Rumus Keliling dan Luas Persegi Beserta Contoh Soal dan Penyelesaiannya - Pada artikel saya sebelumnya sudah membahas materi matematika mengenai Operasi Aljabar beserta Contoh Soal dan Penyelesaiannya.

 Ada yang kesulitan saat mengerjakan latihan soal keliling? Pada pertemuan atau kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai rumus keliling persegi dan rumus luas persegi. Tentu saja saya juga akan memberikan contoh soal persegi beserta jawabannya.

 Bujur sangkar atau yang biasa disebut dengan persegi merupakan bangun datar yang mempunyai 2 dimensi yang terbentuk dari empat buah sisi atau bisa disebut juga dengan rusuk yang mempunyai panjang sama serta memiliki empat sudut yang berbentuk siku-siku.

Rumus Keliling dan Luas Persegi Beserta Contoh Soal dan Penyelesaiannya

Tentu saja Cara menghitung keliling dan luas persegi sudah tidak asing dan pernah kita pelajari.Tentu saja kalian juga mengetahui bahwa Rumus perhitungan antara persegi dan persegi panjang itu memiliki konsep yang sama.

Rumus Luas Persegi

Luas Persegi = sisi x sisi
L=Sisi x Sisi.

 Rumus bangun datar tersebut sering muncul pada soal-soal mengenai penghitungan bangun ruang. Untuk itu kalian harus tahu rumus tersebut, apalagi jika dibandingkan dengan rumus lain lebih mudah karena tinggal mengalikan sisi kali sisi bangun datar yang satu dengan sisi bangun datar yang kedua

Rumus Keliling Persegi

Bagaimana dengan rumus keliling persegi?

 Seperti yang sudah saya katakan bahwa untuk menghitung keliling dan luas persegi itu memiliki konsep yang sama maka cara kerja dari rumus keliling persegi ini kita tinggal mengkalikannya 4 sisi yang ada pada bangun ruang.

Keliling Persegi = 4 x Sisi lebih dikenal dengan 4S.
SxSxSxS

Contoh Soal Menghitung Luas Dan Keliling Persegi

 Selembar kertas memiliki bentuk persegi dengan panjang sisi 20 cm,kemudian hitunglah keliling dan luas kertas tersebut!

Cara Menghitung Keliling Persegi

Diketahui : Panjang sisi = 20cm
Ditanyakan: keliling ?

Jawab :

 Untuk menjawab pertanyaan keliling persegi,kita tentunya akan menggunakan rumus keliling persegi yakni 4xS.

K=4 x 20 cm
K=80 cm

Jadi, keliling perseginya adalah 80 cm.

Cara Menghitung Luas Persegi

Diketahui : Panjang sisi = 20cm
Ditanyakan: Luas Persegi ?

Jawab :

 Untuk menjawab pertanyaan luas persegi,kita tentunya akan menggunakan rumus luas persegi yakni SxS.

L=20 x 20 cm
L=400 cm
Jadi, luas perseginya adalah 400 cm.

 Itulah cara menghitung luas dan keliling persegi beserta dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada tambahan silahkan sertakan saja di kolom komentar.