duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Prosedur Informasi Kemendikbud Terbaru 2020

2 min read

Informasi Kemendikbud

Informasi Kemendikbud – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau yang biasa di singkat Kemendikbud adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang biasa menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan.

Tujuan dengan diadakannya salah satu bidang dalam pemerintahan ini untuk memonitor pendidikan serta kebudayaan yang ada di Indonesia. Kemajuan dan kemunduran sistem pendidikan yang ada di sini menjadi tanggung jawab mereka selaku organisasi yang berwenang.

Untuk mengetahui lebih jelas duniaawam.com akan membahas beberapa informasi kemendikbud yang bisa kalian dapatkan di artikel ini. Pada tulisan sederhana kali ini saya akan coba share artikel mengenai prosedur permohonan informasi pendidikan dan kebudayaan asli dari websitenya yang berlamatkan di :

Kalian bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan dan kebudayaan di website resmi mereka. Didalam website tersebut kalian bisa menemukan berbagai informasi dan pengaduan hingga berbagai macam hal menyangkut dunia pendidikan sudah terpampang disana.

Baca juga : Syarat Pendaftaran Anggota Bidikmisi Terbaru Tahun Ini

Salah satu informasi yang akan saya bagikan kali ini adalah informasi kemendikbut terkait prosedur permohonan informasi dan seperti apa layanan yang ada. Prosedur ini nantinya digunakan untuk mengajukan informasi kepada pihak Kemendikbud terkait pendidikan dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Jika berminat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai dunia pendidikan dan kebudayaan maka bisa membaca peraturan-peraturan yang berlaku.

Prosedur Permohonan Informasi Kemendikbud Terbaru Tahun Ini

Untuk mendapatkan informasi Kemendikbud tidak terlalu sulit dan dirasa cukup mudah. Tapi pengajuan ini harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh pihak mereka. Untuk itu pahami terlebih dahulu apa saja yang harus di cantumkan dan diketahui oleh pengaju. Dengan demikian mereka akan segera memproses terkait hal yang diminta oleh kalian.

Berikut ini adalah Informasi Kemendikbud terkait prosedur permohonan informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia:

1. Layanan informasi di Kemendikbud dikelola secara terpusat (satu pintu) oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yaitu Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat;

2. Unit layanan informasi publik diselenggarakan oleh Unit Layanan Terpadu (ULT) di bawah Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud dengan alamat di Gedung C Lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270;

3. Permohonan informasi ke PPID Kemendikbud dapat disampaikan secara langsung ke ULT maupun melalui surat ke alamat ULT Kemendikbud di atas atau surat elektronik ke alamat pengaduan@kemdikbud.go.id atau faksimili dengan nomor 021-5733125. Adapun “Formulir Permohonan Informasi” yang dapat diunduh di:  Formulir Permohonan Informasi.pdf. Permohonan informasi publik juga dapat disampaikan langsung melalui laman ult.kemdikbud.go.id/publik/form/informasi.

4. Pemohon informasi wajib memperhatikan ketentuan yang berlaku, sebagai berikut:

  • Jika pemohon informasi mengatasnamakan pribadi, wajib melampirkan foto copy KTP;
  • Jika pemohon informasi mengatasnamakan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), wajib menyertakan akte notaris yang mencantumkan nomor registrasi bahwa LSM tersebut terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM atau Kementerian Dalam Negeri;
  • Jika pemohon informasi mengatasnamakan perusahaan, wajib menyertakan akte pendirian perusahaan.

5. Sesuai ketentuan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008, jangka waktu pemenuhan informasi berlangsung selama 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat di tambah 7 (tujuh) hari kerja;

6. Jadwal pelayanan informasi sebagai berikut:

  • Senin-Kamis  :  Pukul 09.00-12.00 WIB dan Pukul 13.00-15.00 WIB
  • Jumat              : Pukul 09.00-11.30 WIB dan Pukul 13.30-15.00 WIB

7.Pemohon informasi tidak dipungut biaya, jika ada dokumen yang harus di fotocopy dan penggandaan dalam bentuk CD/DVD maka dibebankan kepada pemohon informasi.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap bisa mengunjungi ult.kemdikbud.go.id. Disana terdapat informasi lebih lengkap dan terperinci karena saya hanya menjabarkan beberapa penjelasan singkatnya saja. Itu pun hanya beberapa persen yang saya ambil dan di kutip dalam website ini.

Itulah Informasi Kemendikbud dan beberapa Prosedur Permohonan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan. Di tambah dengan beberapa aturan yang harus dipatuhi jika ingin mendapatkan informasi lebih dari Kemendikbud. Silahkan kirimkan prosedurnya jika merasa perlu mendapatkan informasi lebih dari Kemendikbud. Jika tidak jangan lakukan karena hanya dianggap spam.

duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *