Skip to main content

8 Cara Memandikan Anak Kucing Yang Benar


 Cara memandikan anak kucing - Memandikan anak kucing merupakan salah satu problem yang banyak dialami para pecinta kucing.

Karena ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa anak kucing tidak boleh di mandikan karena belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga rentan oleh suhu.

 Namun, ada yang berpendapat lain yaitu bahwa anak kucing harus dimandikan karena biasanya dia lebih suka bermain di luar rumah.

Akibatnya bulunya terlihat kotor dan kumal. Selain itu memandikannya secara teratur akan menghilangkan kutu kucing.

Oleh sebab itu agar anak kucing terhindar dari bakteri berbahaya, kita harus memandikannya.

Umur berapa anak kucing boleh dimandikan?

Mungkin ini pertanyaan banyak orang. Untuk memandikan kucing secara normal alangkah baiknya dilakukan saat dia sudah berumur kurang lebih 2 bulan. Pada umur tersebut kekebalan kucing akan meningkatkan.

Baca juga : 5 Cara Menjinakan Kucing Persia Liar Agar Tidak Nakal

Berapa kali memandikan anak kucing yang baik agar bersih?

Untuk memandikan anak kucing baru lahir harus diperhatikan beberapa hal dikarenakan masih belia. Dan untuk kucing yang sudah memiliki kekebalan tubuh (diatas 2 bulanan) kurang lebih bisa memandikannya 1 sampai 4 kali dalam seminggu. Tapi itu semua tergantung pemiliknya.

 Lalu bagaimana cara memandikan anak kucing yang benar? Simak ulasan dari suduthewan.com berikut ini!

1. Menyisir Bulu Sebelum Dimandikan

 Biasanya setelah bermain bulu anak kucing menjadi kotor, kumal dan kusut. Oleh karena itu, sebelum dimandikan maka sebaiknya sisir terlebih dahulu bulunya, agar ketika dimandikan kusutnya tidak semakin parah.

Bila kucing Anda meronta saat bulunya disisir, bersabarlah dan biarkan dia menenangkan diri sampai rileks baru setelah itu sisir lagi bulunya pelan pelan.

2. Memotong Kuku

Untuk menghindari cakaran anak kucing saat dimandikan, disarankan agar kalian memotong kukunya yang tajam sebelum dimandikan.

Cara memandikan kucing ini juga berlaku untuk kucing dewasa, agar ketika kucing berontak saat dimandikan maka Anda akan terhindar dari cakaran kuku tajamnya.

3. Membersihkan Mata, Telinga, Kuku dan Hidung

Nah, sebelum Anda memandikan kucing maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu anggota tubuh kucing yang sulit dijangkau.

Misalnya daun telinga, hidung serta mata. Untuk bagian mata bisa Anda dapat bersihkan memakai kain yang dibasahi dengan air hangat, begitu pula dengan hidungnya.

Sedangkan untuk telinga maka Anda bisa memakai cutton bud yang dibasahi air hangat. Sedangkan untuk kukunya bisa memakai sikat gigi yang kecil.

4. Siapkan Air Hangat Dan Ruangan Hangat

Untuk memandikan anak kucing, Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, diantaranya yaitu:
  • Handuk lembut
  • Shampo kucing
  • Bak mandi
  • Sisir
Untuk sampo usahakan jangan memakai sampo manusia karena bisa merusak bulunya dan mengakibatkan ruam.

5. Tuangkan Air Hangat Setinggi Kaki

Tahapan cara memandikan anak kucing berikutnya yaitu menyiapkan air hangat setinggi kaki untuk memandikannya. Buatlah air nya menjadi hangat jangan terlalu panas.

Hal ini agar anak kucing tidak kaget dan tidak trauma saat mandi.

6. Mandikan Anak Kucing

Inilah point terpenting dalam memandikan anak kucing yang baik dan benar. Jika air sudah siap, ini saatnya memasukkan anak kucing dalam bak tersebut, basuhlah tubuh anak kucing dengan air secara perlahan-lahan. Jangan mengguyurnya langsung dengan gayung karena khawatir airnya masuk ke hidung dan telinga.

7. Beri Sampo Khusus Kucing

Bila dirasa tubuh anak kucing sudah basah, selanjutnya tuang shampo khusus kucing pada bulunya, usap perlahan lahan sampai bersih lalu dibilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Sampo khusus kucing bisa Anda beli di toko hewan terdekat atau secara online.

8. Mengeringkan Tubuh Anak Kucing

Langkah terakhir dalam memandikan anak kucing adalah mengeringkan tubuhnya dengan handuk halus. Usap bulunya perlahan menggunakan handuk yang halus dan lembut. Kemudian sisir bulunya lagi pelan-pelan.

Nah, sekarang anak kucing sudah wangi dan siap diajak main bersama. Sebagai tambahan, Anda bisa memberinya bedak khusus supaya lebih wangi lagi.

Baca juga :
Bagaimana, mudahkan? Dengan mengetahui tahapan cara memandikan anak kucing tersebut. Anda tidak perlu lagi takut dan risau saat memandikannya. Semoga bermanfaat.