--> Skip to main content

Makna Lagu YAMKO RAMBE YAMKO (Lagu Daerah Papua yang Fenomenal)

Makna Lagu Yamko Rambe Yamko - Hai semuanya, kembali lagi bersama Admin ARTI LAGU DUNIA disini. Kali ini, saya akan coba mengulas sebuah Lagu Daerah asal Irian Jaya (Provinsi Papua), yang termasuk Lagu adat mereka, yakni Makna Lagu Yamko Rambe Yamko.

Ini adalah artikel pertama saya di blog ini, yang membahas soal makna lagu daerah / nasional. Kedepannya, blog ini juga akan diisi dengan ulasan-ulasan lagu daerah dari seluruh Nusantara satu per satu, dan dibarengi dengan ulasan mengenai lagu mancanegara juga tentunya.

Pencipta Lagu Yamko Rambe Yamko bernama Dr.Yusuf hartono,M.SC. Menurut info yang saya dapat dari internet, Beliau berasal dari Papua. Lagu ini menjadi sangat fenomenal di Nusantara mengingat makna yang terkandung di dalamnya sangat dalam.

Makna Lagu Yamko Rambe Yamko

Lagu Yamko Rambe Yamko bercerita tentang sebuah peperangan. Peperangan yang saya maksud disini sebenarnya memiliki dua makna yang berbeda, yang saya dapat dari dua versi pula.

Versi pertama dari situs Budaya-indonesia.org. Dimana penulis dari situs tersebut berpendapat bahwa, Pesan dalam Lagu Yamko Rambe Yamko ini adalah yakni tentang peperangan antar suku yang sedang terjadi dan bergejolak di Papua.

Entah itu suku apa dan penyebab konflik tersebut apa, saya juga tidak tahu. Yang jelas, dalam situs tersebut berpesan untuk mengajak kita semua agar tidak menyayikan lagu ini secara terang-terangan di daerah tertentu.

Karena bisa saja ada pihak yang nantinya merasa tersinggung dan akhirnya marah. Apalagi jika kamu belum terlalu tahu dan paham tentang Maksud Lagu Yamko Rambe Yamko ini. Jangan sampe urusan jadi berabe selepasnya.

Versi kedua datang dari situs Materipelajaran.id. Pada situs tersebut disebutkan bahwa, Makna dari Lagu Yamko Rambe Yamko ialah bercerita tentang peperangan juga, namun bukan antar suku seperti pendapat dari versi pertama diatas.

Peperangan disini adalah perjuangan para pahlawan tanah air dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia dari tangan penjajah, serta rela mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk NKRI tercinta.

Berkorban jiwa raga ini, ditujukan atas keinginan mereka untuk menjadi "Bunga Bangsa", dalam artian menjadi pahlawan yang gagah berani memerangi para penjajah, hingga titik darah penghabisan.

Nah, itulah Makna Lagu Yamko Rambe Yamko asal Papua. Untuk penjelasan yang mungkin lebih valid dan spesifik lagi, kamu bisa menanyakan langsung ke guru / dosen kesenian, atau mengunjungi perpustakaan maupun museum-museum nasional.

Lirik Lagu Yamko Rambe Yamko

Hee yamko rambe yamko, aronawa kombe
Hai jalan yang dicari sayang perjanjian

Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Hai jalan yang dicari sayang perjanjian

Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Sungguh pembunuhan di dalam negeri

yuma no bungo awe ade
Sebagai bunga bangsa

Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Sungguh pembunuhan di dalam negeri

yuma no bungo awe ade
Sebagai bunga bangsa

Hongke hongke hongke riro
Bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bertumbuh

Hongke jombe jombe riro
Di Taman Pahlawan

Hongke hongke hongke riro

Bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bertumbuh
Hongke jombe jombe riro
Di Taman Pahlawan

•••••••••••

Nah, itulah tadi Makna Lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua, serta Lirik lagu Yamko Rambe Yamko dan terjemahan bahasa Indonesia. Semoga kita selalu bisa menafsirkan makna yang terkandung dalam sebuah lagu, sesuai kaidah yang sebenarnya.

Baca juga Makna Lagu Daerah Lainnya :

Makna Lagu APUSE - Papua
Makna Lagu AMPAR AMPAR PISANG - Kalimantan Selatan
Makna Lagu ANAK KAMBING SAYA - Nusa Tenggara Timur
Makna Lagu AYAM DEN LAPEH - Sumatera Barat
Makna Lagu BUKA PINTU - Maluku