√ Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya

Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya

Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya

 Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya dan Gambar - Apa itu sistem pengapian? Singkatnya sebuah sistem pengapian adalah rangkaian sistem elektronik yang dapat menghasilkan percikan api pada silinder mesin atau busi untuk dilakukan pembakaran sehingga sebuah kendaraan bisa berjalan.

 Dalam dunia otomotif sebuah sistem pengapian memiliki peran besar, sebab tanpa adanya pembakaran maka sebuah kendaraan tidak akan berjalan. Sistem pengapian sendiri bekerja melalui proses induksi elektromagnetik yang nantinya akan menghasilkan yang bisa mencapai 20 KV.

 Bagaimana dengan komponen sistem pengapian?

 Saya akan memberikan materi lengkap tentang komponen sistem pengapian beserta gambar dan fungsinya. Bisa kalian simak jika ingin menambah wawasan dalam dunia otomotif. Ada beberapa macam sistem pengapian, diantaranya adalah :

1.Sistem Pengapian Konvensional
2.Sistem Pengapian Elektronik (Transistor)
3.Sistem Pengapian DLI
4.Sistem Pengapian CDI

Komponen Sistem Pengapian Motor dan Mobil


 Dalam hal ini ada dua jenis kendaraan yakni motor dan mobil. Oleh karena itu saya akan jelaskan nama komponen pengapian dan fungsinya lengkap dengan gambar pendukung agar kalian lebih mengerti.

Komponen Sistem Pengapian Pada Sepeda Motor Beserta Fungsinya

Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya

 Pada pengapian cdi apa saja komponen yang ada di dalamnya? Sebenarnya jika ditinjau secara luas komponen pengapian sepeda bermotor tidak jauh berbeda. Berikut saya akan sebutkan komponen sistem pengapian elektronik (cdi) beserta fungsinya masing-masing silahkan simak baik-baik.

1.Baterai

 Baterai menjadi komponen penting dalam pembakaran. Fungsi umum dari baterai adalah untuk menyimpan sumber arus listrik yang nantimya akan dijadikan sebagai komponen sistem pengapian CDI. Arus dari baterai ini biasanya bertegangan 12 Volt dan bersifat DC.

2.Kunci Kontak

 Kunci kontak memiliki fungsi untuk menyalakan dan memutus pengapian pada sebuah mesin. Arus baterai akan terputus dan tersambung jika kita nyalakan atau matikan kunci kontak ini.

3.Ignition Coil

  Ignition coil berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang tadinya 12 Volt menjadi 20 KV dengan proses induksi elektromagnetik.

4.Spull AC

 Komponen pengapian yang satu ini akan menghasilkan tegangan AC saat mesin dinyalakan. komponen ini akan membantu kendaraan tetap nyala walau tanpa dilengkapi dengan baterai.

5.CDI (Capacitor Discharge Ignition)

CDI merupakan salah satu sistem pengapian dalam sepeda bermotor yang digunakan untuk meningkatkan energi pada coil pengapian. Hal ini nantinya akan menghasilkan tegangan tinggi kemudian menghasilkan spar pada busi.

6.Pulse Ignitor

 Pulse Ignitor akan berfungsi sebagai sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) yang nantinya menjadi sebuah pengirim sinyal untuk memberikan peringatan waktu pengapian pada frekuensi tertentu.

7.Kabel Busi

 Komponen pengapian selanjutnya adalah Kabel busi yang berfungsi sebagai penghubung antara ignition dengan busi. Kabel ini dilengkapi dengan isolator karena nantinya akan mengalirkan listrik bertegangan tinggi, hal inilah yang membuat kabel busi berbeda dengan kabel pada umumnya.

8. Busi

 Busi adalah sistem pengapian motor yang paling penting karena nantinya alat ini akan mengubah energi listrik menjadi percikan api di dalam silinder mesin yang bertujuan untuk menjalankan sebuah kendaraan.

Komponen Sistem Pengapian Pada Mobil Beserta Fungsinya

Komponen Sistem Pengapian Beserta Fungsinya

 Tadi telah dijelaskan beberapa komponen pengapian pada sepeda motor, kini saatnya saya juga membahas komponen pengapian pada mobil biar lengkap dan tidak sepotong-sepotong hehehe.

1.Platina

 Platina merupakan komponen untuk memutus arus listrik primer koil. Secara umum, komponen yang satu ini akan bergunsi untuk meggantikan CDI pada sistem pengapian konvensional. Platina sendiri akan bekerja jika kaki platina tersentuh oleh cam, hal ini akan membuat kontak point terputus yang kemudian akan mengakibatkan arus listrik terputus.

2.Transistor

 Transistor adalah komponen sistem pengapian elektronik yang akan menggantikan fungsi platina dan CDI. Secara umum, transistor merupakan saklar elektronik yang dapat memutus serta menyambungkan arus melalui trigering signal pada kaki basis.

3.Distributor

 Komponen pengapian yang selanjutnya adalah Distributor yang berfungsi untuk membagi tegangan dari ignition coil menuju masing-masing busi sesuai Firing Order. Komponen ini sangat penting karena berperan sebagai pelengkap dari 4 silinder pada mobil.

4.Advancer

Terakhir ada Advancer yang terbagi antara Sentrifugal advancer dan vacum advancer yang fungsinya mengubah timing pengapian. Dua komponen sangat penting dan harus ada pada sistem pengapian konvensional dan pengapian semi transistor.

 Nantinya Governoor sentrifugal advancer akan mengubah timing pengapian berdasarkan RPM mesin dengan menggunakan gaya sentrifugal. Sementara itu vacum advancer akan bekerja berdasarkan vakum intake manifold yang berfunsi untuk mengatur timing pengapian berdasarkan beban mesin.

 Di dalam sistem pengapian tanpa distributor (DLI) tidak dilengkapi dengan dua komponen ini. Hal ini karena sistem DLI sudah menggunakan banyak sensor yang berfungsi untuk memajukan proses pengapian.

Itulah nama-nama komponen sistem pengapian beserta fungsinya. Meski memiliki perbedaan pada kendaraan sepeda motor dan mobil namun keduanya mempunyai busi yang digunakan untuk melakukan pembakaran supaya kendaraan dapat berjalan, tentunya dengan bahan bakar bensin. Komponen pembakaran harus dirawat dan di cek setiap bulannya untuk mencegah adanya gangguan pada kendaraan.

 Demikian pembahasan kali ini tentang komponen sistem pengapian motor dan mobil lengkap dengan fungsi dan gambar yang telah saya berikan untuk kalian. Jangan biarkan kendaraan menjadi rusak dan tidak dapat menyala akibat tidak melakukan analisa dan perawatan terhadap komponen pengapian pada kendaraan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan yang luas kepada kalian, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan lampirkan pada kolom komentar, terimakasih.
Lebih baru Lebih lama