√ Cara Anak Pintar Matematika Cara Anak Pintar Matematika

Cara Anak Pintar Matematika

Cara Anak Pintar Matematika

 Anak Pintar Matematika - Bagaimana supaya anak pintar matematika? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh orang tua karena merasa anaknya kurang kemampuan dalam mengerjakan soal matematika. Masalah seperti ini bisa saja menjadi beban pikiran bagi para orang tua, terlebih jika anaknya enggan sekolah karena ada pelajaran matematika.

 Masalah yang besar bukan? Untuk mengatasi hal tersebut kali ini kita akan memberikan beberapa tips anak pintar matematika tanpa harus memaksa mereka untuk menghafal semua yang ada dalam dunia menghitung.

Baca juga : Operasi Aljabar Beserta Contoh Soal dan Jawabannya

 Kurang lebihnya metode ini digunakan dengan serius namun santai, contohnya saat ada sesuatu berikan suatu candaan yang disertai dengan matematika di dalamnya. Cara supaya anak pintar matematika jenis ini sering dilakukan oleh para orang tua, untuk itu kalian juga jangan kalah dalam menerapkan kebiasaan baik yang bisa mendorong kemampuan anak.

 Sebelum mengetahui langkah apa yang akan di ambil untuk membuat anak pintar matematika, perhatikan ciri-ciri anak berikut. Jika ada maka kemungkinan besar anak kalian akan dengan mudah menyerap ilmu matematika.

1.Mudah Beradaptasi 
2.Keingintahuan yang tinggi
3.Berpikiran Terbuka
4.Individualis
5.Humoris

 Bagaimana, adakah ciri-ciri tersebut dalam diri anak kalian? Jika kurang memahami maka pahami diri kalian dan suami/istri apakah mudah dalam menyerap hal yang berhubungan matematika atau tidak. Namun hal tersebut tidak selalu benar oleh karena itu kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana sifat dan ciri anak kalian agar mudah dalam mencerna ilmu matematika.

Cara Melatih Anak Agar Pintar Matematika


 Tahap selanjutnya adalah menerapkan beberapa ilmu supaya anak pintar matematika. Apa yang akan saya beritahu kepada kalian? Sebenarnya cara berikut sangat simple namun membutuhkan waktu yang tidak sedikit tentunya jadi kalian para orang tua harus sabar ya. Jangan lupa untuk tidak bergantung dengan apa yang saya katakan karena belum tentu semua sama.

1.Berikan Hitungan Kepada Anak saat Ia Bermain

Cara mendidik anak agar pintar matematika yang pertama adalah dengan memberikan hitungan kepada anak disaat ia sedang bermain. Misalnya anak kalian sedang bermain kelerang, untuk membuatnya belajar menghitung kalian bisa tanya berapa jumlah kelereng tersebut, Jika anak masih kurang paham kalian bisa berikan lelucon dan beritahu kepadanya cara menghitung yang baik dan benar.

2.Berikan Soal Imajinasi Kepada Anak

 Metode yang dilakukan selanjutnya adalah dengan memberikan imajinasi kepada anak. Hal ini bertujuan agar dia terbiasa dengan soal matematika yang sebagian besar mengadung alur cerita. Misalnya kalian bisa memberikan soal imajinasi tentang harga barang A dan B, dan jangan lupa sertakan lelucon kepadanya agar tidak membosankan ya.

3.Membantu dia dalam Menyusun Rencana

 Semua orang tentu punya rencana, termasuk juga dengan anak kalian. Misalnya ia akan berangkat ke suatu acara pukul 07.00 pagi. Untuk memudahkan anak belajar matematika kalian bisa berikan pengarahan kepadanya berapa waktu persiapan, waktu di perjalanan dan waktu cadangan jika ada suatu hal. Langkah ini bisa dimaksimalkan agar ia mampu berpikir kritis.

4.Berikan KADO kepada anak

 Bukan langsung memberikan ya, tapi misalnya kita siapkan 1 buah es krim dan berikan pertanyaan yang dapat membuat dia agak kesulitan dalam menjawab soal tersebut dan jangan yang terlalu sulit ya karena ditakutkan anak menggapnya tidak asik.

5.Berikan Target Kepada Anak

 Tentu saja ini ada sisi positif dan negatif. Menargetkan akan membuat anak merasa bersemangat dan merasa tertekan karena harus mengejar target. Nah, untuk mengatasinya berikan dua buah hadiah yang mana dalamnya tentu berbeda. Misalnya dalam waktu sebulan harus sudah tahu perkalian minimal 1 raraban perkalian. Jika anak mampu maka berikan hadiah utama dan jika tidak mampu berikan juga hadiah kepadanya agar dia tidak merasa prustasi dan putus asa.

 Demikian jawaban dari beberapa pertanyaan bagaimana cara membuat anak pintar matematika yang sering di lontarkan para orang tua, beberapa metode tersebut saya ambil berdasarkan fakta yang ada namun tidak semua akan berhasil karena beda tempat, beda anak beda rasa tentunya ya.

 Itulah tips anak pintar matematika yang bisa kalian gunakan jika memang ingin anaknya pandai dalam pelajran matematika. Intinya jangan sampai memaksakan apa yang tidak dikehendakinya karena ditakutkan akan membuat hubungan kalian kurang harmonis.
Lebih baru Lebih lama