Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan SEO - Apa itu SEO? Bagaimana cara meningkatkan trafik blog dengan SEO? Semua materi tentang SEO (Search Engine Optimization) akan dibahas pada artikel kali ini, semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi para Blogger dan Pelaku Bisnis.

Ada yang pernah mendengar istilah SEO?

Seo adalah sebuah ilmu yang biasa kita terapkan terhadap suatu website untuk mendapatkan banyak pengunjung dengan memanfaatkan mesin pencari. Jika sebuah situs tidak mendapatkan pengunjung yang banyak artinya dia kurang memahami dan menggunakan teknik Seo.

Mengapa Seo sangat penting?

Jawabannya adalah karena untuk mendapatkan pengunjung organic dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya. 

Bagaimana cara menggunakan SEO untuk mendapatkan Traffik?

Sederhana. Kenali terlebih dahulu diri anda, dengan begitu bisa menguasai seo. Apakah benar demikian?

 Salah satunya adalah demikian karena diri anda bukan robot melainkan manusia yang membutuhkan sebuah informasi. Jadi pastikan anda mengenali diri dan tujuan terlebih dahulu baru mulai untuk menggeluti dunia SEO.

Untuk meringankan beban anda, dari pada harus muter-muter cari materi buat seo yang lengkap mending baca artikel ini sampai habis sambil ngopi karena akan ada materi seo lengkap dari admin Duniaawam.

Pertama kita mulai dari pembuatan sebuah Blog

 Untuk membuat sebuah blog anda harus memperhatikan platform mana yang akan digunakan dan apa saja kelebihan dari platform tersebut. Untuk materinya sudah saya siapkan pada artikel berikut.

Baca : Mengenal Platform untuk membuat Blog

Platform apa yang digunakan duniaawam.com? Untuk manajemen konten kami menggunakan platform Blogger dari Google. Ada yang mengatakan bahwa seperti Wordpress, Joomla dan lainnya memiliki nilai yang lebih daripada Blogger.

Memang benar, tapi Blogger memiliki kelebihan lainnya (bisa anda baca pada artikel saya yang lain).
Setelah menentukan platform mana yang akan di pilih selanjutnya memilih nama domain atau nama website untuk dijadikan alamat dan brand. 

Sangat penting untuk memilih nama yang bagus dan mudah diingat. Orang atau pengunjung lebih mudah dalam mengakses dan mengingat nama domain dari sebuah situs yang simple dan bermakna.

Misalnya, ada seorang yang sedang mengerjakan sebuah tugas, Dia kemudian menemukan sebuah website yang isinya relevan dan mempunyai nama "Naruto". Maka dengan kehendaknya dia akan menyimpan dan mengingat nama dari website yang dibuatnya karena mudah diingat.

Setelah itu, membeli domain jika anda benar-benar serius dalam mengelola blog tersebut. Berapa harga domain? kurang lebih untuk ekstensi .com adalah 125-135 ribu rupiah. Mahal?

Tentu saja karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap seo dimana sebuah domain akan lebih ramah dimesin pencari sehingga saat membuat sebuah konten atau artikel akan menempatkannya pada posisi yang bagus (Tentunya sesuai dengan beberapa alasan dan isi dari konten tersebut).

Kedua mengandalkan sebuah konten relevan dan berkualitas

 Apa maksudnya? Untuk mendapatkan posisi terbaik (dalam hal ini dikatakan pageone atau halaman satu) tentu harus memiliki konten yang relevan dan bermutu.

 Maksudnya, konten adalah inti dari sebuah blog. Jika intinya kacau dan kurang bagus tentu tidak akan mendapatkan posisi yang bagus juga. 

 Alasannya karena mesin pencari ingin menampilkan hal yang terbaik untuk para penggunanya. Jika mereka memasukan konten yang kurang baik bagaimana dengan tanggapan para pengguna?

 Kaitannya dengan para blogger adalah menyedikan konten yang berkualitas tinggi. Dengan konten yang disuguhkan mudah dipahami, memiliki pembahasan yang lengkap, terstruktur maka akan banyak orang yang mencarinya.

Secara otomatis mesin pencari akan melakukan index konten bermutu supaya para pembaca senang dengan artikel yang disuguhkan, sehingga mereka betah menggunakan search engine tersebut.

Alasan tersebutlah yang menurut saya kenapa mesin pencari sangat menyukai konten yang bagus, original dan relevan dengan apa yang akan dicari oleh para penggunanya.

Ada beberapa hal yang harus dipahami dalam membuat sebuah konten :

1. Menggunakan Judul yang relevan dan mempunyai daya tarik.

 Bedakan kedua judul ini :

A.Cara Mendapatkan Pengunjung yang Banyak dengan Cepat
B.Cara Membuat Pengunjung Tidak Betah di Blog

 Dari kedua judul tersebut mana yang lebih diutamakan oleh mesin pencari? Pastinya adalah A karena judul tersebut sangat menarik untuk dibaca oleh para pengunjung sehingga mesin pencari memutuskan bahwa kontennya sangat bermutu.

2. Tulis Konten Untuk Manusia

 Memang benar yang menentukan konten masuk pageone adalah sebuah mesin. Tapi justru itu karena konten kita disuguhkan untuk manusia maka apa yang kita tulis harus ditujukan untuk manusia bukan untuk robot.

3. Membuat link yang mengandung kata kunci artikel

 Misal saya berikan contoh :

Duniaawam.com/cara-mendapatkan-pengunjung-dengan-menggunakan-seo

 Coba perhatikan apakah mengandung kata kunci artikel ini? Tentu saja Ya. Dimana saya menggunakan kata kunci SEO sebagai yang utama dan beberapa kaliman pendukung yang memancing pembaca.

4. Berikan Dukungan Gambar yang Searah

 Jangan berikan gambar yang tidak mendukung apa yang sedang dibahas. Penggunaan gambar sendiri bertujuan agar pemaca memahami apa yang kita sampaikan sebagai penulis.

 Oh saya mengerti, dia mencoba menjelaskan tentang SEO.

Misalnya kita bisa membuat orang tersebut berpikiran seperti itu.

5. Tambahkan Keyoword Sebagai Pendukung

 Kata kunci atau keyword sangat berpengaruh terhadap mesin pencari. Apakah anda mengetahui mengapa banyak artikel yang muncul sama dengan apa yang sedang kita ketikan. Menurut anda kenapa?

Selain dibuat untuk manusia, penggunaan keyword di dalam sebuah artikel sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa di dalam kontennya terdapat apa yang sedang di cari oleh pengunjung.

Logisnya kita mencari sesuatu di Google, misalnya. Kemudian menemukan sebuah artikel yang kita cari. Coba perhatikan pada judul dan artikelnya pasti mengandung kata kunci selain bacotan-bacotan, benar bukan? Itu pentingnya kata kunci dalam sebuah artikel. 

Lanjut membahas tentang SEO..

Pentingnya Backlink Dalam Penerapan Seo

Apa yang dimaksud dengan backlink?

Backlink atau tautan balik adalah sebuah alamat apapun yang ada dalam dunia internet, biasanya banyak ditemukan dalam sebuah website atau blog.

Apa pentingnya backlink sehingga mendewakannya?

Terlalu lebay sebenarnya jika seorang menggap bahwa backlink adalah segalanya. SALAH! 

Backlink memang sangat penting untuk kepercayaan mesin pencari sehingga banyak orang yang mendambakan backlink untuk meningkatkan kualitas seo dari website mereka.

Pengaruh Backlink terhadap SEO apa?

Pengaruhnya cukup besar jika backlink tersebut bagus. Selain meningkatkan popularitas situs biasa tautan balik ini digunakan untuk mendapatkan kepercayaan darti mesin pencari. Mengapa demikian?

Karena situs mendapatkan backlink dari website lain akan membuat mesin pencari percaya terhadap website tersebut sehingga semakin banyak backlink yang mengarah ke website kita akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari mesin pencari.

Tapi dengan syarat backlink tersebut harus berkualitas dan relevan dengan situs kita. Bagaimana mendapatkan backlink berkualitas untuk situs kita? 

Baca : Cara mendapatkan Backlink Berkutalitas Untuk Optimasi Seo Website

Sebenarnya backlink dibagi menjadi dua bagian, ada backlink terukur dan asal-asalan. Mengapa saya bagi menjadi dua bagian.

Karena pernah membaca sebuah status yang kurang lebih berbunyi:

Apa pengaruh backlink dari situs pemerintah, peruhaaan dan yang memiliki Domain Authority dan Page Authority tinggi dibandingkan dengan backlink dari web kecil? 

Semakin tinggi kpercayaan mesin pencari terhadap suatu situs maka akan semakin baik. Jika web tersebut memberikan backlink kepada kita contohnya Wikipedia maka mesin pencari tidak akan segan-segan menggap website kita bagus karena sudah dipercayai oleh situs besar semacam Wikipedia. Mengerti bukan?

Terus bagaimana dengan backlink asal-asalan?

Maksudnya adalah banyak orang ingin mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya tapi dengan cara yang tidak benar, misalnya menanam link dan komentar pada blog lain. Ini backlink asal-asalan namanya. 

Bagaimana penempatan baclink yang bagus?

Bukan berarti menanamkan backlink pada kolom komentar dari situs yang mempunyai nama besar itu bagus. Ada efeknya tapi kurang bagus menurut saya pribadi.

Karena tujuan awalnya untuk mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari otomatis kita harus bisa membuat mesin pencari percaya bahwa website kita sudah mendapatkan dukungan dari website lain melalui artikel yang kita buat.

So, bagaimana maksudnya bisa kalian pikir sendiri tentunya. Sedikit pecahan "Konten Is King". Jika tahu bisa sertakan jawaban anda di kolom komentar.

Untuk mendapatkan kepercayaan lebih, anda tidak harus berpatokan terhadap website lain, Karena dalam teknik backlink ada yang dimanakan dengan internal link yang artinya link antara artikel dengan artikel lainnya dalam sebuah webstite.

Untuk menggunannya cukup mudah, anda harus membuat artikel bagus yang kemudian mencari artikel dalam blog yang relevan dengan pembahasan pada artikel tersebut. Dengan demikian pengunjung bisa dengan mudah mengakses dan mencari ilmu yang kita bagikan dalam web tersebut.