duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Shigetaka Kurita Sang Pencipta 176 Emoji Pertama

2 min read

Shigetaka Kurita

Shigetaka Kurita – Saat melakukan percakapan tentu banyak orang yang menggunakan emoji dong, mungkin kalian salah satunya. Dari manakah emoji berasal dan siapa sih kira-kira pembuat icon emoji ini? Artikel ini akan membahas itu semua secara lengkap dan terperinci.

Pernahkah menggunakan emoji saat chatting atau melakukan komentar? Jika pernah kalian adalah orang yang jujur dan mudah mengekspresikan diri. Mengapa demikian, karena biasanya saat seseorang merasakan sesuatu misalnya saat chatting akan mengirimkan berupa emoji yang menandakan perasaan hatinya saat itu.

Menggunakan emoji saat chatting sangat seru, mungkin demikian pendapat para generasi millenial saat menggunakan emot icon. Emoji sejatinya dulu tidak seperti saat ini, sekarang sudah banyak sekali karakter emoji mulai dari makanan, kendaraan, hewan, benda-benda, alat olahraga, lambang negara dan masih akan berkembang hingga tahun mendatang.

Emoji memang menjadi elemen penting saat kita ngobrol, sampai-sampai satu emoji saja bisa mengartikan banyak hal. Tapi, apakah kalian gak penasaran siapa nih siapa yang menciptakan emoji?

Selain saya akan bahas siapa yang membuat si emoji, saya juga akan sekaligus membahas dan mengetahui sejarah dari emoji ini lho.

Sejarah Shigetaka Kurita Membuat Emoji

Semua emoji yang ada bermula pada tahun 1998. Ada satu pegawai NTT DoCoMo bernama Shigetaka Kurita yang  lahir pada 9 Mei 1972 berhasil membuat emoji pertama. Dia sekarang ini mendapat julukan Si “Father of Emoji“, dimana waktu itu dia pertama kali berhasil membuat 176 emoji dalam jangka waktu satu bulan.

Karena takut kesalip sama yang lain, Shigetaka Kurita susah payah bikin 176 emoji dalam waktu satu bulan. Sungguh luar biasa bukan perjuagan beliau untuk bisa memberikan fasilitas buat kita.

“Saya sudah punya ide itu awalnya, tapi kalo bukan saya yang bikin pasti bakal diambil orang lain” ujarnya.

Tahu gak sih, sebenarnya emoji adalah warisan tradiri dari tulisan bergambar dari jaman Mesir, Cina dan Jepang. Beberapa media juga mengatakan bahwa emoji ada filmnya juga lho. Film ini berjudul “The Emoji Movie” yang akan baru keluar pada tahun ini.

Museum Modern Art New York memajang 176 emoji pertama yang dibuat oleh Shigetaka Kurita di museum mereka. Dan perlu kalian tahu bahwa jumlah emoji yang ada sampai sekarang kira-kira ada 722 saat postingan ini dibuat. Jika melihat jaman sepertinya bakalan ada banyak karakter yang muncul untuk meramaikan emoji agar terlihat lebih lucu.

Kemungkinan besar selain pada karakter, akan ada beberapa sentuhan untuk mengupgrade emoji yang telah ada. Bahkan penerusnya mencoba untuk lebih membuat emoji yang mampu mengekspresikan perasaan seseorang. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya orang yang salah menebak arti dari sebuah emoji.

Dalam beberapa kesempatan saya juga pernah melakukan uji coba dimana menebak salah satu makna dari emoji yang sering digunakan. Dari search yang saya ambil dari Google ternyata jawaban saya salah. Mengapa demikian?

Hal ini karena saya merasa bahwa emot tersebut menjabarkan perasaan nganu. Ternyata saya salah karena seharusnya emoji tersebut digunakan untuk perasaan yang lain. Misalnya saya kasih contoh dengan gambar di bawah ini.

 

Emoji

Silahkan kalian tebak apa maksud emoji tersebut, dan sedang mengekspresikan apa emoji tersebu? Boleh tulis jawaban di kolom komentar. Jangan lupa tuliskan ekspresi kalian saat mendegar jawaban tersebut benar atau salah ya.

Karena sudah berusaha menebak arti emoji tersebut, maka saya akan memberitahukan makna dari emoji tersebut kepada kalian. Dari gambar yang terlihat, icon tersebut digunakan untuk mengekspresikan perasaan stres, kesal, kecewa, sakit menangis dan perasaan lainnya, mungkin itu pendapat kalian. Tapi sebenarnya itu salah besar. Lah memangnya emoji tersebut bermakna apa?

Menurut Shigetaka Kurita pernyataan perasaan tersebut kurang tepat. Ternyata maksud dari emoji diatas adalah menggambarkan perasaan malu. Kalo menurut kalian bagaimana? pilih menggambarkan stres atau perasaan malu?

Itulah ulasan singkat mengenai Shigetaka Kurita adalah seorang yang menciptakan emoji, bisa disebut juga sebagai cikal bakal atau bapak emoji. Demikian yang bisa disampaikan semoga kita bisa melihat berbagai emoji keren laiinnya dimasa mendatang.

duniaawam Saya adalah seorang pemula yang ingin berbagi informasi dan ilmu yang telah di dapatkan untuk membangun kredibilitas bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *