Skip to main content

Daftar Merk Solder dan Cara Memilih Solder yang Bagus

Daftar Merk Solder dan Cara Memilih Solder yang Bagus

Solder yang bagus dan berkualitas sangat dibutuhkan oleh para teknisi untuk melakukan berbagai perkerjaan. Untuk mendapatkan solder yang bagus tidak harus mengerluarkan uang banyak.

Hal ini terbukti dari beberapa orang yang menggunakan solder murah tapi berkualitas. Pada solder mahal memang memiliki beberapa kelebihan seperti pengatur suhu otomatis yang memudahkan para pengguna.

Tapi karena budget sangat minim kalian bisa mendapatkan solder yang bagus, awet dan tahan lama. Pesan dari saya kalian harus bisa merakit sendiri untuk mendapatkan solder yang berkualitas.

Daftar Merk Solder yang Bagus dan Berkualitas

Berikut ini adalah merk solder yang bagus dan berkualitas dan sangat cocok untuk para teknisi elektronik. Yuk, kita bahas.

1. Dekko

Dekko merupakan merk solder yang banyak digunakan oleh para teknisi, bisa juga disebut solder sejuta umat.

Dekko adalah solder yang baik sesuai dengan harga dan kualitasnya. Banyak tukang service yang merekomendasikan solder asal kore ini.

Mereka bilang deko ini awet bandel, tak kenal lelah. Dekko sendiri terbagi menjadi 3 macam, ada solder biasa, tembak dan station.

Ukuran daya dari merk Dekko ini ada 30 watt - 80 watt. Sementara untuk solder station bisa mencapai 360 watt.

Harga solder merk Dekko ini hanya dibandrol kisaran 50 rb - 400 rb saja. Sangat Work it banget tetunya dengan kualitas yang dihadirkan.

2. Goot

Merk solder selanjutnya adalah Goot. Sama dengan merk sebelumnya, Goot ini juga terkenal bandel dan tahan lama.

Kualitas solder ini jangan diragukan lagi. Para teknisi pasti merekomendasikan merk yang satu ini karena kualitasnya top markotop.

Tetapi, untuk harganya solder ini dibandrol cukup mahal kisaran 100 rb - 1 jutaan lebih.

3. Nankai

Nankai merupakan produsen elektronik yang berasal dari jepang. Solder nankan yang paling populer adalah solder jenis listrik karena mempunyai ukuran daya 100 watt - 300 watt.

Solder nankai dibandrol dengan harga kisaran 20 rb sampai 200 rb saja. Tentu sangat ekonomis mengingat kualitas dan harganya tidak terlalu mahal dan jauh berbeda dengan merk yang lain.

4. Hakko

Hakko sering kali disandingkan dengan Dekko. Tetapi, keduanya ini ternyata berbeda. Hakko adalah produsen asal jepang sedangkan Dekko asal Korea.

Untuk kualitas solder ini tidak usah diragukan lagi, apalagi solder staionnya. Para teknisi tentu sudah mengenal merk solder yang berkualitas ini.

Ukuran daya Hakko biasanya 30 watt - 400 watt. Sementara harganya cukup relatif sedang antara 60 rb - 1 jutaan .

5. Masda

Masda merupakan salah satu merk solder yang dikenal banyak orang. Harganya pun relatif murah namun kualitasnya masih dibawah Dekko dan kawan-kawan.

Meski begitu Masda layak masuk ke dalam daftar ini. Kenapa? karena para teknisi sudah banyak yang menganjurkannya.

ukuran dayanya antara 20 watt - 80 watt dan untuk harnganya kisaran 30-50 rb saja. Sangat ekonomis banget bukan?

6. Tekiro

Tekiro merupakan salah satu merk solder berkualitas dengna harga terjangkau. Pegangannya sudah menggunakan kareat dan solder ini memiliki sebuah tabung stainless steel long nose sehingga awet dan tahan lama.

ukuran daya solder ini antara 30 - 60 watt. Sementara untuk harganya dibandrol antara 50 rb - 100 an saja.

7. New Pallas

New Pallas merupakan salah satu merk solder yang berkualitas dengan harga terjangkau. Solder ini memiliki daya 40 watt dan mampu mengahantarkan panas dengan baik.

Sementara untuk harganya sendiri dibandrol kisaran 10 rb - 20 rb saja. sangat ekonomis tentunya mengingat banyak solder yang dibandrol dengan angaka 100 rb an.

8. Kenmaster

Kenmaster merupakan salah satu solder berkualitas yang berbentuk pistol. Dengan bentuknya yang seperti itu, pengguna akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Ukuran tegangan listriknya adalah sekitar 20 - 200 watt. Harganya juga cukup terbilang murah kisaran 60 rb - 100 rb an saja.

9. Taffware

Merk solder yang satu ini wajib banget kamu pilih. Selain harnya yang murah antara 50 rb - 100 rb an saja, kualitas serta kegunaanya sangat membantu sekali. Solder ini memiliki beberapa perlengkapan diantarana stand holder, sponge serta beberapa jenis mara tip yang bisa kamu gunakan.

Kerennya, solder ini mampu kita atur suhunya. Mulai dari 200 sampai dengan 450 derajat celcius.

10. Visero

Visero sangat cocok sekali untuk menyolder bahan elektronik dengan kelas menengah. Ukurannya yang kecil membuat kamu bisa dengan nyaman menggunakannya.

Ukuran daya solder ini adalah 40 watt dan memiliki pemanasan yang cukup cepat. Sodler visero dibandrol dengan harga kisaran 10 rb - 20 rb saja.

Tips Memilih Solder yang Bagus

Kualitas dan kuantitas dalam memilih solder harus diperhatikan, itu salah satu tips untuk mendapatkan solder bagus. Menggunakan patri yang diproduksi oleh perusahaan ternama juga salah satu langkah cerdas. Biasanya harga yang ditawarkan memang lebih mahal namun kualitas barang akan sebanding dengan harga yang dibayar.

Dalam dunia pasaran suatu barang itu tidak sama, ada yang harganya mahal namun bisa mendapatkan barang dengan kualitas rendah dan ada juga barang murah bisa mendapatkan seperti solder berkualitas tinggi dan tanpa disangka sangat memuaskan.

Masalah seperti ini juga sangat menggangu pekerjaan, mengetahui tips memilih solder yang bagus dan berkualitas akan sangat berguna sebagai reverensi. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan jika kalian hendak membeli sebuah solder.

1. Memilih solder sesuai kebutuhan

Memilih barang sesuai kebutuhan merupakan salah satu langkah pintar untuk menghemat keuangan. Untuk kebutuhan service elektronik seperti TV, Radio Ampli atau lain sebagainya maka gunakan solder yang mempunyai daya 40 watt.

Solder 40 watt lebih baik dari pada solder 25 watt, Sebab solder 40 watt sudah lebih dari cukup untuk melelehkan timah karena memiliki panas yang lebih stabil dibandingkan dengan solder 25 watt.

Solder 25 watt memang lebih hemat daya namun saat ingin menyolder akan kesulitan dikarekan kurangnya panas yang dihasilkan. Hal tersebut dapat merusak komponen yang akan di solder, jadi lebih baik menggunakan solder 40 watt karena lebih mudah dalam penggunaannya.

2. Solder yang bagus itu Ujungnya Mengkilap Saat Dipanaskan

Bukan tanpa alasan saya menyuruh kalian untuk membeli solder yang memiliki ujung mengkilap. Justru karena adanya hal tersebut ada manfaat besar yang terkandung di dalamnya. Dengan memilih solder yang memiliki hal seperti ini maka mata solder akan terlindungi sehingga tetap awet.

3. Beli Solder Berdasarkan Tip

Tip solder yang mudah dilepas akan memudahkan dalam pemakaian. Selain mengantisipasi jika ada kerusakan tip juga akan melindungi bagian ujun solder sehingga panas yang dihasilkan tetap stabil dan bagian mata solder juga akan terlindungi. Jika tip sudah rusak, kalian bisa beli yang baru kemudian pasang pada solder tersebut.

4. Pilih Pistol Untuk memudahkan

Solder pistol merupakan solder berkualitas tinggi karena memiliki suatu tombol yang dapat memanaskan heater lebih cepat dibandingkan dengan solder biasa, hal ini karena daya yang dikeluarkan oleh solder pistol memiliki jarak semisal antara (40 watt sampai 130 watt).

Saat tombol solder pistol ditekan maka daya yang akan dikeluarkan oleh solder tembak tersebut dapat mencapai titik tertinggi yakni 130 watt dan jika tombol dilepaskan maka daya akan kembali normal yakni pada kisaran 40 watt saja. Tombol ini sangat berguna untuk mengatur apakah kita kesusahan atau tidak untuk mencairkan suatu timah, jadi jika dirasa masih kesulitan bisa menggunakan solder pistol atau yang bisa disebut dengan solder tembak.

5. Beli solder yang mempunyai Sparepart

Solder yang bagus itu bisa diganti sparepartnya. Saya perpendapat seperti itu lantaran jenis yang bisa diganti sparepartnya merupakan pilihan tepat dan cerdik, karena jika solder mengalami kerusakan bisa langsung membeli sparepart nya saja. Beberapa merk yang tersedia dengan sparepartnya adalah GOOT dan DEKKO, kedua merk ini sudah dilengkapi dengan sparepart namun dijual terpisah.

Itulah kumpulan merk solder yang bagus dan tips memilihnya untuk mendapatkan solder berkualitas yang bisa kalian pilih.

Jangan lewatkan perawatannya juga supaya awet dan tahan lama, sedikit tips jangan pilih barang murah dan jika ingin membeli dengan harga mahal silahkan cek terlebih dahulu agar sesuai isi dompet, usahakan memilih solder dari produksi terpercaya sehingga kualitasnya tidak abal-abal.