√ Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)
Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

 Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) – Ingin mengetahui syarat masuk STIP? Saya akan memberikan beberapa informasi valid dan tentunya bisa dijadikan acuan ketika hendak mendaftar ke STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Bagi yang belum mengetahui syarat apa saja untuk masuk ke STIP berikut ini adalah informasi lengkapnya.

 STIP adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Setiap tahun dunia pelayaran tidak pernah sepi dari pembicaraan dari berbagai media. Industri Pelayaran kini kian ramai karena kebutuhan dalam negeri belum bisa teroptimalkan dengan baik oleh pemerintah. Wacana TOI LAUT juga semakin menggeliat dan menjadikan kebutuhan akan Perwira dan Crew kapal akan semakin meningkat.

 Oleh karena itu peluang sekolah pelayaran kian meningkat dan menambah minat para calon anggota pelayar semakin meningkat setiap tahunnya. Sekolah Negeri menjadi terdepan dalam mendapatkan calon anggota baru namun sekolah Swasta ternyata juga tidak kalah untuk ikut berlomba menerima peluang masuknya minat dari masyarakat akan adanya sekolah Pelayaran.

Baca juga : Daftar Gaji Pelaut Berdasarkan Kelas Jabatan

 Salah satu rekomendasi jika ingin masuk ke pelautan adalah Sekolah Tinggi Pelayaran. Sudah terkenal sejak lama dalam membina generasi penerus taruna dan taruni sekolah ini dikategorikan sekolah tua dan menjadi incaran masyarakat yang hendak masuk ke dalam pelautan. Hingga saat ini STIP terus berkontribusi dalam menerima calon taruna taruni dibawah naungan kementrian Perhubungan. Jika ingin masuk ke sekolah ini silahkan kalian lihat syarat masuk pelayaran berikut ini.

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)


 Untuk masuk ke Sekolah pelayaran terkenal tentu tidak mudah dan ada persyaratan yang harus di penuhi dan tes masuk stip agar diterima di Sekolah Tinggi ini. Bagi yang berminat dan tidak tahu syarat apa yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke STIP berikut ini bisa kalian simak syarat masuk stip 2019 secara seksama.

1.Usia maksimum untuk bisa masuk ke STIP adalah 23 tahun (Pada bulan desember 2015)
2.Jenis kelamin harus pria dan wanita tidak boleh campuran
3.Tinggi badan minimal untuk calon taruna taruni adalah :
  • Jurusan Nautika : Pria 160 cm dan Wanita 155 cm
  • Jurusan KALK : Pria 160 cm dan wanita 155 cm
  • Jurusan TEKNIKA : Pria 160 cm
4.Calon taruna belum menikah dan tidak boleh menikah selama dalam masa Pendidikan. Untuk mengantisipasi adanya kecurangan di buat surat pernyataan tidak akan menikah saat dalam bangku Pendidikan dan jika melanggat akan langsung dikeluarkan dari STIP.
5.Membuat pas photo ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar berwarna dengan latar belakang merah atau biru’
6.Menyerahkan dokumen diantaranya seperti foto copy nilai UN, STTB, Akte kelahiran dan surat keterangan belum menikah dari Kelurahan atau Desa.

Selain itu bagi kalian calon pendaftar taruna di STIP namun masih duduk di kelas III SLTA maka harus membawa surat keterangan dari kepala sekolah sebagai peserta UN atau Ujian Nasional.

Syarat Pendaftaran Khusus :

1.Jurusan D.IV KALK

-SMU/MA (IPA/IPS)
-SMK/MAK jurusan yang ada didalamnya antara lain  : Bidang keahlian bisnis dan manajemen, Program keahlian administrasi Perkentoran (Admin), Akuntansi, Pemasaran, perbankan, Asuransi dan Usaha Kecil Menengah.

2.Jurusan D.IV Nautika

-SMU/MA (IPA)
-SMK Pelayaran + ANT-IV untuk jurusan yang ada di D.IV Teknika diantaranya SMK/MAK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendinginan dan Tata udara, Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Mekatronika dan Teknik Instrumentasi.

Mulai Pendaftaran

 Jika ingin masuk ke STIP dan melakukan pendaftaran stip jakarta 2019 para calon Peserta Taruna bisa mendapatkan informasi lengkap di website resmi di STIP JAKARTA, Disana terdapat beragam informasi mengenai STIP seperti Informasi pendaftaran, informasi STIP, Sejarah STIP, Pasilitas dan berbagai macam Informasi lainnya.

 Demikian informasi syarat masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) yang bisa saya sampaikan, artikel ini memang jauh dari kata sempurna namun admin berharap pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa share artikel ini kepada teman, keluarga, pacar agar mereka juga tahu syarat untuk masuk STIP, Terimakasih.
Lebih baru Lebih lama