--> Skip to main content
20 Bisnis Makanan Modal Kecil Paling Laris Saat Ini

20 Bisnis Makanan Modal Kecil Paling Laris Saat Ini

--Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
Konten [Tampil]
20 Bisnis Makanan Modal Kecil Paling Laris Saat Ini

Peluang bisnis makanan modal kecil yang menguntungkan ternyata banyak ditemui disekitar.

Hanya saja banyak orang yang tidak menyadari dan malas memulai bisnis rumahan, padahal jika ditekuni sangat menguntungkan loh.

Selain tidak memerlukan tempat terlalu besar, jenis usaha ini bisa dijadikan usaha utama atau sampingan.

Usaha Makanan Rumahan

Usaha kuliner adalah salah satu bidang usaha yang sedang trending dengan menghadirkan beragam jajanan kekinian yang unik dan menarik.

Saya akan tulis beberapa pengalaman pribadi saya menemukan berbagai bisnis makanan kekinian dengan riset sederhana tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Dari beberapa pengalaman yang saya jalani ada beberapa bisnis makanan modal kecil rumahan yang sangat menjanjikan.

Tulisan ini akan terus up to date secara berkala sehingga para pembaca merasa senang telah berkunjung kemari untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Semoga saja tulisan ini bukan dibaca saja tetapi diimplementasikan dalam membuka bisnis olahan atau kuliner.

20 Bisnis Makanan Modal Kecil Paling Laris Saat Ini

Semoga artikel ini juga dapat membuka wawasan seperti yang saya temukan di Google dengan kata kunci "Usaha Makanan" atau "Bisnis makanan modal Kecil".

Saya tulis dengan kemampuan yang saya miliki, jadi tinggal kembangkan sehingga menjadi salah satu aset di masa depan.

Kumpulan Bisnis Makanan Ringan Kekinian yang Paling Laku

Usaha rumahan memang menjadi komoditi panas di dalam membangun usaha. Selain simple & tidak ribet dalam membangunnya, kita juga tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar.

Ide usahanya tidak usah ribet, tinggal cari saja jajanan paling laris saat ini atau beberapa makanan yang banyak diminati anak muda yang akan saya bahas berikut ini.

Berikut daftar peluang bisnis makanan modal kecil paling laris dan banyak diminati anak muda lengkap dengan ide jualan makanan kekinian dan perhitungan modalnya.

1. Aneka Olahan Ikan

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kenalan pengusaha sukses yang menggeluti dunia kuliner hingga meraup omzet hingga puluhan juta setiap bulannya.

Bagaimana bisa begitu? Tentu saja ada resep rahasia di dalam pembuatan olahan ikan tersebut. Untuk mendapatkan apa yang ingin kita capai tentu dibutuhkan pengorbanan dan tenaga, itulah yang beliau katakan sehingga bisnis makanan ikannya sekarang maju dan terus berkembang.

Ide bisnis olahan ikan memang sangat menjanjikan, protein dan gizi yang terdapat dalam ikan menjadi salah satu faktor yang menjadi selera masyarakat. Resikonya tidak terlalu tinggi. Meski harga ikan terbilang cukup mahal untuk ikan tertentu tetapi kita bisa mengakalinya dengan memelihara ikan sendiri supaya anggaran tidak terlalu besar.

Ulasan lengkapnya telah saya tuliskan di salah satu artikel tentang Peluang bisnis olahan ikan, silahkan dipelajari dengan baik.

2. Ide Bisnis Makanan dari jagung

Jagung adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang lumayan tinggi. Tempat yang cocok untuk usaha jagung adalah di perbukitan tempat orang camping.

Karena pasokan makanan menipis, mereka beralih dengan menggunakan jagung sebagai bahan makanan pengganti yang hampir sepadan dengan nasi.

Untuk merealisasikan usaha ini, bisa dilakukan juga di kota. Kalian bisa mulai dengan mencari tempat sederhana namun stategis yang penting banyak orang nongkrong/berhalu-lalang sehingga akan mudah dikenali oleh banyak orang. Bisnis makanan yang mudah bukan?

Secara umum kita bisa memilih antara rebus atau bakar jagung, tapi gak berpatok disana juga sih pokonya kalian bisa ciptain momen dimana enjoy dalam melakukan bisnis olahan tersebut. Ulasan lengkapnya bisa dilihat di artikel ini.

3. Ide Bisnis Makanan Ringan dari Pisang

Pisang, makanan yang bisa diolah menjadi apa saja tergantung dari jenis pisang yang digunakan. Semisal, kita bisa menggunakan pisang ambon untuk membuat kue enak, menggunakan pisang nangka untuk membuat keripik. Ide bisnis olahan yang cukup lumayan bukan?

Orang tua saya adalah seorang penjual pisang, jadi saya tau persis bagaimana peluang usaha menjanjikan dari pisang. Waktu kecil saya sering membuat piscok (pisang cokelat) dan di tawarkan kebeberapa teman kelas.

Omsetnya lumayanlah buat anak sekolah yang waktu itu belum punya mindset kedepan, yang penting dapet uang dan gak peduliin kita dapat berapa dari hasil penjualan tersebut.

Dulu, saya sempat membaut sebuah konsep bisnis makanan ini dan semoga bisa diterapkan, silahkan baca melalui link berikut ini.

4. Peluang Bisnis Makanan dari Olahan Singkong

Singkong bisa menjadi peluang usaha modal kecil namun bisa mendatangkan profit hingga puluhan juta. Di kampung saya, ada sebuah usaha dari bahan singkong namun sangat variatif dan enak sekali. Keripik, adalah salah satu ide bisnis olahan yang bisa kembangkan menjadi lebih jauh.

Selain itu, saya dulu juga menemukan kue dari singkong yang unik. Caranya bisa kalian ulik dan googling aja ya. Bisnis olahan singkong enak (keripik singkong, singkong goreng, goreng daun singkong) bisa menjadi jajanan yang menarik, tinggal kita kembangkan sesuai dengan ide masing-masing.

Jika kamu ada minat dalam bidang usaha singkong, silahkan pelajari dan kembangkan semua ide yang ada dalam artikel tersebut.

5. Peluang Bisnis Olahan Bihun

Bihun? Apa mungkin bisa dijadikan bahan usaha makanan online? Biasanya kita sering melihat bihun dimasak sama ibu buat makanan atau lauk pauk pendamping nasi.

Zaman telah modern dan bihun menjadi salah satu bisnis olahan yang berpotensi mendatangkan pundi rupiah. Jika kalian punya bisnis makanan rumahan, maka tidak ada salahnya memasukan bihun sebagai menu favorit dengan kreativitas terbaru supaya jadi bisnis olahan yang lebih menarik.

Selain itu di daerah saya kan ada tuh karoket, dalemnya pke bihun. Nah itu bisa jadi makanan menarik perhatian dengan kemasan yang ciamik dan terlihat lebih lezat bakal membuat orang tergiur untuk membelinya.

Dulu di kampus ada sih oang yang membuat dan menjualkan karoket tapi karena enak dia kewalahan tuh nganterin pesenan, saya pun yang melihatnya heran kok bisa laku gitu ya.

Langsung saya tanya, sehari habis berapa porsi. Dia bilang "Sehari habis 100 pcs" coba bayangkan dari sehari dia dapat menghabiskan segitu dan berapa omzet perharinya. Sudah saya ulas lengkap dengan biaya bahan dan lainnya di bisnis olahan bihun menguntungkan.

6. Jual Aneka Minuman

Berapa peluang bisnis minuman di era saat ini? Saya tidak bisa memastikan secara jelas, tetapi untuk peluangnya sangat besar dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Di kota saya sendiri sudah banyak sekali orang yang menjual aneka minuman mulai dari rasa cokelat, banana, stoberry dan masih banyak lagi.

Jika sudah banyak lantas dimana letak peluangnya?

Ini menjadi studi kasus yang cukup menarik untuk dibahas. Saya menjajaki bisnis ini dan rahasia suksesnya ada di pemilihan tempat dan pemilihan ide jualan minuman apa yang cocok serta varian menu yang saya sediakan.

Saran saja, pilih tempat yang menarik perhatian orang banyak semisal sekolah, kampus dan tempat-tempat yang sering menyelenggarakan event. Inilah yang membuat minuman menjadi peluang Usaha paling laris saat ini.

Jika kamu ada ketertarikan untuk menjajaki hal yang sama dengan saya, Bisnis minuman menjadi rekomendasi yang harus kalian perdalam.

7. Bisnis Sosis

Disaat saya membuat tulisan ini, ada sebuah kedai sosis yang ramai bahkan sampai habis dalam beberapa jam saja. Wow, seketika saya langsung tergiur dan menghampiri penjual olahan sosis tersebut.

Saya tanya, "Sudah berapa lama menjajaki bisnis makanan ini?"

"Dari tahun 2015 dan sudah berjalan kurang lebih 4 tahunan" jawab beliau sambil tersenyum melihat dagangannya laris manis.

Jika saya tinjau ulang padahal cuma sosis bakar, dan tidak ada yang spesial dari makanan tersebut. Ternyata salah, Makanan sosis ini lain daripada yang lain. Entah kenapa terasa begitu sangat enak, dan ketika saya tanya kembali.

"Pak, ko bisa sampai senikmat ini? "

"Itu sosis buatan saya sendiri dengan menggunakan resep yang telah dikembangkan dengan berbagai pengalaman dan ilmu yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun".

Terdapat kesimpulan yang menyatakan bahwa semua itu tidak didapatkannya dengan mudah. Usaha kamu harus ekstra keras jika ingin berhasil, melakukan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kurang lebih kesimpulan itu yang saya ambil dari pedagang sosis tersebut.

Artinya, untuk membuat bisnis makanan sosis usahakan unik dan original buatan kamu sendiri. Selengkapnya bisa baca Ide Bisnis Olahan sosis.

8. Peluang Usaha Martabak

Di pinggir jalan, banyak sekali contoh martabak yang bisa dikembangkan. Secara umum, memang cuma ada 2, yang rasa manis dan telur. Tapi apa yang membedakan dari bisnis olahan martabak terebut?

Ya, jika berbicara makanan tentu adalah resep dan kemampuan dalam memasaknya. Kedua hal tersebut adalah mutlak dan tidak bisa terpisahkan.

Dalam beberapa eksperimen yang telah saya lakukan, saya menambahkan keju khusus di dalam martabak tersebut dan hingga kini menjadi salah satu bisnis makanan andalan saya dalam meraup keuntungan.

Profit keuntungannya berapa? simak penjelasannya tentang usaha martabak.

9. Bisnis Kuliner Mie

Peluang menjanjikan namun bahan utamanya sederhana adalah usaha yang menggunakan mie. Di dunia banyak sekali berbagai jenis mie dan yang paling terkenal di Indonesia sendiri adalah Mie Ayam. Banyak sekali referensi yang bisa dijadikan sebagai bahan bisnis makanan.

Untuk mie sendiri, saya biasa membuat olahan mie ditambah toping pangsit, atau ditambah dengan varian rasa kuah khas yang sudah saya uji terlebih dahulu sebelum di pasarkan.

Kamu mungkin akan mendapatkan ide bisnis makanan lainnya dari bahan mie.  Saya tekankan kepada kalian, usaha ini memiliki resiko 50% karena tidak semua orang akan makan mie setiap harinya apalagi di bulan puasa.

Saya sendiri punya strategi andalan yang bisa diterapkan dalam mengembangkan usaha dengan bisnis olahan mie. Bisnis makanan mie unik bisa menjadi referensi yang bisa membuka mindset kalian.

10. Peluang Usaha dari Tahu

Saya yakin diantara kalian tidak banyak yang menggeluti tahu sebagai Bisnis makanan sehat. Maka dari itu luangkan waktu untuk membaca ulasan ini.

Selain enak, tahu memang memiliki kandungan gizi erta protein yang baik untuk tubuh. Bibi saya yang waktu dulu ngontrak sederhana kini sudah punya usaha olahan tahu yang banyak diminati banyak orang.

Dia daftar gojek, iklan di sosmed, akhirnya dapat beberapa pelanggan saja dan karena memang olahannya sangat menarik tak butuh waktu lama usahanya berkembang dengan pesat.

Dari yang tadinya ngontrak kini sudah punya rumah sendiri, semua sudah saya rangkum dalam Ide Bisnis Olahan tahu.

11. Bisnis Olahan Buah

Buah-buahan secara umum memang tidak perlu di olah karena langsung dimakan saja sudah memiliki rasa yang enak. Kekuragannya cuma satu, mudah busuk.

Oleh karenanya, kita harus pandai dalam mengolah buah menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Ibu saya adalah seorang penjual buah-buahan, namun karena sering busuk terkadang saya berpikir untuk mengolah itu semua menjadi bisnis sampingan menarik.

Entah sengaja atau tidak, ternyata saya ada kenalan seorang teman yang sering bergelut di dalam makanan dari bahan buah-buahan. Melihat potensi yang cukup menarik, saya akhirnya coba gabung dengan dia dan masih bertahan hingga saat ini.

12. Frozen Food

Diketahui bahwa frozen food adalah salah satu usaha makanan beku. Dalam artian makananya disimpan di freezer. Semakian berkembangnya dunia, maka akan semakin cepat pula perkembangan di sektor makanan.

Beberapa teman kualiah saya mulai berinvestasi dengan usaha frozen food. Omzetnya cukup menjanjikan untuk seorang anak yang masih kuliah, alhasil dia cerita tentang bisninya tersebut.

Dia cerita kalo ingin terjun ke bisnis frozen food harus punya orang dalem di produsen frozen food untuk mendapatkan harga yang lebih optimal. Stok akan lebih cepat habis dan jika langkah ini sudah kamu penuhi wajib langsung action aja.

13. Peluang Usaha Olahan Ubi

Di perkampungan tempat saya dibesarkan terdapat banyak sekali perkebunan ubi yang siap panen setiap bulannya. Karena saya senang bisnis maka untuk melihat peluang cukup mudah tidak seperti yang dibayangkan. Ya, ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis makanan modal kecil!

Memanfaatkan hal disekitar kita, Saya bisa membuat beberapa bisnis olahan unik dan menyenangkan haya dengan menggunakan Ubi. Saya kasih contoh deh, mulai dari selai, keripik hingga puding ubi.

Dari beberapa jenis yang telah saya produksi, studi kasus memberikan fakta bahwa keripik ubi menjadi yang paling favorit dan mendatangkan penghasilan besar.

Alasannya sederhana, keripik itu kan gak mudah busuk jadi promosinya bisa sampai se Indonesia dan pembuatannya juga simple asal sudah tahu step by step nya. Ulasannya ada di Ide Bisnis olahan Ubi, silahkan pelajari dengan baik.

14. Bisnis Olahan Durian

Nah, kalian tahu gak kalo durian ini jadi komoditas panas untuk dijadikan bisnis makanan modal kecil yang sangat menguntungkan. Alasannya simple, karena buah berduri ini susah untuk di dapatkan kecuali kita punya kebun sendiri.

Dari beberapa hal yang saya amati para produsen makanan durian menggunakan durian dari luar daerah karena di dalam kota memang agak susah untuk mendapatkannya.

Dari data yang saya baca setidaknya hanya daerah beriklim tertentu yang bisa menghasilkan buah durian setiap bulannya. Medan, Banjarnegara, Kalimantan, Banyuwangi, Lampung adalah beberapa daerah yang mempunyai kualitas durian legit dan enak.

Jika ingin menjajakinya, ada 2 olahan yang bisa dimaksimalkan. Pertama, membekukan durian kemudian mengedarkannya ke toko dan supermarket dan membuat es durian khas kamu sendiri.

Keduanya bisa langsung di garap tanpa harus satu satu karena memang satu frequensi. Dengan catatan sudah tersedia stok yang melimpah karena keduanya pasti akan menghabiskan stok banyak apalagi disaat musimnya. Saya bahas stategi dan hal penting yang harus kalian ketahui disini.

15. Usaha Makanan Puding Batik

Ada yang tahu tentang makanan warna-warni cantik ini? Ya, Industri makanan terus berkembang dan hingga saat ini yang terbaru ada yang namanya Puding Batik.

Pembuatannya sendiri biasa menggunakan alat khusus dan kalian bisa kursus terlebih dahulu untuk bisa membuat puding batik sebelum di pasarkan.

Saya berpendapat, bahwa Puding Batik adalah salah satu jenis usaha makanan rumahan yang sangat menjanjikan terutama bagi kalian anak muda yang memerlukan reverensi bisnis makanan modal kecil.

16. Bisnis Pecel

Penjual pecel kini sudah jarang ditemukan di kota besar. Hal ini seiring dengan perkembangan daerah yang tidak memberikan peluang usaha pecel.

Usaha makanan pecel banyak sekali terdapat di pulau jawa, bagaimana dengan daerah lainnya?

Nah, ini nih yang perlu kamu garap. Di daerah lain yang kulturnya hampir sama dengan daerah jawa pasti laku nih bisnis makanan pecel. Kamu bisa mencobanya karena untuk membuat satu porsi tidak memerlukan modal yang besar.

Dulu ketika saya diajarkan almarhum nenek saya dia berkata 5.000 udah bisa menghasilkan beberapa pecel. Di dalamnya terdapat beberapa jenis sayuran yang dikombinasikan dengan bumbu kacang nikmat. Pembahasan dan resepnya ada di tautan ini.

17. Usaha Makanan Lotek

Apa bedanya pecel sama lotek? Sekilas memang hampir sama namun ada perbedaan mendasar dari keduanya.

Awas ya, jangan sampai salah mengartikan antara pecel sama lotek. Ingat aja kalo lotek itu terbuat dari campuran beberapa buah masam yang ditaburi dengan adonan gula. Kalo pecel mah ya menggunakan sayuran untuk bahan utamanya dan selai/bumbu kacang sebagai adonannya.

Peluang bisnisnya bagaimana mas, kan udah gak jaman nih? Mindset yang salah!

Sebagai generasi muda tentu harus ada kreasi-kreasi tertentu supaya usaha lotek yang dijalani benar-benar berhasil dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jika kalian punya istri namun nganggur bisa tuh suruh dia belajar. Mulai dari cara pembuatan, packing yang baik hingga cara promosi yang menghasilkan pembeli yang banyak. Starategi dan ulasannya ada di Ide Bisnis Olahan lotek.
***

Bisnis Makanan Kekinian Sangat Menguntungkan!

Bagaimana pendapat kalian tentang pembahasan saya mengenai berbagai bisnis makanan menjajikan dengan modal kecil. Kemauan untuk melakukan berbagai eksperimen ternyata bisa mendatangkan peluang untuk berwirausaha.


Dari bahan sederhana yang mudah di dapat dan tidak memerlukan biaya besar, kita bisa mendulang rupiah hingga puluhan juta setiap bulannya.

Cara Promosi Bisnis makanan Agar Cepat Laku!

20 Bisnis Makanan Modal Kecil Paling Laris Saat Ini

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan agar bisnis makanan yang sedang kita jalankan bisa berjalan dengan baik. Saya sih biasanya menggunakan beberapa step dan berikut runtutan step yang bisa kalian tiru!
  1. Saya mengandalkan SOSMED yang followernya memang kebanyakan teman dan sahabat saya sendiri, Kalo kalian punya 700 kontak WA, atau 5.000 teman FB aktif cocok tuh buat ngangkat bisnis makanan karena ya jenis usaha ini yang paling efektif.
  2. Mengandalkan Teman, biasanya saya suka tuh iseng oprek hp temen buat promosiin bisnis. Gak baik sih, tapi ya kalian bisa tuh coba tawarin kesepakatan personal sama dia buat jadi stategi marketing kalian. Gak ada ruginya bukan?
  3. Menggunakan Group FB dan WA, Simple sih, kita cukup edit gambar bisnis makanan yang kita jalani terus tinggal upload aja ke group FB atau WA biasanya langsung rame tuh. Tapi inget yang deket-deket aja ya biar mudah dijangkau.
  4. Membuat Channel Youtube dan Website, nah ini yang belum banyak di daerah saya. Karena mungkin kurang familiar ya, apalagi kan jarang banget bisnis makanan di posting di web di daerah sini, paling ya cuma Goofood doang sih.
  5. Menggunakan Jasa Goofood, nah ini yang lagi trending saat ini. Kita bisa daftar buat jadi member di Gojek, Grab dan lainnya. Kita manfaatkan tuh fasilitas yang telah mereka kasih untuk membuat bisnis olahan kita naik daun, kalo bisa kita Nego sama mereka untuk di tampilin pada halaman pertama (kalo punya budget yang memadai bisa dicoba).
Ide bisnis makanan modal kecil lainnya akan saya update secara berkala hingga menjadi konten berbobot yang mencakup semua usaha modal kecil. Berikut bisa jadi reverensi teknik promosi yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat ya.