--> Skip to main content

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)
Syarat Masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Ketahui Beberapa Syarat Masuk STIP – Bicara soal pelayaran, pasti bukan satu topik yang asing dan jarang dibicarakan lagi.

Bahkan topik mengenai pelayaran seolah-olah menjadi sesuatu yang selalu menarik untuk dibahas dan diperbincangkan.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah karen semakin pesatnya perjalanan bisnis Industri Pelayaran di negara Indnesia itu sendiri.

Hal lain yang menjadi faktor hal di atas adalah karena sumber daya yang ada di dalam negeri belum terpenuhi kebutuhannya dan juga belum tersedia dengan optimal.

Nah, selain dua hal tersebut juga dikarenakan oleh adanya wacana pengadaan tol di laut yang akan semakin menjadikan kebutuhan perwira maupun crew dalam kapal menjadi bertambah banyak lagi daripada yang sebelumnya.

Dari beberapa faktor di atas, secara otomatis akan membuat peluang terhadap sekolah pelayaran menjadi ikut naik, selain itu peminat akan sekolah pelaayaran pun akan ikut naik dan bahkan sampai membludak dan mengantri.

Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk sekolah pelayaran negeri, tapi juga berlaku untuk sekolah pelayaran swasta yang sudah pasti ikut aktif dalam persaingan ketat untuk menerima peluang besar atas tinginya minat masyarakat.

Untuk itu, berikut ini akan disajikan mengenai ulasan syarat maupun ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa masuk dalam STIP atau Sekolah Tingi Ilmu Pelayaran yang mana merupakan sekolah pelayaran tua yang juga mempunyai trek record yang baik.

Syarat dan Ketentuan Pendaftar di STIP

Sebelum masuk ke STIP ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh para calon peserta didik, berikut ini pembahasan lengkapnya.

1. Umur Maksimum

Syarat masuk STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang pertama adalah terkait umur maksimum para pendaftar.

Jadi, para calon Taruna maupun Taruni maksimum memiliki umur 23 tahun, itu berart jika para calon Taruna maupun Taruni berumur lebih dari 23 tahun tidak mempunyai kesempaaan untuk mendaftar lagi.

Sebaliknya, jika calon Tarunamaupun Taruni memiliki umur di bawah atau tepat 23 thun, maka memiliki kesempatan untuk mendaftar.

2. Jenis Kelamin

Syarat untuk masuk ke STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang selanjutnya adalah calon pendaftar Taruna maupun Taruni memiliki jenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Jadi, tidak hanya laki-laki saja yang bisa mendaftar, tapi juga perempuan bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ini.

Itu juga berarti sekolah tinggi ini membukan kesempatan yang lebaar bagi para pendaftar.

3. Calon Pendaftar Belum Menikah

Nah, untuk syarat masuk STIP yang berikutnya adalah calon pendaftar belum menikah, jadi masih single dan itu artinya, calon pendaftar yang sudah menikah tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke sekolah tinggi pelayaran ini.

Calon pendaftar taruna maupun taruni sebaiknya benar-benar membacasyarat dan ketentuan untuk bisa masuk dan mendaftar di Sekolah Tingi Ilmu Pelayaran ini agar tidak kecewa saat sudah mencoba untuk mendaftar.

Calon pendaftar Taruna maupun Taruni juga harus membuat surat pernyataan tidak akan menikah selama pendidikan.

Itu artinya, para calon pendaftar baik taruna maupun taruni harus benar-benar menyelesaikan pedidikannya dan sanggup tidak akan menikah di tengah-tengah pendidikan.

Jika terjadi pelangggaran, dalam artian pelajar menikah di tengah-tengah pendidikannya, maka akan dikeluarkan dari sekolah tinggi pelayaran ini.

Untuk itu, jika Anda berminat untuk mendaftar di STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, sebaiknya memperhatikan syarat yang satu ini.

Jangan lupa pertimbangkan untuk megukur kesangupan diri sendiri terhadap syarat yang sudah ditentukan.

Jangan sampai nanti di tengah-tengah pendidikan Anda harus dikeluarkan karena melanggar persyaratan yang sudah berlaku dan sudah Anda sepakati di awal karena itu akan sangat merugikan Anda sendiri.

4. Ketentuan Tinggi Badan Calon Pendaftar

Ketetntuan atau syarat yang harus Anda perhatikan untuk bisa masuk ke Sekolah Tingggi Ilmu Pelayaran atau STIP adalah mengenai tingi badan minimum yang harus Anda miliki.

Jadi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran mematok tinggi minimum bagi calon pendaftar taruna atau laki-laki dengan 160 cm untuk jurusan Nautika.

Sedangkan untuk calon taruni atau perempuan harus memiliki tingggi minimal sebesar 155 cm.

Syarat atau ketentuan tinggi badan minimum bagi calon pendaftar taruna atau laki-laki dengan jurusan Teknika adalah sebesar 160 cm.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk masuk dan mendaftar jurusan Teknika di STIP, maka sebaiknya Anda pastikan dan ukur tinggi badan Anda terlebih dahulu.

Jika sudah memenuhi ketentuan minimum yang telah ditetapkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP, maka silakan mendaftar melalui jalur yang telah ditentukan.

Sedangkan syarat dan ketentuan tinggi badan minimum bagi para calon taruna maupun taruni yang memilih jurusan Kalk adalah sebanyak 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, jadi keduanya memiliki selisih sebesar 5 cm.

Untuk itu, bagi para peminat jurusan Kalk, silakan pastikan Anda memiliki tinggi badan minimum yang telah ditetapkan.

5. Pas Foto 

Syarat masuk STIP yang berikutnya adalah mengumpulkan pas foto sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Pas foto yang harus dikumpulkan oleh para pendaftar atau para calon taruna dan taruni adalah pas foto berwarna terbaru sebanyak 4 lembar dengan ukuran sebesar 4 x 6 cm dan memakai latar belakang merah.

Jadi, tidak diperkenankan menggunakan warna latar belakang yang lain seperti biru maupun yang lainnya.

6. Dokumen yang Harus Diserahkan

Ketentuan selanjutnya yang harus dipenuhi oleh para pendaftar atau calon taruna maupun taruni adalah menyerahkan dokumen sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Dokumen tersebut antara lain; nilai Ujian Nasional, dokumen STTB, Akta Kelahiran, dan juga surat keterangan belum menikah yang didapatkan dari Kelurahan maupun Desa.

Untuk itu, pastikan Anda tidak melewatkan satu dokumen pun ketika mendaftar.

Jika ada calon pendaftar yang masih duduk di bangku kelas 3 SLTA atau masih belum lulus dan belum mengikuti ujian nasional, maka diharuskan untuk meminta surat keterangan dari pihak Kepala Sekolah yang menyatakan Anda sebagai calon Peserta Ujian Nasional.

Ada banyak sekali syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh Anda sebagai calon pendaftar atau calon taruna maupun taruni di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, jangan sampai Anda melewatkan satu pun syarat untuk masuk STIP tersebut.

Pastikan juga Anda sudah memiliki tinggi minimum seperti yang sudah ditetapkan, terutaama bagi jurusan yang akan Anda coba masuki.

Sekolah tinggi pelayaran banyak diburu saat ini, jadi, banyak sekali peminat sekolah tinggi pelayaran, termasuk STIP sebagai sekolah pelayaran tua yang baik. Untuk itu, bagi Anda yang berminat untuk mendaftar, pastikan Anda telah memenuhi syarat masuk STIP.

Syarat Khusus Pendaftaran Ke STIP

Selain ada beberapa syarat umum yang harus Anda dikumpulkan, ternyata ada beberapa syarat khusus yang harus diketahui, berikut penjelasannya.

1. Syarat ke Jurusan D.IV KALK

  • SMU/MA (IPA/IPS)
  • SMK/MAK jurusan yang ada didalamnya antara lain  : Bidang keahlian bisnis dan manajemen, Program keahlian administrasi Perkentoran (Admin), Akuntansi, Pemasaran, perbankan, Asuransi dan Usaha Kecil Menengah.

2. Syarat ke Jurusan D.IV Nautika

  • SMU/MA (IPA)
  • SMK Pelayaran + ANT-IV untuk jurusan yang ada di D.IV Teknika diantaranya SMK/MAK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendinginan dan Tata udara, Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Mekatronika dan Teknik Instrumentasi.

Cara Pendaftaran STIP

Jika ingin masuk ke STIP dan melakukan pendaftaran stip jakarta 2020 para calon Peserta Taruna bisa mendapatkan informasi lengkap di website resmi di STIP JAKARTA.

Disana terdapat beragam informasi mengenai STIP seperti Informasi pendaftaran, informasi STIP, Sejarah STIP, Pasilitas dan berbagai macam Informasi lainnya.

Demikian informasi syarat masuk STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) yang bisa saya sampaikan, artikel ini memang jauh dari kata sempurna namun admin berharap pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan lupa share artikel ini kepada teman, keluarga, pacar agar mereka juga tahu syarat untuk masuk STIP, Terimakasih.