Cara Menghitamkan Ban Motor Agar Mengkilap

 Cara menghitamkan ban motor - Ban motor adalah salah satu komponen yang paling berpengaruh di dalam sebuah kendaraan, baik sebagai penopang maupun memperindah tampilan. Jika kita saksikan secara seksama banyak orang berbondong bondong untuk membuat ban tampak mengkilap.

 Agar ban mengkilap nampak seperti baru memang hal yang mustahil sebab ban akan selalu bersentuhan dengan kotoran, baik itu debu atau tanah yang sering kali merepotkan para pengguna kendaraan. Akibatnya ban menjadi cepat kusam dan tidak indah lagi. Bagaimana cara menghitamkan ban motor secara cepat dan mudah?

Cara Menghitamkan Ban Motor dengan mudah


 Untuk dapat menghitamkan ban motor kita bisa menggunakan berbagai cara dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada di sekitar kita contohnya adalah bensin, cat kayu, pasta gigi dan bahan lain yang memiliki kegunaan untuk membuat ban motor mengkilap nampak seperti baru.

 Berikut ini adalah cara menghitamkan ban motor yang kusam dan kotor karena jarang mendapatkan perawatan. Cara ini telah digunakan oleh sebagian besar orang dan hasilnya ban terlihat keren dan kece saat digunakan.

1.Menggunakan Minuman Bersoda

 Untuk mengatasi masalah ban yang kusam bisa menggunakan minuman bersoda. Dengan begitu kotoran yang menempel pada ban akan hilang dan tentu dibutuhkan langkah yang baik untuk menghilangkan kotoran secara keseluruhan pada ban. Perhatikan yang berikut ini.
  • Cuci kendaraan hingga bersih dan gunakan sabun pencuci khusus ban untuk menghilangkan segala bekas noda seperti minyak, oli, tanah dan kotoran lain yang menempel pada ban.
  • Jika ban sudah dicuci dengan bersih maka keringkan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda harus memastikan bahwa ban yang tadi telah dicuci berada dalam keadaan kering. Untuk mempercepat proses pengeringan anda bisa menggunakan lap bersih untuk mengeringkan ban tersebut.
  • Jika sudah dipastikan kering silahkan usap ban tersebut dengan menggunakan minuman bersoda yang tersedia di warung atau toko-toko terdekat di daerahmu. Jika sudah tersedia minuman bersoda silahkan tuangkan terlebih dahulu kedalam wadah dan dengan menggunakan bantuan lap silahkan usap ban kendaraan menggunakan air soda secara merata ke seluruh bagian ban dan tunggu hingga kering maka akan nampak hasilnya.

2.Menggunakan Bensin

 Selain menggunakan minuman bersoda, kita bisa menggunakan bensin untuk menghitamkan ban motor yang kusam. Anda bisa menyampurkan bensin dengan cat kayu agar hasil lebih memuaskan, jangan lupa tambahkan juga cairan pengkilap setelah mengoleskan campuran bensin dan cat kayu agar ban tidak kusam. Untuk langkah menggunakannya hampir sama dengan cara pertama namun berbeda bahan.

3.Menggunakan Campuran Lem dan Air

 Jika ingin menggunakan cara sederhana dan terjangkau kalian bisa memanfaatkan campuran antara lem sepatu/ lem fox dengan bantuan air.
  • Pertama silahkan beli lem fox atau sepatu di toko terdekat
  • Jika sudah sediakan wadah dan tuangkan semua lem ke dalam wadah tersebut kemudian tambahkan air secukupnya sampai agak encer.
  • Lalu oleskan lem pada permukaan ban menggunakan kuas.
  • Jika sudah maka tunggu hingga lem tersebut kering.

4.Menggunakan Semir Pabrikan

 Ban tampak hitam dan mengkilap seperti baru tentu mampu membuat orang kagum dan motor nampak lebih keren. Cara yang biasa dilakukan agar ban mengkilap adalah dengan menggunakan semir ban yang sudah tersedia di bengkel-bengkel atau supermarket terdekat. Produk atau barang tersebut kini sudah tersebar luas dan sangat mudah untuk mendapatkannya. Jika kalian sudah mendapatkan semir pabrikan, lap ban yang selesai dicuci dengan lap bersih dan oles semir pabrikan pada ban agar kinclong dan tampak seperti baru.

5.Menggunakan Silikon Cair

 Cara menghitamkan ban berikutnya adalah dengan menggunakan silikon cair yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan semir ban, jika kita menengok harga pasaran maka biasanya semir ban berbentuk cair. Biasanya semir ban ini sudah tercampur dengan bahan lainnya, hal ini dikarenakan harga silikon cair yang mahal.

 Tentu saja ban yang akan dihasilkan tidak akan maksimal dan jika ingin mendapatkan hasil dengan kualitas super maka bisa menggunakan silikon cair ori, tapi tentu saja hal ini akan menguras biaya. Tapi, kita juga bisa membuat semir ban cair sendiri dan akan lebih menghemat ongkos. Kita hanya tinggal menambahkan bahan lain yaitu turpentine cair.

 Untuk harga turpentine cair sendiri kira-kira 1/6 dari harga silikon cair.Sementara untuk perbandingan pencampuran dalam pelarutannya adalah turpentine (70%) dan silikon cair (30%). Larutan ini nantinya akan bekerja untuk melapisi ban tetapi secara tipis,kuat dan tahan air sehingga ban akan terlihat mengkilap dan tampak baru.Kamu bisa menggunakan kuas yang masih baru atau kamu juga bisa menggunakan kuas yang sudah lama tetapi harus bersih.

 Jika bahan dan alat sudah tersedia anda harus memastikan ban sudah tercuci dengan bersih dan sudah dalam keadaan kering. Setelah itu bisa langsung mengoleskan larutan tersebut dengan menggunakan kuas ke ban yang sudah kering dan tunggu beberapa saat maka anda akan mendapatkan hasil yang wah.

 Selain itu, anda juga bisa menggunakan turpentine saja, tentu saja akan hemat biaya tetapi ban yang akan dihasilkan tidak akan sebaik turpentine yang dicampur dengan silikon cair.

 Penutup, itulah beberapa cara menghitamkan ban motor agar nampak seperti baru. Selain merawat ban, anda juga bisa merawat velg agar tetap hitam dan tidak usang, beberapa cara diatas di dapatkan sari berbagai sumber dan sudah di cobasendiri dan hasil yang di dapat sangat memuaskan sekali. Untuk membuktikan apakah cara menghitamkan ban diatas benar atau tidak silahkan coba sendiri, selamat mencoba.