duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Gaji Pelaut Indonesia Terbaru Sesuai Jabatan

4 min read

Informasi Gaji Pelaut Indonesia

Gaji Pelaut – Banyak orang bertanya berapa gaji pelaut terbaru. Dari sekian banyaknya pekerjaan yang ada profesi pelaut memang menjadi salah satu yang sering diperbincangkan.

Dalam satu bulan seorang pelaut dapat menerima gaji puluhan juta (tergantung jabatan yang dipegang), belum termasuk bonus dan tunjangan yang ada.

Banyak orang yang kepincut untuk menjadi seorang nahkoda karena bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Ada yang penasaran berapa gaji pelaut? Nanti kita akan bahas bersama.

Untuk memasuki dunia perlautan diperlukan setidaknya beberapa mengenyam dunia pendidikan, lebih diutamakan sekolah kelautan. Tapi tidak menutup kemungkinan darimana kamu berasal karena rejeki itu sudah ada yang atur ya.

Biasanya yang menentukan gaji pelaut adalah dengan menggunakan Ijazah. Namun sekarang tidak demikian karena sudah diatur menurut kelas jabatan dan tingkat kesulitan dalam menjalankan tugas.

Beberapa sumber mengatakan termasuk dari Federasi Laut Internasional atau yang lebih dikenal dengan nama Transportworkers Federation (ITF) menyampaikan bahwa untuk menjadi pelaut dengan gaji tinggi harus siap dengan segala resiko yang ada.

Semua pekerjaan pasti mempunyai resiko. Tapi pekerjaan menjadi pelaut sangat berbeda dan menantang sehingga dapat membahayakan nyawa.

Namun jika melihat gaji pelaut semua orang akan tergiur dan tidak peduli akan resiko yang dihadapi. Apa sih resiko dan kelebihan menjadi seorang pelaut?

Resiko Menjadi Seorang Pelaut

Untuk menjadi seorang pelaut tentu kita harus tahu terlebih dahulu resiko yang akan dihadapi.

1. Harus siap dengan fisik

Menjadi seorang pelaut bukan serta merta tidak memperdulikan fisik. Saat diterjang ombak yang kuat misalnya, untuk bisa selamat kekuatan tubuh dan kemampuan bisa menjadi aspek yang diperhitungkan untuk selamat.

Jika tidak, mungkin kamu tidak akan diterima saat melakukan tes karena pekerjaan ini cukup berbahaya.

2. Jauh dari Keluarga

Meski gaji pelaut tinggi tapi kalau jauh dari keluarga dan orang yang kita sayangi bagaimana jadinya ya?

Resiko pelaut memang begitu, tapi itu tergantung dari keputusanmu ya.

3. Kerja di Bawah Tekanan

Selain itu karena kerjanya cukup keras maka kamu harus siap dengan tekanan yang ada. Mengamankan dan membuat laporan tentang kelautan menjadi salah satu tekanan yang cukup berat.

Lalu bagaimana dengan keuntungan menjadi nahkoda kapal sehingga gaji pelaut begitu tinggi?

1. Mendapatkan Gaji yang Layak

Menjadi seorang pelaut memang memiliki resiko tinggi, tapi semua akan terbayar dengan gaji pelaut yang telampau tinggi, bahkan bisa melebihi seorang yang bekerja di daratan.

Hal itu belum termasuk bonus dan tunjangan yang ada ya.

2. Mendapatkan Pengalaman Berharga

Semua pekerjaan pasti mempunyai ilmu dan pengalamannya masing-masing. Meski tergolong berat kamu akan mendapatkan pengalaman berharga terutama dalam bidang pariwisata dan travelling.

Selain itu, pengalaman untuk menjajaki laut bisa kamu ceritakan kepada anak cucu.

3. Hidup akan Lebih Tertata

Banyak orang yang hidupnya tidak tertata dengan baik. Hal ini berbanding terbaik dengan seorang pelaut, karena mereka akan hidup disiplin, rapi dan penuh tanggung jawab.

Informasi Gaji Pelaut Menurut Kelas Jabatan

Berbeda medan, berbeda pula alat yang digunakan. Hal inilah yang tercermin jika kamu menjadi seorang pelaut.

Oleh karenanya pemerintah tidak segan untuk memberikan dukungan dan gaji besar untuk para pelaut. Berapa sih gaji pelaut yang dimaksud?

Daftar Gaji Pelaut Menurut Kelas Jabatan Terlengkap

Dalam tabel tersebut terlihat gaji pelaut luar negeri. Jika ditinjau gaji terkecil dari seorang pelaut diluar negeri adalah sebesar 350$ sampai 750$ atau setara dengan 4.774.000 sampai 10.230.000.00 untuk bagian Jr Engineer/Deck Cadet.

Jika dilihat maka gaji pelaut yang lainnya bisa dirincikan adalah sebagai berikut.

Bagaimana dengan gaji pelaut Indonesia? Berikut ulasan rinci untuk kamu yang ingin menjadi seorang pelaut.

Gaji Pelaut Indonesia

Gaji pelaut memang besar tapi mereka harus bisa bersahabat dengan air. Karena jika tidak saat ada ombak besar yang menerjang hanya ada dua pilihan dalam menjalankan tugas yakni selamat atau mati karena diterjang ombak yang deras.

Pekerjaan lain memang memiliki resiko kematian yang cukup besar namun tidak sebesar jika kita berada dalam lautan yang luas dan entah apa yang akan terjadi.

Perkembangan jaman membuat era semakin maju dan lebih modern. Dengan kecanggihan yang ada para pelaut menjadi semakin sedikit karena sudah diambil alih dengan adanya teknologi.

Pada awalnya memang banyak pelaut yang mengawaki suatu kapal dengan satu tugas tertentu namun saat ini seorang peluat harus bisa mengerjakan tugas lain dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga : Syarat Masuk STIP Terbaru 2019

Salah satu bidang operasi yang berat dan sulit untuk dilaksanakan adalah diatas kapal bendera kemudahan (Flag of Convenience/FOC).

Disana meraka akan diberikan tugas berat dan menantang yang menyebabkan penghasilan menurun malah kadang kala mereka tidak mendapat apa-apa jika ditempatkan disana.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa negeri atau negara yang termasuk ke dalam FOC adalah Antigua and Barbuda, Barbados, Bahamas, Liberia & Perancis (seken register).

Di selah perkejaan yang teramat berat pelaut biasanya diberikan istirahat namun itu belum memberikan efek yang cukup.

Hal ini dikarenakan mereka terus berada dilaut dan lupa dengan adanya daratan yang menyebabkan ketidaknyamanan saat berada di darat sehingga mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Minimal mereka berada 3 hari di pelabuhan dan tidak boleh lebih dari itu harus kembali berlayar.

Gaji Pelaut Menurut Kelas Jabatan

Karena tugas yang berat tentu gaji seorang pelaut tidak sembarangan.

Bekerja diatas kapal dengan menggunakan kaos kebanggaan meyakinkan bahwa menjadi pelaut adalah hal yang istimewa dan mendapatkan perhatian lebih daripada pekerjaan lain.

Bagaimana dengan penghasilan pelaut? berapa kira kira seorang pelaut di gaji?

Pemerintah telah memberitahukan bahwa kini gaji minimal seorang pelaut sudah bisa diatas bayaran minimum (UMP).

Dengan adanya sistem ini seorang nahkoda kapal Indonesia rata-rata sudah digaji sebesar 3-3,5 juta per bulan. Cukup lumayan untuk seorang pelaut yang berada di Indonesia.

Untuk mendapatkan bayaran lebih dari itu bisa bekerja di Singapura yang akan memberikan gaji minimal sebesar US$ 2.000 yang nantinya akan ditambah premi per bln sebesar US$ 200. lebih besar bukan dibandingkan dengan gaji yang ada di negara kita?

Informasi Gaji Pelaut Terlengkap Mulai dari Atasan Sampai Bawahan

Daftar Gaji Pelaut Menurut Kelas Jabatan Terlengkap

Posisi : MASTER/CAPTAIN/NAHKODA
Syarat : ANT-I, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, RADAR, ARPA, SHMC, CCM, GMDSS+ORU, ISM Code, SSOT ISPS Code, Bridge Resources Management, ECDIS. Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT.
Gaji : 3200 USD (30 juta)- 6000 USD (59 Juta), bahkan bisa lebih

Posisi : CHIEF OFFICER/CO
Syarat : ANT-II, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, RADAR, ARPA, GMDSS, BRM, CCM, ISPS Code SSOT, ECDIS, ISM Code, SHMC Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2800 USD (27 juta)- 5400 USD (53 juta), bahkan bisa lebih

Posisi : Seken OFFICER/2ndO
Syarat : ANT-II/ANT-III, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, RADAR, ARPA, GMDSS, SHMC, BRM, ISPS Code SSOT, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2500 USD (24 juta)- 5000 USD(49 juta)

Posisi : THIRD OFFICER/3rdO
Syarat : ANT-III/ANT-IV, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, RADAR, ARPA, GMDSS, BRM, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2100 USD (20 juta)- 4500 USD (44 juta)

Posisi : CHIEF ENGINEER/CE
Syarat : ATT-I, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, ERRM, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 3000 USD (29 juta)- 5800 USD (57 juta) Mungkin bisa lebih

Posisi : FIRST ENGINEER/1stE
Syarat : ATT-II, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, ERRM, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2700 USD (26 juta) – 5300 USD (52 juta), bahkan bisa lebih

Posisi : Secon ENGINEER/2ndE
Syarat : ATT-III, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, ERRM, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2400 USD (23 juta)- 4900 USD (48 juta)

Posisi : THIRD ENGINEER/3rdE
Syarat : ATT-III/ATT-IV, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, ERRM, ISM Code Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 2000 USD (19 juta) – 4300 USD (42 juta)

Posisi : BOSUN/KEPALA KELASI
Syarat : ANT-V/ANT-D, BST, SCRB, AFF, MEFA, MC, TF, CCM Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 900 USD (8 juta) – 1600 USD (15 juta)

Posisi : Deck dan Engine Rating (OILER,AB,Cook)
Syarat : ANT/ATT-D, BST, SCRB, AFF, TF Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 400 USD (3 juta) – 1000 USD (9 juta)

Posisi : Junior Deck dan Engine Rating (WIPER,HELPER,O/S)
Syarat : ANT/ATT-D, BST, SCRB, AFF, TF Tambahan untuk Tanker : OT, CT, LGT
Gaji : 300 USD (2 juta) – 600 USD (5 juta)

Posisi : CHIEF COOK
Syarat : ANT/ATT-D, BST, SCRB, AFF, TF
Gaji : 900 USD (8 juta) – 2000 USD (19 juta)

Itulah beberapa informasi mengenai gaji pelaut menurut kelas jabatan yang sudah saya sampaikan beserta posisi, syarat dan gaji yang diterima dalam bidang tersebut.

Informasi diatas hanya acuan bagi kalian yang ingin menjadi seorang pelaut dan berlayar di lautan.

Perlu diketahui juga bahwa informasi ini mungkin saja tidak sesuai dengan yang ada di daerah kalian atau pengalaman kalian.

Baca juga : Daftar Gaji Pokok PNS Tahun 2019 Terbaru

Disini saya hanya bisa memberikan reverensi buat kalian yang ingin mengetahui gaji seorang pelaut tanpa ada maksud menjerumuskan atau mengelabui.

Semua informasi diatas saya dapatkan dari beberapa sumber dan jika tidak sesuai atau ada tambahan silahkan hubungi saya lewat kontak blog ini, terimakasih semoga informasi gaji pelaut ini dapat bermanfaat.

duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *