√ Jenis Jenis Pasar Bebas di Dunia Lengkap! Jenis Jenis Pasar Bebas di Dunia Lengkap!

Jenis Jenis Pasar Bebas di Dunia Lengkap!

Jenis Jenis Pasar Bebas yang ada di Dunia
Jenis Jenis Pasar Bebas yang ada di Dunia

 Kita akan mencoba mengenal jenis jenis pasar bebas di dunia, Sebuah pasar tentu sudah tidak asing dan sering kita kunjungi manakala ingin berbelanja baik itu sayuran, baju, buah-buahan, sembako dan lainnya. Sebenarnya apa sih pengertian pasar bebas?

 Pasar Bebas adalah sebuah pasar dimana seluruh keputusan ekonomi dan individu yang berhubungan dengan uang, barang atau jasa dilakukan secara sukarela. Pasar bebas juga bisa diartikan sebagai pasar yang bebas dari diskriminasi pemerintah terhadap kegiatan ekspor atau impor.

 Tujuan pasar bebas adalah meningkatkan kreativitas dan tata ekonomi individu. Sebuah pasar bebas harus memiliki kesepakatan bersama yang  tentunya sudah disetujui oleh negara-negara yang ikut serta dalam pasar bebas yang dibuat. Untuk memperkaya ilmu berikut ini adalah beberapa macam pasar bebas yang harus kalian ketahui.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

 Seperti judulnya MEA adalah pasar yang beroperasi khusus dibagian Asia tenggara yang dibentuk pada tahun 2015. MEA merupakan pasar dimana negara-negara asean siap menjual barang ke seluruh anggota pasar tana dikenakan tarif atau bea cukai. Selain menjual barang ternyata jasa juga bisa dijual dalam MEA karena hal tersebut maka akan banyak pekerja dari luar negeri yang siap melayani orang pribumi.

 Dalam MEA ternyata para anggota juga bisa mendirikan pasar tunggal sehingga kompetisi diantara anggota akan semakin meningkat. Terutama bagi Indonesia sendiri MEA membuka peluang yang menjanjikan namun bisa juga menjadi bumerang jika tidak bisa memaksimalkan peluang yang ada. Tantangan akan semakin meningkat karena banyak sekali barang-barang dari Indonesia yang masih belum bisa bersaing dengan baik di luar negeri. Usama Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sasaran paling tepat sebab tiga aspek tersebut bisa menjadi benteng yang kokoh dalam memenangkan pesaingan dengan negara lain dalam MEA.

ASEAN Free Trade Area (AFTA)

 AFTA adalah sebuah pasar hasil kesepakatan dari negara-negara di ASEAN yang bertujuan untuk membentuk kawasan perdagangan yang bebas agar meningkatnya daya saing ekonomi di kawasan atau wilayah ASEAN. Pada tahun 1992 saat Konferensi Tingkat Tinggi (KKT) ASEAN ke IV yang dilaksanakan di Singapura ternyata telah dibentuk sebuah oraganisasi AFTA. Dengan adanya ASEAN Free Trade Area menjadi peluang yang menjadi harapan basis produksi dunia dengan menciptakan pasar regional untuk 500 juta penduduk ang ada di ASEAN.


Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

 APEC adalah salah satu organisasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan ekonomi dan kesejahtraan negara-negara di kawasan ASIA Pasifik. Hingga saat ini ternyata sudah ada 21 anggota dalam APEC yang berasal dari Asia dan Pasifik. APEC ternyata mempunyai peranan cukup vital untuk perekonomian Indonesia yang semakin hari semakin menurun yakni meningkatkan kerjasama dengan para anggota APEC dan meningkatkan sara Investasi untuk kemajuan bangsa.

Uni Eropa

 Uni Eropa adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 28 negara di Eropa. Uni Eropa sendiri ternyata bukan sebuah negara federal atau sebuah organisasi internasional melainkan badan otonom daripada keduanya. Artinya negara-negara dalam Uni Eropa bebas mencampurkan kedaulatan untuk memperoleh hal yang lebih besar jadi tiap-tiap neraga akan berdaulat. Uni eropa memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk menyingkirkan hambatan keluar masuk barang dari negara anggota sehingga dapat meningkatkan perekonomian para anggotanya.
Lebih baru Lebih lama