Cara Mengetahui Waktu untuk Memeriksa Kesehatan Gigi
Cara Mengetahui Waktu untuk Memeriksa Kesehatan Gigi

 Cara Mengetahui Waktu untuk Memeriksa Kesehatan Gigi - Kapan waktu yang tepat periksa kesehatan gigi? Menjaga kesehatan gigi adalah pencegahan terbaik jika tidak ingin gigi bolong atau sakit. Hingga saat ini masih banyak orang yang lupa merawat gigi karena terlalu sibuk dengan urusan lain seperti bekerja, shopping dan hal lain. Namun jika terus menerus demikian tanpa memperhatikan kerusakan pada gigi maka saat tua kalian akan merasakan nyeri, ngilu dan berbagai macam gejala sakit gigi lainnya.

Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan gigi ialah dengan memeriksa gigi secara rutin ke Dokter spesialis gigi. Tapi karena padatnya jadwal dan beberap aktvitas yang dijalani membuat kita tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk memeriksa gigi ke dokter. Sebenarnya kapan sih kita bisa memeriksakan gigi ke dokter?

Waktu Tepat Memeriksa Gigi


  Memeriksa gigi tentu harus ada aturan yang berlaku dan tidak sewenang wenang kita bisa memeriksakan gigi ke dokter gigi. Bagi yang belum tahu jika kalian ingin memeriksakan gigi ke dokter alangkah baiknya dilakukan selama 6 Bulan sekali. Kenapa harus 6 bulan, kenapa tidak menunggu satu tahun atau dua tahun untuk memeriksakan gigi?

 Ternyata menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa saat setelah enam bulan akan ada endapan keras di sekitar gigi atau yang biasa disebut dengan karang gigi. Perlu diketahui juga bahwa karang gigi jika tidak ditangani atau dibersihkan dapat membentuk jaringan karang yang lebih besar dan menyebabkan gusi bengkak bahkan bisa juga sampai berdarah.

 Selain itu ternyata karang ini dapat menyebabkan gigi mudah goyang karena karang tersebut telah membuka penopang jaringan gigi. Jika tidak mau ada karang sebaiknya memeriksakan gigi maksimal 6 bulan sekali dan lebih cepat lebih bagus namun jangan terlalu cepat karena untuk memeriksa gigi juga cukup mahal.

Bagaimana Cara yang Baik untuk Memeriksa Gigi ke Dokter?


 Pertama kalian akan dipersilahkan untuk duduk terlebih dahulu oleh dokter spealis. Kemudian dokter akan memeriksa bagian mulut dengan menggunakan alat khusus berupa kaca mulut beserta dengan sonde. Setelah seluruh bagian gigi diperiksa maka dokter akan tahu kerusakan apa saja yang ditimbulkan oleh pasien.


Kebanyakan orang mengalami gigi berlubang atau ada karang gigi yang melekat dan ada juga beberapa kelainan seperti adanya impaksi serta gigi yang kurang rapi. Bisanya saat gigi berlubang dokter akan memberikan beberapa solusi yang bisa dipilih oleh pasien seperti menyarankan untuk menambal gigi berlubang dan Mencabut gigi berlubang. Sebelum itu berikut adalah beberapa gelaja yang mungkin saja terjadi :

1.Gigi Berlubang
2.Karang Gigi
3.Gigi yang mengalami erupsi pertumbuhan
4.Gigi Goyang
5.Gusi Bengkak

 Beberapa kelainan gigi yang ada dalam mulut diatas merupakan gelaja umum sehingga banyak orang yang mengalaminya. Namun masih banyak gejala lain seperti sisa akar gigi, gigi ngilu, gigi berjejal dan beberapa penyakit lain yang sering timbul akibat sakit gigi.

Saran yang Diberikan Dokter Gigi kepada Pasien


 Setelah memeriksa bagian mulut pasien dokter akan memberikan beberapa saran yang bisa dpilih oleh penderita penyakit gigi. Biasanya dokter gigi hanya menyarankan dan keputusan mutlak tentu berada di tangan kalian sendiri, dan berikut adalah saran yang bisa dipilih.

1.Gigi berlubang

 Jika mengalami gigi berlubang dan sakit saat makan maka sebaiknya menambal gigi tersebut supaya lebih rapi dan tidak sakit lagi.

2.Karang Gigi

 Dari berbagai kasus yang ditemukan banyak orang mengalami kerusakan gigi akibat karang yang terus membesar. Hal ini tentu kurang tahunya waktu memeriksa gigi karena terlalu sibuk dengan urusan yang lain. Untuk mengatasi karang sebaiknya dilakukan pembersihan karang gigi atau yang biasa disebut dengan Scalling.

3.Gigi yang Mengalami Erupsi

 Saat gigi mengalami erupsi alangkah baiknya dilakukan pencabutan gigi.

4.Gigi Goyang

 Saat mengalami gigi goyang sebaiknya dilakukan pencabutan atau disebut dengan Splinting yang artinya cara untuk mempertahankan gigi giyang dengan menggunakan bantuan alat.

5.Gusi Bengkak

 Saat gusi bengkak tentu tidak akan nyaman bukan? Penyebabnya sudah saya jelaskan dan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan melakukan pembersihan karang supaya gusi bisa normal kembali tanpa adanya benjolan.

 Beberapa saran diatas sering dan bahkan pasti dilakukan seorang dokter gigi setelah memeriksa keadaan gigi pada mulut pasien.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Diperiksa oleh Dokter Gigi?


 Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap gigi alangkah baiknya mengikuti saran dari dokter gigi agar gigi kembali sehat dan tidak sakit lagi. Menuruti saran dokter lebih manjur daripada kita inisiatif sendiri karena mereka sudah ahli dan tahu solusi untuk mengatasi masalah sakit gigi.

 Untuk mencegah adanya sakit gigi lebih baik kita biasakan saja memeriksa gigi ke dokter secara rutin agar keadaan gigi terkontrol dengan baik. Memeriksakan gigi tidak harus ke klinik swasta nyatanya semua sama dan kita bisa memanfaatkan layanan puskesmas karena gratis jadi lebih hemat uang,