Pengertian Alderon Adalah, Jenis, Kelebihan Atap Alderon

 Apa itu alderon? Pengertian alderon adalah salah satu jenis atap PVC yang saat ini sedang populer dikalangan masyarakat. Alderon terbuat dari bahan PVC yang mudah digunakan di tempat tinggal atau rumah. Untuk desainnya, Alderon memiliki bentuk gelombang yang telah menawarkan berbagai solusi untuk kebutuhan atap rumah.

  Atap Alderon telah banyak digunakan diberbagai rumah di Indonesia. Desain keren dan lebih hemat biaya membuat jenis atap ini banyak digunakan di rumah biasa maupun perumahan. Berbeda dengan asbes, ketika terkena panas matahari atap ini tidak akan menimbulkan panas pada ruangan seperti yang terjadi pada atap dari asbes.

Jenis Atap Alderon

 Atap Alderon sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni Alderon Twinwall Corrugated dan Alderon RS Single Wall Corrugated dimana kedua jenis ini memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

Alderon Twinwall Corrugated

 Atap Alderon jenis ini memiliki bentuk bergelombang yang sudah dilengkapi dengan rongga bawah yang terbuat dari bahan UPVC. Menurut saya kelebihan atap ini adalah bahannya yang tahan lama karena sudah dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat tahan dengan sinar matahari dan terpaan hujan.

 Selain itu jika kita bandingkan dengan beberapa jenis atap lainnya ternyata atap alderon ini tidak mudah rapuh, berkarat atau mudah hancur karena sudah menggunakan bahan anti kendala yang dicampur ketika proses pembuatan atap.

Alderon RS Single Wall Corrugated

 Atap Alderon RS Single Wall Corrugated sebenarnya memiliki bentuk bergelombang yang hampir mirip dengan Twinwall Corrugated namun hanya saja yang ini tidak memiliki rongga sehingga fisiknya cukup ringan namun tidak tembus sinar matahari.

 Selain itu bahannya juga cukup keras sehingga tidak mudah patah atau menyebarkan api ketika terjadi kebakaran sehingga ketika hendak di padamkan tidak akan sesulit atap pada umumnya. Atap jenis ini juga tidak berkarat sehingga sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Kelebihan Atap Alderon

 Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan atap alderon, silahkan simak.

1.Kuat tidak mudah Patah

 Bahan yang terdapat pada atap alderon mempunyai campuran yang sangat baik sehingga atap akan kuat dan tidak mudah patah, Selain itu jika menggunakan atap jenis ini ruangan akan tetap kokoh.

2.Mampu Membuat Ruangan Terasa Sejuk

 Sudah tadi saya sampaikan bahwa atap alderon ini memiliki kelebihan dimana panas matahari tidak akan terlalu berdampak pada kondisi ruangan, sebaliknya meski terkena sinar terik matahari ruangan akan tetap sejuk dan nyaman saat di tempati.

3.Tidak Luntur dan Tahan Lama

 Pelindung UV yang terdapat pada atap alderon akan membuatnya tetap kuat dan tidak mudah luntur. Artinya jika atap ini terkena matahari maka akan mempunyai daya tahan lama sehingga hemat biaya, terlebih warna dari atap ini akan ikut terjadi jadi tidak perlu khawatir luntur.

4.Kedap Akan Suara

  Menurut penelitian atap alderon yang tebalnya mencapai 10 mm mampu memberikan kedap suara sekitar 27% dari suara yang keluar. Hal ini karena adanya rongga udara yang ada pada atap alderon ini jadi ketika hujan deras menghantam maka akan kedap suara hingga 27%.

5.Mudah Dibersihkan

 Selain kuat dan tahan lama ternyata atap ini mudah untuk dibersihkan, untuk biaya perawatanya sendiri juga sangat murah meriah hanya dengan menyemprotkan air dan bilas pada bagian yang kotor maka atap ini akan kembali bersih.

6.Mudah Dibentuk

 Atap alderon memang sengaja dibuat untuk keperluan masyarakat yang kebanyakan ingin membentuk sesuatu menggunakan atap. Jika kalian adalah orang kreatif dan ingin membentuk sesuatu menggunakan atap ini maka tidak perlu khawatir meski sedikit keras tetapi atap alderon ini mudah dibentuk.

7.Bergaransi Lama

 Ini menurut saya adalah yang paling penting, karena jika membeli atap jenis lain tidak menggunakan garansi. Jika kalian membeli atap ini maka akan mendapatkan garansi selama 10 tahun.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian atap alderon, Jenis, kelebihan dan kekurangan alderon yang banyak digunakan untuk pembangunan pada masa ini, semoga bermanfaat.