampir mirip dengan hardsub namun internal sub ini sebenarnya bukan menyatu dengan video melainkan sengaja dijadikan satu dengan file video dengan menggunakan software tambahan seperti MKVMerge atau software lainnya.

External Sub

 Jika internal sub berada di dalam sementara itu external sub adalah file subtitle yang terpisah dengan frame video, jadi berada diluar. Dengan menggunakan jenis ini kalian bisa dengan bebas untuk memilih berbagai macam subtitle sesuka hati karena mudah digunakan dan di download dari situs penyedia subtitle seperti Subscane dan lainnya.

2.Hardsub

 Hardsub adalah subtitle berupa teks yang sudah menjadi satu dengan frame video yang otomatis tampil dan tidak bisa di edit seperti halnya softsub. Namun hardsub memiliki ciri khas yakni terdapat efek warna, transisi dan huruf yang kompleks atau saling berhubungan dan memiliki ketergantungan.

Perbedaan Softsub dan Hardsub

 Jadi perbedaan diantara keduanya terletak pada jenis file yang digunakan. Jika softsub masih bisa di edit kembali walau sudah ada yang menempel dalam video sementara hardsub itu adalah file subtitle yang menempel dan sudah permanen sehingga tidak bisa di edit kembali.

Baca juga : Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik dan Ringan Untuk PC

 Jika dalam logika tentu kita lebih enak menggunakan softsub karena bisa di lakukan pengeditan kembali jika ada sub yang kurang pas atau klop dengan video atau film tersebut. Jadi yang bertanya soal lebih bagus softsub atau hardsub lebih baik menggunakan softsub karena lebih banyak keunggulannya.

 Itulah perbedaan softsub dan hardsubs yang saya ketahui dan masih banyak pendapat lain yang bisa mendefinisikan ke dua jenis subtitle ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian dalam memahami bedanya softsub dan hardsub. Kemudian yang pernah bertanya kepada saya apa perbedaan softsub dengan hardsub semoga saja dapat terjawab. Sekian dulu, terimakasih banyak telah mampir.