Cara Menggunakan Google Maps offline - Google maps adalah salah satu layanan dari perusahaan Google untuk membantu para pengguna dalam mencari atau menemukan suatu lokal dengan sebuah aplikasi. Banyak orang terbantu dengan adanya fitur dari Google Maps, misalnya menentukan jarak sebuah lokasi dengan perkiraan hampir akurat dari Google Maps dan masih banyak lagi kelebihan yang didapatkan.

Dalam kondisi tertentu juga Google Maps sangat membantu. Misalnya tersesat disebuah daerah namun karena adanya Google Maps bisa memberikan petunjuk bagi para pengguna hanya dengan menambahkan alamat tujuan dan berikan informasi patokan sedang dimana maka sangat mudah bagi aplikasi maps ini menemukan jalur yang bisa dilalui.

Menurut pendapat admin sendiri aplikasi ini sangat keren dan unik. Mengapa? Karena setelah ditelusuri ternyata belum ada aplikasi yang mampu menyaingi Google Maps. Oleh karenanya sangat di rekomendasikan jika ingin bepergian cek terlebih dahulu tujuan menggunakan aplikasi bawaan Google.

Jika kita bandingkan dengan jaman dulu,tentu saja jaman sekarang lebih mudah karena tidak harus membawa kertas sebagai petunjuk arah,cukup sediakan smartphone yang dilengkapi google maps, kelar urusannya.

Namun ternyata tidak sehebat itu. Bagaimana jika kalian tersesat di suatau daerah namun tidak ada koneksi untuk mengakses Google Maps? Sangat kerepotan bukan. Oleh karena itu admin tadi memberikan saran untuk melihat terlebih dahulu lokasi tujuan sehingga kalian bisa menggunakan Google Maps secara offline, tanpa koneksi internet dengan cara yang sangat mudah.

Cara mengakses google maps tanpa koneksi internet ini sudah menjadi wacana sejak pertengahan 2015 lalu, Jika ingin melihat apakah google maps kita bisa online atau tidak bisa cek sendiri apakah ada opsi save, share dan download saat membuka sebuah lokasi di Google Maps.

Namun, Jika kombinasi opsi masih terpaut pada call, save dan website, itu artinya aplikasi google maps yang digunakan belum diperbaharui, silahkan perbaharui dari sekarang karena akan sangat berguna ke depannya. 

Cara Menggunakan Google Maps Offline di Android

 Untuk menikmati fitur google maps secara offline di android kalian terlebih dahulu harus mendownload peta lokasi yang akan di tuju dengan cara berikut ini.

Buka aplikasi Google Maps


 Hal yang pertama adalah membuka aplikasi google maps, menurut beberapa sumber hanya pengguna Android yang bisa menggunakan google maps tanpa internet, sedangkan untuk pengguna iOS harap sabar,fitur ini masih dalam tahap pengerjaan.

Cari lokasi tujuan yang akan digunakan


 Cara menggunakan google maps offline selanjutnya adalah dengan mencari lokasi tujuan yang akan di mode offline. Tentu saja kita harus menggunakan internet, jika sudah menemukan lokasi yang dituju silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

Silahkan download lokasi yang menjadi tujuan


Google maps akan memperlihatkan informasi waktu untuk mencapai tujuan, selain itu akan ada informasi lainnya seperti perkiraan cuaca, foto-foto, dan deskripsi mengenai tempat yang ingin dituju.

 Untuk menggunakan aplikasi Google Maps tanpa koneksi internet segara klik tombol "Download" yang ada pada pilihan sebelah kanan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal koneksi internet alangkah baiknya menggunakan jaringan yang stabil, setelah itu tunggu hingga selesai.
Note:
Perlu diingat, bahwa hanya area yang sudah didownload saja yang bisa menggunakan fitur offline dari google maps, jika tidak didownload maka tidak bisa menggunakan fitur ini.
 Saat menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet ada beberapa fitur sepert-i info lalu lintas, jalur alternatif dll tidak akan bisa digunakan, Artinya kita hanya bisa menggunakan fitur offline ini selama sebulan saja, jika lebih maka area peta yang sudah didownload otomatis akan terhapus.

 Itulah cara menggunakan Google Maps Offline atau tanpa koneksi internet dengan mudah dan cepat sebelum bepergian. Jangan lupa selalu melakukan hal ini jika hendak berangkat karena ditakutkan saat bingung dan tidak tahu arah, terlebih tidak adanya sinyal maka bisa menggunakan Google Maps offline ini sehingga tidak takut tersesat.

 Kelebihan lain saat menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet adalah smartphone yang digunakan akan hemat baterai karena tidak terpaku terhadap koneksi internet.