√ Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Soak Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Soak
Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Soak

 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak, Soak dan ngedrop - Mengapa kendaraan tidak mau nyala? Kebanyakan orang sering mengalami hal seperti ini ketika hendak menghidupkan kendaraan. Kendaraan tidak mau nyala meski berkali-kali dihidupkan. Masalah seperti ini biasa terletak pada Aki sehingga kendaraan tidak bisa menyala. Apa itu aki?

 Aki adalah salah satu komponen penting yang ada dalam kendaraan, tugasnya yakni untuk memberikan aliran listrik ke komponen mesin sehingga kendaraan dapat menyala. Sudah mulai paham? Nah mungkin saja kendaraan kalian mengalami masalah aki kering soak atau ngedrop.

Baca juga : Komponen Sistem Pengapian dan Fungsinya

 Banyak sekali kendaraan yang mengalami kerusakan pada aki baik itu soak atau ngedrop. Masalah seperti ini sangat menggangu para pengendara karena jika aki dalam keadaan lemah maka kendaraan tidak akan hidup sehingga menghambat aktivitas. Bagaimana cara memperbaiki aki kering yang ngedrop?

 Banyak orang yang mengira bahwa aki kering yang soak atau mati tidak bisa diperbaiki. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena jika cell masih bagus maka aki bisa di isi listrik kembali sehingga tidak perlu melakukan pergantian. Sebagian orang tentu sangat menyayangkan jika mereka harus membeli aki baru yang harganya cukup lumayan, apalagi untuk pengendara mobil.

 Daripada menghamburkan uang lebih baik kita coba dulu untuk memperbaiki aki yang rusak. Tentu saja hal ini akan lebih hemat biaya pengeluaran. Saya rasa kebanyakan orang belum mengetahui cara memperbaiki aki kering rusak atau soak. Oleh karena itu disini duniaawam.com akan memberikan solusi atau cara memperbaiki aki kering untuk motor atau mobil sehingga bisa digunakan kembali.

Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak


 Jika aki soak maka diperlukan beberapa bahan atau peralatan yang harus kalian siapkan diantaranya adalah :

1.Pertama siapkan terlebih dahulu air air atau air zuur yang bisa kalian dapatkan di toko onderdil kendaraan terdekat.
2.Siapkan sebuah obeng yang nantinya digunakan untuk membuka tutup dari aki kendaraan.
3.Siapkan pisau atau gergaji besi
4.Jangan lupa sediakan suntikan bekas tinta printer atau suntikan bekas yang biasa.
5.Siapkan selotip berukuran besar yang mempunyai daya rekat tinggi yang nantinya diugnakan untuk merekatkan tutup.

Cara Memperbaiki Aki Kering

1.Cara memperbaiki aki kering yang pertama adalah mencabut atau melepaskan aki dari tempatnya.
2.Jika sudah terlepas maka kalian buka penutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang telah disiapkan. Ingat, proses ini memerlukan perhatian khusus dan harus dilakukan secara hati-hati karena jika tidak maka akan melukai bagian tangan dan aki yang bisa saja tergores.
3.Jika terdapat tulisan "Do Not Open" maka mau tidak mau harus dibuka karena jika tidak aki tidak akan bisa diperbaiki. Jangan lupa juga untuk membuka bagian samping dan belakang dari penutup aki agar nantinya air zuur bisa dimasukan ke dalam.
4.Lepaskan penutup wadah aki dengan menggunakan obeng. Jika sudah maka akan ada 6 lubang yang digunakan sebagai penyimpanan air aki atau air zuur.
5.Sebelum memasukan air zuur, jangan lupa periksa terlebih dahulu kondisi sel yang berada pada setiap lubang. Jika masih bagus,silahkan masukan air aki ke dalam lubang tersebut.
 Sedikit tambahan, bahwa setiap sel itu mampu menghasilkan tegangan listrik hingga 2 Volt, karena terdapat 6 lubang maka sel ini akan menghasilkan 12 volt. Untuk mengantisipasi terjadinya tumpah alangkah baiknya kalian menyisakan ruang sehingga air aki tidak memenuhi setiap lubang.
6.Jangan terkena tangan, usahakan menggunakan sarung tangan plastik karena bisa menyebabkan iritasi.
7.Siapkan suntikan bekas tinta printer yang sudah dibersihkan dan silahkan masukan air zuur dengan menggunakan suntikan bekas.
8.Jika semua lubangnya sudah terisi dengan air maka kalian tinggal menutup lubang yang ada dengan penutup aki di tambah dengan lem agar tidak bocor dan mereka kuat. Pastikan lubang tersebut tertutup dengan rapat dan tidak ada celah sehingga nantinya tidak bocor. Karena jika aki bocor maka akan terjadi konsleting.
9.Jika semua sudah selesai maka tinggal melakukan pengisian tegangan pada aki kering. Untuk cara mengisi tegangan ini tidak terlalu sulit karena kalian tinggal menghubungkan aki kering yang selesai diperbaiki dengan kendaraan yang sudah menyala. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tegangan awal.
 Pengisian aki ini akan lebih mudah jika kalian mempunyai alat Trafo Cas (Charger Transformator). Masih ada satu alat lagi yang bisa digunakan yakni powerbank yang khusus untuk jumper aki, di toko online banyak kalian bisa beli harganya juga tidak terlalu mahal paling antara 400-500 ribuan.
10.Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah memasanga aki yang sudah diperbaiki ke kendaraan. Jika tegangan listrik terisi dengan baik maka kendaraan akan bisa distater dan hidup secara normal.

 Itulah cara memperbaiki aki kering yang sering saya lakukan jika kendaraan tidak dapat di starter. Gimana gampang bukan? Tidak perlu biaya yang terlalu mahal untuk memperbaiki aki kering soak cukup dengan beberapa langkah mudah dan sedikit modal maka motor atau mobil kalian sudah bisa menyala dengan normal tanpa harus membeli aki baru yang harganya jauh lebih mahal.

 Demikian materi kali ini tentang cara mengatasi aki kering yang rusak, soak dan ngedrop. Saya yakin semua orang dapat melakukannya karena tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Untuk memaksimalkan pengisian aliran listrik pada aki alangkah baiknya kalian langsung datang saja ke tempat yang menyediakan pengisian aki agar lebih stabil. Jika ada yang di tanyakalan soal cara memperbaiki aki kering yang ngedrop silahkan lampirkan di kolom komentar, terimakasih.