Sekarang ini kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan mengetahui penyakit pada burung dan pencegahannya, Salah satu yang paling terkenal adalah Flu Burung. Oleh karenanya kita harus bisa menjaga diri dari berbagai hal dan mewaspadai apabila burung sakit.

Untuk macam penyakit burung ada banyak jenisnya dan tidak sedikit dari mereka yang mati akibat tidak ditangani dengan benar. Untuk itu ada beberapa pencegahan yang harus dilakukan untuk mencegah penularan atau penyebaran yang lebih jauh lagi.

Macam-Macam Penyakit Pada Burung


Jenis Penyakit burung dilihat dari kotorannya dilakukan untuk melihat seberapa parah dampak penyakit pada burung tersebut. Berikut ulasannya.

1. Gangguan Pernapasan


Gangguan pernapasan pada burung sering kali terjadi pada burung jantan maupun betina. Biasanya penyebab gangguan pernapasan terjadi karena infeksi pada saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan terganggu sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan kematian.

2. Kutu Burung


Jenis penyakit burung yang satu ini dapat menyebabkan terganggunya proses produksi dan penetasan telur. Biasanya saat kutu ini menyerang spesies jantan maka akan mengakibatkan suaranya jadi berkurang dan akan terlihat kegelisahan dan sering menggigit bulu sendiri.

3. Snot atau coryza


Penyakit snot atau coryza biasanya disebabkan oleh virus Hemophillus gallinarum. Gangguan ini akan menyebabkan bengkak dan muncul benjolan merah disekitar hidung, mata, dan telinga burung.

4. Berak Kapur


Penyakit berak kapur sering kali menyerang spesies unggas. Gangguan ini bisa kita lihat dari kotorannya dimana jika kotoran tersebut berwarna putih seperti kapur dan berbentuk cair maka dapat dipastikan mereka mengidap berak kapur.

5. Bubul/Bumble Foot


Penyakit bubul (bumble foot) adalah jenis penyakit burung yang sering menyerang terutama pada kenari. Bubul disebabkan oleh bakteri Staphylo coccus yang mana akan menyerang permukaan kulit, terutama kulit telapak kaki.

Upaya pencegahan saat terkena bubul adalah dengan cara menjaga kebersihan sangkar serta tempat betengger burung.

6. Cacingan


Bukan hanya manusia yang biasa terkena cacingan, namun burung ternyata juga bisa terkena hal yang sama. Mereka biasanya akan menyerang saluran pencemaan dan hati.

Efek dari cacingan ini biasanya membuat mereka kurang bergairah, terlihat ngantukan, lemah, nafsu makan berkurang, bulu tidak teratur, kotoran berbentuk cair, dan berat badan burung yang menurun.

7. Virus Burung


Virung burung dapat menyebabkan kelumpuhan organ dan penurunan daya tahan tubuh, disinyalir virus burung ini menjadi penyebab terjadinya flu burung yang menyerang hewan lain bahkan manusia.

Kesimpulan


Sebelum mencegah tentu harus mengetahui terlebih dahulu penyakit apa saja yang ada pada burung. Dengan begitu kita akan mudah untuk menanganinya. Beberapa gangguan telah dipaparkan diatas semoga bisa menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat.

Itulah berbagai jenis permasalahan pada burung sehingga menyebabkan beberapa gangguan hingga kematian. Beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya ada pembersihan kandang, rutin mengganti air minum, membersihkan sangkar dan tempat bertengger.

Baca juga :

Cara mengobati penyakit burung tersebut bisa menjadi alternatif jika tidak ingin membawanya ke dokter hewan. Terlebih cara menyembuhkan penyakit burung di atas bisa dipraktikan sendiri, dan jangan lupa juga untuk membersihkan area di sekitar rumah atau tempat di simpannya sangkar sehingga sirkulasi udara dan tempat tersebut sesuai dengan habitatnya di alam liar.

Iklan Tengah Artikel 1